Sebab Setiap Anak Istimewa, Jangan Paksa Mereka Menjadi Seperti Yang Anda Mau. Kenali Karakter Anak Untuk Lebih Bisa Memahaminya

memiliki-anak

Tidak ada anak yang sama. Tiap anak hadir dengan karakternya masing-masing. Sekalipun anak kembar, mereka tetap tak sama. Karena perbedaan itu, orangtua pun tak bisa menggunakan cara yang sama untuk menangani buah hatinya.

Setiap karakter tentu membutuhkan cara tersendiri untuk menghadapi. Agar bisa ditangani dengan tepat, orangtua harus lebih dulu mengetahui bagaimana karakter anak tersebut. Dengan demikian salah penangananan yang bisa berakibat buruk pada anak pun tak akan terjadi.

img_20191004_160252_923

JANGAN MEMAKSA ANAK DENGAN KARAKTER DOMINAN PENAKUT DAN PEMALU UNTUK AKTIF DI DEPAN ORANG BANYAK

Jika anda merasa karakter anak anda dominan penakut dan juga pemalu, jangan paksakan mereka aktif di depan orang banyak. Karena dengan memaksakan hal tersebut bisa membuat mereka mengalami trauma. Memang tidak mudah baginya untuk bisa langsung bergabung dalam suatu aktivitas dengan mudah.

Hal yang mungkin dilakukan adalah dengan membawa anak anda ketempat yang sama secara berulang, mengenali mereka dengan lingkungan sekitar, menceritakan bahwa tempat tersebut menyenangkan sehingga bisa membuat si anak menjadi nyaman bersosialisasi di tempat tersebut. Jika anak sudah bisa berbaur maka anda bisa pelan-pelan melepaskan anak anda.

MENANGANI ANAK YANG AKTIF, CEREWET, DAN REWEL MEMANG BUTUH TENAGA EKSTRA BUN!

Berbeda dengan anak yang penakut dan pemalu, menghadapi anak yang aktif akan membuat anda harus menyiapkan tenaga ekstra. Selain tenaga fisik juga harus memiliki kesabaran yang ekstra untuk bisa menghadapi karakter anak yang aktif. Menurut Alice Sterling Honig, Ph.D, penulis secure relationships; nurturing infant-Toddler Attachment in early care settings, anak-anak yang suka rewel, moody, atau gampang ngambek memiliki perasaan yang lebih peka dibandingkan karakter yang lain.

Untuk bisa menghadapi anak yang mempunyai karakter seperti itu cobalah lebih fleksibel terhadapnya. Jika dia sedang asik bermain jangan menghentikan kegiatannya untuk tidur siang. Bukan mengikuti kehendak anda, justru bisa memberikan respon tantrum kepada ada. Berikan pula ruang gerak yang lebih leluasa untuknya bisa berekspresi. Ketika anda ingin dia mengikuti keinginan anda, ada baiknya anda memberikan alasan yang tepat. Jika sudah sesuai berikan apresiasi kepadanya hingga dia merasa senang.

BERBEDA DENGAN ANAK YANG AKTIF, MEMILIKI BUAH HATI YANG MANIS DAN PENURUT MEMBUAT ANDA TIDAK PERLU MENGELUARKAN BANYAK TENAGA

Mungkin ini adalah idaman semua orang tua ketika memiliki anak yang manis dan penurut. Karena anda bisa lebih santai melewatkan waktu bersamanya. Karena dia tidak terlalu meminta perhatian, tetapi anda harus lebih peka dengan memberikan dia perhatian yang lebih untuknya, agar dia merasa anda menyayanginya. Karena meskipun anak anda manis dan penurut, hatinya juga tidak kalah peka, yang membedakan adalah dia tidak akan mengatakan apa yang dia rasakan. Jadi anda bertugas untuk melatih dia mengungkapkan apa yang sedang dia rasakan baik itu sedih atau bahagia. [sayangianak]

SPECIAL PROMO Discount 10% paket arung jeram dan penginapan di Caldera Indonesia. Tersedia juga program outbound, corporate gathering, meeting, paint ball, flying fox, dll. Hubungi +6285773713808 Info klik www.ceramahmotivasi.com/promo/caldera/

Baca juga :

40 Cara Menjadi orang Tua yang Bijaksana (bagian 1)  

10 Artikel Parenting Pilihan

About Auther:

Info Biografi