Mutiara Hadits : Sunahnya Meminta Izin

islamic-painting2

Dari Abu Musa al-As’ari semoga Allah meridhainya, dia berkata: “Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: “(Adab) meminta izin itu ada tiga kali, apabila diizinkan (maka) masuklah, namun bila tidak maka kembalilah” HR. Bukhari dan Muslim

Keterangan :

Yang dimaksud dengan isti’dzan ialah meminta untuk di beri kesempatan untuk masuk ketempat orang lain, dan Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajari kita tata cara meminta izin, yaitu dengan mengucapkan salam, dan berkata bolehkah saya masuk? Itu dilakukan sampai tiga kali, dan kalau di beri izin masuk maka boleh baginya untuk masuk, akan tetapi apabila tidak maka dia harus pulang, sebagaimana firman Allah Ta’ala:

“Dan jika dikatakan kepadamu: “Kembali (saja)lah, Maka hendaklah kamu kembali. itu bersih bagimu dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan“(QS an Nuur:28).

Dan hal itu di kecualikan pada beberapa tempat seperti taman, toko buku atau perpustakaan dan yang semisal dengan itu. Dan pada kesimpulannya bahwa meminta izin termasuk perkara agama yang di anjurkan dan termasuk adab yang di ajarkan dalam agama Islam. Dalam hadits ini juga menunjukkan di syari’atkannya meminta izin terlebih dahulu apabila ingin masuk ketempat orang lain, dan pulang apabila tidak mendapatkan izin dari pemilik rumah.

Oleh : Muhammad bin Ali Al Jamaah

About Auther:

Info Biografi