Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami

islamic-art-51-2

Dalam Al Qur’an Surat At Taubah (9) Ayat 51 Allah SWT berfirman :

قُل لَّن يُصِيبَنَا إِلَّا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَنَا هُوَ مَوْلَانَا وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal”

Jika kamu mendapat suatu kebaikan, mereka menjadi tidak senang karenanya; dan jika kamu ditimpa oleh suatu bencana, mereka berkata, “”Sesungguhnya kami sebelumnya telah memperhatikan urusan kami (tidak pergi berperang),” dan mereka berpaling dengan rasa gembira. Katakanlah, “”Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah Pelindung kami, dan hanyalah kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal.

img_20191004_160252_923

Allah subhanahu wa ta’ala memberitahukan kepada Nabi-Nya perihal permusuhan yang terpendam di dalam hati orang-orang munafik itu. bahwa apabila Nabi beroleh kebaikan (yakni kemenangan dan pertolongan serta ganimah dari musuh-musuhnya yang membuat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya hidup dalam kemudahan), maka hal itu membuat mereka tidak senang. dan jika kamu ditimpa oleh suatu bencana, mereka berkata, “Sesungguhnya kami sebelumnya telah memperhatikan urusan kami (tidak pergi berperang).”” (At-Taubah: 50) Yakni kami sebelumnya selalu menghindar untuk tidak mengikutimu. dan mereka berpaling dengan rasa gembira (At-Taubah 50) Kemudian Allah subhanahu wa ta’ala memberikan petunjuk kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bagaimana cara menjawab permusuhan mereka yang sangat keras itu. Untuk itu, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

Katakanlah. (At-Taubah: 51) Wahai Muhammad, kepada mereka. Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. (At-Taubah: 51)

Artinya. kami sepenuhnya berada di bawah kehendak dan kekuasaan Allah subhanahu wa ta’ala Dialah Pelindung kami. (At-Taubah: 51) Yaitu Tuhan kami dan tempat kami berlindung. dan hanyalah kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal. (At-Taubah: 51) Yakni kami bertawakal kepada-Nya, Dialah yang mencukupi kami, Dia adalah sebaik-baik Pelindung.

Referensi : Tafsir surat At Taubah ayat 51

Artikel Utama : Ayat 7 dan Keutamaannya 

Ayo bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi