Shalat Gerhana

Shalat gerhana adalah shalat sunah yang dilakukan ketika terjadi gerhana matahari atau gerhana bulan, hukumnya sunah muakad bagi laki-laki dan wanita. Sebagaimana Rasulullah saw bersabda,

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tandatanda kekuasaan Allah, dan keduanya tidak gerhana dikarenakan kematian dan kehidupan (kelahiran) seseorang. Jika kalian melihat gerhana, shalatlah!” (HR Bukhari)

Waktu shalat gerhana matahari adalah ketika gerhana matahari mulai tampak sampai matahari kembali seperti biasa atau sampai tenggelam. Sedangkan waktu shalat gerhana bulan adalah ketika gerhana bulan mulai terjadi sampai terbit matahari meskipun belum kembali biasa.

img_20191004_160252_923

Cara Mengerjakan Shalat Gerhana

– Boleh dikerjakan sendiri-sendiri, tetapi lebih baik dikerjakan dengan berjamaah.
– Dilaksanakan dua rakat dan dua rukuk tiap satu rakaat.
– Pada rakaat pertama sesudah rukuk dan iktidal, membaca surat Al-Fatihah sekali lagi, kemudian rukuk dan iktidal sekali lagi, kemudian sujud sebagaimana shalat biasa. Demikian juga dalam rakaat kedua. (totalnya menjadi 4. rukuk, 4 Fatihah, dan 4 sujud)
– Bacaan suratAl-Fatihah pada shalat gerhana bulan dinyaringkan, sedang dalam shalat gerhana matahari tidak dinyaringkan.
– Sunah memanjangkan bacaan ayat suratnya.
– Sunah setelah shalat, imam atau khatib membaca khutbah sebagaimana Jumat. Isi khutbah tersebut disesuaikan dengan suasana gerhana. Perlulah kiranya dalam isi khutbah tersebut diterangkan sebab-sebab gerhana, gerhana merupakan tanda kekuasaan Allah. Dengan demikian, orang-orang tidak akan menyangka yang bukan-bukan tentang gerhana.

Niat Shalat Gerhana

Shalat Gerhana Matahari

USHALLII RAK’ATAINI LIKUSUUFISY SYAMSI MA‘MUUMAN/IMAAMAN LlLLAAHl TA’AALA

“Saya niat shalat gerhana matahari dua rakaat sebaga: makmum/imam karena Allah Ta’ala”

Gerhana Bulan

USHALLII RAK’ATAINI LIKHUSUUFIL QAMARI MA‘MUUMAN/ IMAAMAN LILLAAHI TA’AALA

“Saya niat shalat gerhana bulan dua rakaat sebagai makmum/ imam karena Allah Ta’ala”

Referensi : Hamsah Hasan, dkk, Buku Panduan Lengkap Agama Islam, Qultum Media, Jakarta, 2010

Ayo bagikan sebagai sedekah… 

About Auther:

Info Biografi