Pondok Pesantren Madinatul Qur’an Bogor

Pondok Pesantren Madinatul Qur'an Bogor
Pondok Pesantren Madinatul Qur’an Bogor

“Membangun Generasi Qurani, Berkarakter dan Visioner” Untuk membentuk generasi Bangsa indonesia yang berpegang teguh pada Al-Qur’an & Sunnah.

SD TAHFIDZ, SMP ISLAM, SMA TAHFIDZ, PENDIDIKAN TAHFIDZ DAN BAHASA ARAB, MAHAD ‘ALY

Pondok Pesantren Madinatul Qur’an – Jonggol didirikan dengan harapan untuk melahirkan kembali generasi penegak kejayaan Islam yang akan mengembalikan masyarakat muslim kepada masa keemasannya, kepada Al-Qur’an, kepada kemurnian ajaran Islam, kepada Aqidah yang lurus dan Akhlaqul karimah yang berlandaskan Al-Quran, dan As-Sunnah, serta berdasarkan pemahaman ulama salaf Ahlus Sunnah wal Jama’ah, dan mengembalikan bahasa Arab sebagai bahasa kaum muslimin.

img_20191004_160252_923

Visi Kami

Membangun generasi Qur’ani, Berkarakter, dan Visioner

Misi Kami

Menjadi basis pembangunan generasi masyarakat Islami, dan menjadi pusat pengkaderan Agen-agen pembaharuan muda Islami yang siap dan bersemangat untuk diterjunkan di medan dakwah, dibekali dengan dasar-dasar Ilmu Syar’i, bahasa Arab, dan berbagai Life skills juga Keterampilan, serta dilatih untuk menjadi Entrepreneur muda yang mempunyai mental Mandiri.

Mengapa Madinatul Quran?

Madinatul Quran berlokasi di Desa Singasari, Kec. Jonggol, yang masih memiliki lingkungan yang Asri dan juga Alami serta jauh dari Hiruk Pikuk Perkotaan sehingga memudahkan Anak Didik kami untuk berkonsentrasi dalam belajar serta menghafal Al-Qur’an.

Lingkungan Asri & Alami

Lokasi kami terletak di tengah lingkungan yang Asri dan Alami serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Pengajar Berpengalaman

Pengajar serta Ustadz lulusan Timur Tengah dan Universitas ternama lainnya yang ahli dibidangnya.

Lingkungan Berbahasa

Kami menerapkan lingkungan belajar dengan Bahasa Arab kepada anak didik kami dengan pembekalan awal yang matang.

Fasilitas Pendukung

Untuk lingkungan belajar yang baik kita menyediakan fasilitas-fasilitas yang mumpuni untuk mendukung anak didik kita belajar.

SERING DIBACA 

Konsep Pendidikan SD

Pendidikan dasar, adalah masa pembentukan pondasi bagi kepribadian, kemampuan berpikir, dan kematangan sosial seorang anak. Kesalahan dan kegagalan pada periode ini, akan menyebabkan hambatan dan kesulitan pendidikan di masa setelahnya. Oleh karena itu, kami, SD Tahfidz Madinatul Qur’an sangat memperhatikan hal-hal yang perlu diprioritaskan dalam membangun pondasi bagi kehidupan seorang anak, untuk mempersiapkannya memikul  tanggung jawab baik sebagai individu maupun sebagai makhluk sosial.

Pondasi pertama yang ingin kami bangun adalah nilai-nilai keimanan kepada Allah dengan panduan Al Qur’an dan hadist Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dengan pemahaman yang benar. Pondasi kedua adalah menumbuhkan kecintaan terhadap Al Qur’an dan hadist, dengan berusaha menghafal dan mengamalkannya, untuk kemudian diterapkan dalam praktek kehidupan sehari-hari. Pondasi ketiga adalah merangsang kecintaan anak kepada ilmu dan pengetahuan, yang mencakup:  logika berpikir, kemampuan berbahasa yang baik dan benar, dan menggali serta menyalurkan potensi dan bakat anak. Dengan memperhatikan ketiga pondasi tersebut, kami yakin, seorang lulusan SD akan siap menjadi manusia yang bertanggung jawab terhadap dirinya dan  bermanfaat bagi orang lain, sesuai kapasitasnya, Insya Allah.

Jadi, bila Anda adalah orang tua yang memiliki visi dan misi pendidikan yang sejalan dengan kami, mari bergabung bersama kami untuk mewujudkan cita-cita kita!

Konsep Pendidikan SMP

Konsep Pendidikan SMP Madinatul Quran adalah paduan dari kurikulum DIKNAS dan kurikulum Pesantren yang berfokus pada Adab dan Akhlaq sehari-hari, Al-Qur’an, Bahasa Arab, dan pemahaman dasar-dasar ilmu Syar’i serta ilmu-ilmu umum seperti Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dll untuk bekal masa depannya di Dunia dan Akhirat.

Konsep Pendidikan SMA Tahfidz

Konsep Pendidikan SMA Tahfizh Madinatul Quran adalah gabungan dari sistem klasik (Talaqqi / Halaqoh), dan modern (sistem kelas) yang mengutamakan hafalan AI-Quran, Bahasa Arab, dan pemahaman dasar-dasar ilmu Syar’i. Sejak awal santri diarahkan untuk memiliki bekal yang diperlukan untuk melanjutkan pendidikan di Universitas-universitas Islam dalam atau luar negeri dan atau menjadi agen-agen pembaharuan muda di masyarakat.

Konsep Pendidikan Tahfdiz dan Bahasa Arab

Konsep Pendidikan Tahfdiz & B. Arab Madinatul Quran merupakan proses pendidikan untuk menyiapkan Hafidz, dengan kompetensi hafalan Al-Quran (Tajwid dan Tahsin), Bahasa Arab Dasar, dan Ilmu Syar’i Dasar.

Konsep Pendidikan Mahad Aly

Konsep Pendidikan Mahad Aly adalah Mencetak kader dai berlandaskan alquran dan sunnah dengan pemahaman salaful ummah yang memiliki karakter pemimpin, seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kepedulian, organisatoris dll, serta memiliki sifat بصطة في العلم والجسم  (luas keilmuan dan kuat fisik mental).

Untuk dasar keluasan ilmu maka harus menguasai bahasa arab sebagai kunci memahami Alquran dan keilmuan islam lainnya, selain itu kader dai dibekali skill dalam alquran seperti tajwid, tahsin, tahfidz dan tafsir, kemudian keilmuan diniyah lainnya seperti fikih, sirah,hadits dll.

Selain itu kader dai dibekali kemampuan skill lainnya dalam bidang kepemimpinan dan bidang fisik mental.

Pondok Pesantren Madinatul Qur’an

Jalan Baru TMMD Desa Cibodas – Desa Singasari, Kecamatan Jonggol Bogor 16830‎

Phone : 085200236000
Email : info.madinatulquran@gmail.com
Website : https://madinatulquran.or.id

About Auther:

Info Biografi