Terus Memarahi Anak Yang Hiperaktif Tidak Akan Membuatnya Lebih Baik, Tetap Menyayanginya Justru Akan Membuat Dia Mengerti

Adorable 3 year old boy covered in bright paint.

Ada anak yang cenderung diam, sebaliknya ada juga yang tak bisa berhenti beraktivitas. Orangtua pun dituntut untuk fokus pada perkembangan dan pertumbuhan anak.  Terlebih momen 5 tahun pertama adalah masa emas bagi perkembangan motorik anak. Hal ini disebabkan pada usia ini badan anak masih begitu lentur dan mudah diarahkan.

Anak yang hiperaktif memang terkenal lebih jarang sakit, mereka juga lebih mampu mengenal hal yang baru. Namun bukan menjadi hal mudah bagi orang tua dalam menghadapi anak yang sedang hiperaktif seperti itu. Meski begitu ada beberapa cara tepat yang bisa dilakuakan orangtua untuk menghadapi anak yang hiperaktif.

img_20191004_160252_923

ORANGTUA HARUS LEBIH BELAJAR MENGELOLA EMOSI, SEBAB TINGKAH ANAK YANG HIPERAKTIF  CENDERUNG MEMICU AMARAH ORANGTUANYA

Untuk mengatasi anak hiperaktif yang harus dibenahi pertama kali justru orangtuanya sendiri. Sebab kebanyakan orangtua justru kurang mampu memahami dan membimbing anaknya.

Tingkah anak yang terlalu hiperaktif cenderung memicu amarah orangtuanya. Dari bentakan, cubitan, hingga omelan, nyatanya mampu membuat anak semakin urung untuk mendengarkan nasihat orangtuanya. Bisa juga karena anak terlalu sibuk dengan tingkahnya, maka anak pun malah merasa nyaman dengan sikapnya itu.

Sedangkan bila orang tua mampu menekan egonya dan amarah, maka anak akan semakin mampu memahami orangtuanya. Anak jadi lebih memahami reaksi orangtuanya. Dengan begitu dia jadi tahu mana saja sikapnya yang bisa berujung pada kemarahan orangtuanya.

MEMAKSIMALKAN FASILITAS UNTUK ANAK AKAN MEMBUAT TUMBUH KEMBANGNYA OPTIMAL

Anak hiperaktif bukan sebuah masalah hebat sebenarnya asalkan tingkat hiperaktif anak masih sesuai dengan usianya. Nah, justru dengan anak yang selalu hiperaktif, maka orangtua tinggal memaksimalkan fasilitas yang akan banyak membantu anak tumbuh dan berkembang.

Karena dengan cara yang tepat akan mampu membuat anak semakin pesat dalam perkembangannya, terlebih lagi jika anak Anda berada pada masa emas, maka pemberian fasilitas yang sesuai akan sangat mempengaruhi kinerja otak dan perkembangan dirinya untuk mengolah rasa, karsa, hingga alunan jiwa yang penting bagi tahapan pertumbuhan diri anak.

BERIKAN NUTRISI MEMADAI DENGAN ASUPAN TEPAT AGAR ANAK HIPERAKTIF LEBIH BISA MENGONTROL DIRINYA SENDIRI

Jangan lupakan hal yang teramat penting satu ini, yaitu mengenai asupan nutrisi untuk anak. Karena dengan asupan tepat, anak hiperaktif  jadi lebih mampu mengolah kontrol diri. Maka dari itulah nutrisi tepat dan sehat menjadi asupan khusus dalam memenuhi tenaga untuk anak.

AJARKAN NILAI-NILAI MORAL SEJAK DINI, DENGAN BEGITU DIA PUN JADI TAHU APA YANG BOLEH DILAKUKANNYA DAN TIDAK

Anak hiperaktif juga harus diperkenalkan dengan nilai-nilai moral yang akan membuat mereka belajar bertanggungjawab. Dengan pengertian yang anda berikan untuk anak hiperaktif secara dini mengenai sikap moral akan mampu membawanya lebih paham tentang makna teman. Dengan begitu dia tidak akan menjadikan temannya sebagai lawan.

Anak pun jadi mengerti apa saja yang boleh ia lakukan dan tidak. Meskipun terkesan sepele, namun hal ini begitu penting untuk masa depan dan perkembangan pola pikir anak. [sayangianak]

SPECIAL PROMO Discount 10% paket arung jeram dan penginapan di Caldera Indonesia. Tersedia juga program outbound, corporate gathering, meeting, paint ball, flying fox, dll. Hubungi +6285773713808 Info klik www.ceramahmotivasi.com/promo/caldera/

Baca juga :

40 Cara Menjadi orang Tua yang Bijaksana (bagian 1)  

10 Artikel Parenting Pilihan

About Auther:

Info Biografi