Sibuk Kerja Sampai Gak Punya Waktu Sih Kelewatan Banget! Tanyakan 3 Hal Ini ke Diri Kamu

(idntimes.com)
(idntimes.com)

Selalu merasa terlalu sibuk kerja sampai gak punya waktu buat keluarga, olahraga, atau piknik? Hati-hati lho, hal itu justru bakal mengganggu kesehatan dan produktivitas di kemudian hari.

Sejatinya sesibuk apapun kita bekerja, ingatlah bahwasannya kita bekerja buat hidup. Bukan hidup buat kerja apalagi kantor.

Jahat banget kalau urusan liburan keluarga atau acara rekreasi lainnya mesti dibatalkan karena kamu sibuk. Tentu hal itu justru membuat hubungan dengan keluargamu jadi makin gak harmonis.

adira-ads-web-kotak-4

Intinya, tetap wajib buatmu buat punya kehidupan seimbang antara urusan kerja dan sehari-hari. Perasaan sibuk dan lain sebagainya tentu hanyalah sugesti belaka.

Buat kamu yang selalu merasa sibuk kerja setiap hari, mungkin ada baiknya kamu tanyakan tiga hal ini ke dirimu. Berikut ulasannya yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id di bawah ini:

1. Bagaimana mindset mu soal manajemen waktu?


Coba selalu pikirkan gimana manajemen waktu kamu dalam bekerja, sebisa mungkin pintar-pintar mengaturnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Seperti apa sih manajemen waktu yang ideal menurutmu? Sejatinya, waktu memang terus berjalan seiring dan gak mungkin bisa mundur kecuali kamu punya mesin waktunya Doraemon.

Bila memang pekerjaanmu sangat padat dan sering membuatmu gak pernah pulang tenggo, bukan berarti gak ada solusi buat memecahkan masalah ini.

Bangunlah lebih awal, dan mulailah bekerja sebelum masuk jam kerja. Iya betul, di saat karyawan lain belum sampai kantor.

Meski terlihat aneh, sejatinya bekerja di awal waktu terkadang lebih produktif. Hotman Paris terbiasa kerja saat jam 5 pagi lho, padahal anak buahnya baru datang jam 09.00.

Dengan menyelesaikan pekerjaan di awal waktu, tentu jam 15.00 kita sudah bisa agak santai. Jam 17.00 atau 18.00 WIB tentu bisa pulang.Tapi hal ini agak sulit diterapkan oleh mereka yang bekerja di divisi marketing atau sales ya. Apalagi yang punya jadwal meeting gak terprediksi.

2. Seberapa jago kamu bisa tahu soal waktumu menyelesaikan tugas kantor?


Seberapa jago kamu bisa tahu soal waktumu menyelesaikan tugas kantor?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selalu berasa sibuk kerja? Mungkin kamu sendiri yang gak tahu secepat apa kamu bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaanmu ini.

Kamu selalu berkata “ya” ketika atasan memberimu tugas. Padahal, kerjaanmu sebelumnya juga belum selesai.

Kerja bukan berarti harus selalu siap menjalankan titah dari bos lho. Apa kabarnya kalau titahnya gak wajar? Kalau hal itu di luar kapasitasmu ya pasti tugas itu gak akan bisa diselesaikan dengan baik.

Ada baiknya mengukur kemampuan diri terlebih dulu sebelum menerima pekerjaan dari atasan. Gak usah ragu untuk menolak, asalkan alasanmu memang tepat.

3. Berapa kali kamu menolak ajakan nongkrong, pacaran, atau liburan dengan keluarga?


Berapa kali kamu menolak ajakan nongkrong, pacaran, atau liburan dengan keluarga?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, yang inilah yang paling gak enak buat dilakukan, karena mau gak mau kita mesti mengakui kesalahan kita sendiri. Saking terlalu sibuknya dengan urusan kantor, sering banget kamu membatalkan agenda-agenda yang udah direncanakan oleh orang terdekat mu.

Kita akan merasa sangat bersalah ketika sudah mengecewakan orang lain. Apalagi kalau alasan kita melakukan hal itu karena sibuk kerja.

Tapi dengan menanyakan ini ke diri sendiri, mau gak mau kita bakal sadar bahwa hidup gak cuma kerja doang. Masih ada hal lain yang lebih penting di luar sana.

So, masih berani batalin janji karena sibuk kerja?

Itulah tiga pertanyaan yang wajib kamu tanya ke diri sendiri jika selalu merasa sibuk. Selamat mencoba deh, barangkali bermanfaat.

Sumber : moneysmart.id

Ayo bagikan sebagai sedekah…  

Perumahan Citra Sentul Raya Rp.650 Juta, Selengkapnya...
Perumahan Citra Sentul Raya Rp.650 Juta, Selengkapnya...
Selengkapnya Klik Gambar
Selengkapnya Klik Gambar
caldera-rafting
Rafting & Outbound Seru Discount 10% Selengkapnya...
Lowongan Kerja Online PT Adira Multi Finance, Raih Penghasilan Jutaan Rupiah!
Lowongan Kerja Online PT Adira Multi Finance, Raih Penghasilan Jutaan Rupiah!
All Right Reserved © www.ceramahmotivasi.com
Griya Kartika Bojong Gede 1,5 KM dari Stasiun Kereta...
Hello. Add your message here.