Pentingnya Mengembangkan Diri

Tidak ada sepatah katapun yang terlontar dari lisan kita, melainkan Alloh Swt. pasti mendengarnya. Tidak ada sejengkalpun kaki kita melangkah, melainkan Alloh pasti melihatnya. Dan tidak ada satu gerakanpun dari tangan kita, melainkan Alloh pasti mengetahuinya. Subhaanalloh. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada suri teladan kita, nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, seringkali orang menganggap bahwa kekayaan materi, harta benda, pangkat dan jabatan, popularitas adalah urusan yang paling penting di dalam hidup di dunia ini. Padahal urusan paling penting setelah keimanan dan amal sholeh adalah pengembangan diri.

Sesungguhnya kekayaan sejati yang perlu kita kembangkan siang dan malam dengan penung kesungguhan adalah ilmu pengetahuan, keterampilan dan wawasan kita. Sehingga semakin hari semakin bertambah, berkembang dan terukur secara signifikan.

Perlu bagi kita merancang program beserta target pencapaiannya kemudian mengalokasikan waktu, tenaga, hingga biaya secara khusus untuk mengembangkan diri secara efektif.

Karena pada kenyataannya kita melihat bahwa kian hari persoalan hidup yang kita temui kian berkembang pula. Berbagai macam masalah baru muncul sedemikian banyak dan cepat secepat perputaran waktu. Semua ini akan sulit kita hadapi jika kita tidak mengembangkan diri kita. Bahkan pengembangan diri yang kita lakukan harus bisa lebih cepat dari masalah yang kita hadapi.

Kita harus menyadari sepenuhnya bahwa mustahil hidup ini tak ada yang berubah. Semua hal akan bergerak dan mengalami perubahan. Segala perubahan ini tentu harus kita respon dengan kesiapan kita menghadapinya.

Biaya, tenaga, waktu yang terkuras demi untuk mengembangkan diri itu sebenarnya bukanlah pengeluaran, melainkan aset yang penting dan strategis. Aset ini tidak akan merugikan, melainkan sebaliknya justru akan menguntungkan baik cepat atau lambat.

Maka dari itu sahabatku, marilah kita mulai susun perencanaan untuk pengembangan diri kita. Buatlah program untuk menambah ilmu pengetahuan, keterampilan dan wawasan kita. Bisa dengan mengikuti kajian, pelatihan, kursus dan metode lainnya.

Alloh Swt. berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok….” (QS. Al Hasyr [59]: 18)

Demi Alloh, hidup di dunia ini hanya sebentar saja. Tak ada pilihan bagi kita selain memanfaatkannya sebaik mungkin. Dan mengembangkan diri adalah bentuk ibadah kita kepada Alloh karena hidup ini adalah amanah. Wallahua’lam bishowab.

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber: smstauhiid.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Ema Suhra, Wisudawan Termuda UNM 2017/2018 (unm.com)
Perencanaan Dana Kuliah Anak, 150 Ribu per Bulan... SELENGKAPNYA   
 
Snow
Mau Main Salju? Ayo ke Trans Snow World Juanda Bekasi 》 BELI TIKET
Branz
BRANZ Mega Kuningan Apartment Jakarta Selatan, Hanya 1.8 Milyar, Pesan Sekarang!
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia 
caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
Emas Batangan
Warisan 1 Milyar > SELENGKAPNYA 
Bisnis Tanpa Modal! Jual Tiket DUFAN, Komisi 10 Ribu per Tiket... SELENGKAPNYA
Mau ke Dufan Ancol? Beli Tiket Online di Sini! 》BELI SEKARANG 
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja 》 DAFTAR SEKARANG 
Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
20190210_081324
Booster Signal Handphone, Penguat Sinyal HP di Area Miskin Sinyal 》 BELI SEKARANG
Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.