Bunda Patut Waspada, Ancaman Penyakit Mental pun Menghantui Anak-anak

Seorang Anak Sedang Menyendiri (hellosehat.com)
Seorang Anak Sedang Menyendiri (hellosehat.com)

Bun, belum lama ini dunia baru saja memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Peringatan semacam ini perlu ada lantaran masalah kesehatan jiwa masih sering jadi salah satu masalah yang suka diabaikan. Di Indonesia misalnya, masih banyak yang suka salah arti. Penderita penyakit mental dianggap kerasukan roh jahat atau dituduh kurang memiliki iman. Stigma yang salah terhadap penyakit seolah-olah menjadi tindakan diskriminatif atau terkesan menyudutkan.

Di lain sisi, Bunda juga perlu sadar kalau kalau penyakit mental tidak hanya diderita oleh orang dewasa saja, namun juga bisa juga dirasakan anak-anak. Sebagai orangtua, Bunda pun harus bisa mengetahui tanda-tanda si anak mulai mengalami penyakit mental.

SI KECIL MENGALAMI PERUBAHAN PERILAKU

Terkadang perubahan perilaku seringkali terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Untuk mengidentifikasinya, bunda hanya perlu peka terhadap aktivitas sehari-hari si Anak. Perubahan perilaku pada anak bisa terlihat saat dirinya berada di dalam rumah.

Misalnya, si anak biasanya patuh terhadap perintah bunda, seiring berjalannya waktu dirinya lebih cenderung menentang atau mulai berperilaku kasar. Kondisi ini akan memicu hubungan orangtua dan anak kurang harmonis di dalam rumah.

Perubahan perilaku ini bisa saja menandakan kalau dirinya sedang mengalami masalah. Tak jarang permasalahan yang terjadi pada si kecil justru dipendam sendiri bahkan belum bisa diselesaikan, sehingga  ia mudah frustasi bahkan berujung depresi.

IA PUN JUGA RENTAN MENGALAMI PERUBAHAN MOOD YANG TAK STABIL

Kalau Bunda perhatikan, perubahan mood pada anak-anak cenderung berubah secara mendadak dan konstan. Ketidakstabilan ini perlu dicurigai lho Bun, apalagi saat ia belum bisa memposisikan mood dirinya sendiri di situasi yang tepat.

Si kecil bisa tiba-tiba menangis, berteriak atau bahkan merasa takut secara berlebihan tanpa alasan. Hal seperti ini tidak bisa dianggap remeh karena akan berpengaruh terhadap perkembangan kesehariannya.  Bun, ketidakstabilan perubahan mood dan emosi pada anak perlu diperhatikan karena ini bisa jadi tanda apakah dirinya memiliki gejala depresi atau kelainan bipolar.

ADA PERUBAHAN PADA SI KECIL YANG TERLIHAT DARI GEJALA FISIK

Bunda perlu tahu, ada tanda-tanda fisik yang diberitahukan oleh tubuh bukan hanya untuk sakit fisik saja, namun juga karena penyakit mental. Penyakit mental yang terjadi pada anak-anak bisa menyebabkan sakit kepala apalagi kalau permasalahan hidupnya belum bisa terselesaikan.

Si kecil yang menderita penyakit mental juga lebih mudah terkena berbagai penyakit semisal flu, demam atau sakit perut. Bahkan aktivitas keseharian si kecil juga akan terganggu karena dirinya memiliki kesulitan untuk bernapas hingga merasa detak jantung yang berdebar cepat.

Hal ini bisa terjadi karena ada rasa cemas sedang dirasakan olehnya.  Bahkan di beberapa kasus, kondisi kesehatan si kecil bisa dianggap serius saat ia berusaha melukai dirinya sendiri dengan benda tajam atau usaha percobaan bunuh diri lho Bun.

DAN BERAT BADAN SI KECIL TIBA-TIBA MENURUN

Penurunan berat badan yang begitu drastis pada anak-anak tidak bisa dianggap remeh ya, Bun. Bisa saja penurunan berat badan ini dikarenakan si kecil sedang mengalami banyak masalah dan dirinya belum bisa menyelesaikannya dengan baik.

Perlu disadari kalau penurunan berat badan pada si kecil bisa terjadi karena dua hal, terkena penyakit fisik atau sedang mengalami masalah mental. Sebagai orangtua, Bunda harus peka terhadap penurunan berat badan ini karena dapat menyebabkan efek negatif yang serius untuk si kecil.

Oleh : Christina A, Sumber : sayangianak.com

Artikel pilihan : 

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Branz
BRANZ Mega Kuningan Apartment Jakarta Selatan, Hanya 1.8 Milyar, Pesan Sekarang!
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia 
caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
Emas Batangan
Warisan 1 Milyar > SELENGKAPNYA 
Bisnis Tanpa Modal! Jual Tiket DUFAN, Komisi 10 Ribu per Tiket... SELENGKAPNYA
Mau ke Dufan Ancol? Beli Tiket Online di Sini! 》BELI SEKARANG 
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja 》 DAFTAR SEKARANG 
Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
20190210_081324
Booster Signal Handphone, Penguat Sinyal HP di Area Miskin Sinyal 》 BELI SEKARANG
Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.