Segera Datang Toyota Vios 2018 (Juni) : Review, Harga dan Video

Toyota Vios terbaru meluncur di India. Negeri itu memang memiliki pasar sedan yang menggiurkan, karena itu tidak heran kalau Toyota memilih India untuk menjadi salah satu negara yang memasarkan Vios. Parasnya terlihat lebih segar dan serupa dengan yang dibuat oleh Toyota Indonesia untuk pasar ekspor.

Seperti diketahui, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah mulai merakit Toyota Vios terbaru untuk pasar ekspor. Hal ini sudah dilakukan sejak bulan Januari 2018, dengan tujuan penjualan di pasar ASEAN. Seperti diketahui, Singapura dan BRunei sudah menggunakan Vios dengan muka yang mirip dengan Toyota Camry. Sebelumnya, Toyota di Thailand juga sudah menggunakan Vios baru yang bermesin 1,2 liter.

toyota-vios-2017-full-front-view

Di Malaysia, sedan compact ini mendapatkan pembaharuan minor yang lumayan terasa. Terutama untuk faktor keselamatan, dengan adanya sensor parkir di bagian depan. Sensor semacam ini adalah yang pertama digunakan di segmen sedan compact.

Sebelumnya, akhir 2016, Vios, sedan kompak andalan Toyota mendapat persenjataan baru yang lebih signifikan ketimbang sensor parkir. Senjata tersebut adalah mesin 2NR-FE dual VVT-i yang serupa All New Sienta dan New Yaris. Sebagai padanannya, sudah terpasang transmisi otomatis baru berbasis CVT. Berbekal itu, lini varian Vios berubah, dan diiringi perubahan harga. Namun beredar rumor bahwa Vios juga akan berganti wajah tahun ini, yang akan diperkenalkan di GIIAS 2017 nanti.

Merujuk pada perubahan Vios di Thailand, tentunya akan semakin lengkap jika VIos di Indonesia juga berubah paras, mengikuti perubahan pada sektor teknisnya. Sayangnya, tidak banyak info yang bisa digali dari Toyota soal sedan yang satu ini. Vios di Thailand memiliki wajah yang mirip dengan Toyota Camry terbaru. Hal ini terutama karena bentuk grille yang melebar di bawah, hingga ke pojok bemper. Di sisi bemper juga tertanam deretan lampu LED, yang berfungsi sebagai DRL. Bagaimana? Mending muka Vios yang sekarang atau yang baru ini?

toyota-vios-2017-front-angle-low-view

Tanggal Peluncuran

2018

Harga Vios 2018

Varian 1.5E AT , Rp290,2 Juta (Perkiraan) : 5 Kursi, 1496 cc, 106 hp

Varian 1.5G AT , Rp320 Juta (Perkiraan) : 5 Kursi, 1496 cc, 106 hp

Varian 1.5 TRD SPORTIVO AT , Rp335 Juta (Perkiraan) : 5 Kursi, 1496 cc, 106 hp

Baca juga : Harga Mobil Terbaru Semua Brand Mobil di Indonesia 

Warna Vios 2018

Vios 2018 tersedia dalam 5 warna yang berbeda – Black, White, Red, Silver Metallic and Medium Silver Metallic

toyota-vios-2017-side-view

Overview

Sedan kompak atau B-segment dari Toyota ini, baru mendapat ubahan mekanis akhir 2016 lalu. Sedang di negara tetangga, sudah mendapatkan facelift setelah update mekanikalnya. Kita sedikit tertinggal. Tapi tak perlu khawatir. Toh Toyota Vios 2017 akhirnya datang juga. Facelift di sini merujuk pada penyegaran desain. Paling kentara terjadi di wajah Vios. Kabin juga sedikit diberi sentuhan lebih segar. Tapi soal kualitas kabin secara umum masih sama. Artinya masih banyak ruang yang bisa ditingkatkan nilainya dari kabin Toyota Vios. Mulai dari material yang digunakan, sampai sektor infotainmentnya.

Sayangnya, faktor perpajakan masih jadi pengganjal utama. Seperti diketahui, di negera ini pajak mobil dengan bentuk sedan cukup tinggi. Hasilnya, Vios dan lawan sejatinya, Honda City, tidak bisa berbicara banyak di pasar otomotif nasional.

toyota-vios-2017-rear-cross-side-view

Yang mengejutkan adalah, pada 17 Januari 2018, TMMIN, selaku perakit dan pengekspor kendaraan Toyota di Indonesia, diam-diam telah merakit Vios 2018. Sayangnya, mobil ini dirakti untuk pasar ekspor, dengan tujuan negara-negara di kawasan ASEAN.

Interior & Fitur

Tak banyak yang bisa diangkat dari interior. Karena memang tak banyak yang ditingkatkan. Warna hitam masih mendominasi kabin, dengan perpaduan material kain dan kulit. Sentuhan warna merah di kabin sedikit memberi kehidupan.

toyota-vios-2017-dashboard-view

Sisanya tak ada yang berubah. Kulitas material pada trim dan dasbor masih banyak plastik. Padahal seharusnya bisa ditingkatkan, misal dengan memberi sentuhan kulit.

Fitur masih dipertahankan sebagian besar. Infotainment dengan layar sentuh 7 inci, sistem keyless entry dan tombol Start/stop engine, MID dan panel instrumen. Penyejuk kabin otomatisnya belum sepenuhnya digital, masih memakai konvensional. Sementara fitur safety juga tak ada peningkatan. Toyota Vios 2017 dilengkapi safety standar seperti kantung udara dual SRS dan rem berteknologi ABS+EBD dan brake assist.

Eksterior

Ini bagian yang paling ditonjolkan dari Toyota Vios 2017. Diklaim wajahnya jadi lebih sporty. Ada apa dengan penampilan ‘sporty’? Pasalnya, sejak lama Toyota Vios bersaing dengan Honda City, dan soal penampilan banyak yang setuju City lebih sporty dari Vios. Tapi itu cerita kemarin. Dengan facelift 2017, Vios tampil lebih percaya diri.

Ubahannya terjadi pada bumper dan grille yang kini porsinya lebih besar. Desainnya jadi lebih dewasa, mendekati desain wajah sang kakak, Altis dan Camry. Di ujung bumper, lampu siang hari LED strip bersanding dengan lampu kabut yang juga sudah LED. Posisinya sedikit berubah. Sementara lampu depan utama masih mengadopsi teknologi proyektor ditemani lampu LED positioning terintegrasi.

Di buritan, lampu belakang mendapat grafis baru. Kedua lampu dihubungkan strip chrome yang membelah pintu bagasi. Bumpernya juga sedikit direvisi. Sedang sisi samping, paling hanya desain pelek yang berubah, baik ukuran 15 maupun 16 inci.

Penampilan baru Vios lebih ditingkatkan dengan balutan warna bodi Red Mica Metallic yang mencuri perhatian.

Mesin & Konsumsi BBM

Performa Sektor ini juga masih berpegang teguh pada update terakhir mekanikal. Mesin baru berkode 2NR-FE bersemayam di balik kap. Jantung mekanis yang juga dipakai di Toyota Sienta itu sudah Dual VVT-i, 4-silinder 1.5 liter berdaya puncak 108 PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.200 rpm. Sebagai penyalur daya ada transmisi CVT dengan sequential shift 7-speed untuk perpindahan ala manual. Mesin baru itu seharusnya lebih efisien soal konsumsi bahan bakar. Artinya, Vios yang sebelumnya sudah dikenal sebagai sedan yang efisien, bisa lebih irit lagi konsumsi bahan bakarnya.

Sumber : oto.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Branz
BRANZ Mega Kuningan Apartment Jakarta Selatan, Hanya 1.8 Milyar, Pesan Sekarang!
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia 
caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
Emas Batangan
Warisan 1 Milyar > SELENGKAPNYA 
Bisnis Tanpa Modal! Jual Tiket DUFAN, Komisi 10 Ribu per Tiket... SELENGKAPNYA
Mau ke Dufan Ancol? Beli Tiket Online di Sini! 》BELI SEKARANG 
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja 》 DAFTAR SEKARANG 
Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
20190210_081324
Booster Signal Handphone, Penguat Sinyal HP di Area Miskin Sinyal 》 BELI SEKARANG
Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.