apartemen-grand-central-bogor-ads-5

Saat Si Kecil Mulai Masuk Sekolah Tapi Tetiba Kehilangan Nafsu Makan, Ini Lho Bun Penyebabnya

Anak Tidak Mau Makan (tirto.id)
Anak Tidak Mau Makan (tirto.id)

Bun, pernah dibuat pusing menghadapi nafsu makan buah hati yang tiba-tiba turun terutama saat ia mulai masuk sekolah? Bunda perlu tahu, biasanya, anak yang sudah masuk usia sekolah sering mengalami penurunan nafsu makan. Padahal aktivitas mereka bertambah padat, bukannya jadi mudah lapar malah kehilangan nafsu makan. Tak perlu bertanya-tanya Bun, hal itu wajar sebab si kecil pasti sedang merasakan fase-fase ini.

SI KECIL SEDANG AKTIF BERGERAK

Saat sudah masuk usia sekolah, si kecil makin mengenal banyak aktivitas. Termasuk bermain bersama teman dan ikut pelajaran di kelas serta mengeksplor lebih banyak hal yang lain. Akhirnya, pikiran dan tenaganya terfokus pada kegiatan, sehingga sering mengesampingkan rasa lapar. Ini bisa jadi pemicu nafsu makannya menurun, Bun.

TERLALU BANYAK KEGIATAN YANG SEDANG DILAKUKANNYA

Banyak beraktivitas mestinya membuat tenaga anak terkuras dan merasa lapar. Tapi faktanya, rasa lelah justru mendorong tubuh untuk beristirahat dengan tidur atau sekadar rebahan. Bunda perlu tahu, tidur bisa menekan rasa lapar sehingga si kecil bisa merasa segar kembali saat bangun.

IA SEDANG MENGALAMI MOOD SWING

Tak hanya orang dewasa yang mengalami mood swing. Kendati terlihat aktif bergerak dan menikmati segudang aktivitasnya, anak-anak bisa tetap merasa jenuh. Ia tidak bisa menerjemahkan rasa penat seperti orang dewasa. Hasilnya, ia terlihat kurang bersemangat dan tidak nafsu makan. Di lain sisi, terlalu banyak tugas atau materi pelajaran di sekolah juga bisa membuat mood si kecil jadi berantakan lho Bun.

ATAU JANGAN-JANGAN SI KECIL SUDAH TERLALU KENYANG MAKAN CAMILAN

Selain sedang aktif-aktifnya bermain, si kecil pun pasti sedang doyan jajan. Aneka makanan ringan di kantin sampai jajanan kaki lima di depan sekolah, semuanya menggoda untuk dibeli. Belum lagi camilan yang Bunda sediakan.

Begini Bun, kalau ia lebih tertarik dengan makanan ringan, solusi tepat yang sebaiknya Bunda lakukan adalah membuatkan camilan sehat. Di lain sisi, apstikan jajanan yang ia beli selama di sekolah pun terjaga kesehatannya.

MUNGKIN JUGA, PORSI YANG BUNDA SIAPKAN TERLALU BANYAK

Menyantap makanan dalam porsi pun bisa menghilangkan nafsu makan si kecil. Kondisi dimana perut terlalu kenyang membuat anak jadi malas makan di jadwal berikutnya. Karenanya, justru biarkan si kecil menyantap makanan dalam porsi kecil tapi berkali-kali dibanding kekenyangan dan justru membuat nafsu makannya hilang.

Lagipula Bun, jangan terpaku pada porsi makan ya, tapi utamakan asupan gizinya yang lebih penting untuk diperhatikan. Selama ia sudah mengonsumsi sumber gizi lengkap, tak perlu makan banyak untuk memenuhi kebutuhan energinya.

Oleh : Christina A, Sumber : sayangianak.com

Artikel Pilihan 

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Desain Apartemen Grand Central Bogor jeep-02 investa11 myproperti-02
© Hak Cipta 2018 www.ceramahmotivasi.com
Viva & Red-A Cosmetics MULAI BELANJA >>
Hello. Add your message here.