7 Tips Sukses ala Mukesh Ambani, Pebisnis No.1 di India

Chairman and Managing Director of Reliance Industries Mukesh Ambani
Mukesh Ambani

Butuh tips sukses yang jitu langsung dari ahlinya?

Hari ini, mari kita belajar dari Mukesh Ambani, konglomerat nomor 1 asal India. Mukesh adalah pimpinan Reliance Industries Limited (RIL) yang menjadi salah satu perusahaan raksasa India. Berkat kesuksesannya, Mukesh memiliki kekayaan yang nilainya mengungguli kekayaan Jack Ma pada daftar orang terkaya dunia versi Forbes 2018.

Sukses dan kaya raya bukan cuma bikin hidup sejahtera, tapi juga bisa berguna buat sesama. Sama halnya dengan keberhasilan yang dicapai Mukesh Ambani.

Keberhasilan perusahaan yang ia pimpin, bukan cuma memberikan kesejahteraan pada dirinya dan keluarga tapi juga ribuan pemegang saham, karyawan, bahkan warga India pada umumnya. Sebab, perusahaan Reliance Industries Limited (RIL) menjadi salah satu sumber terbesar pemasukan pajak pemerintahan India.

Jadi, apa yang bisa membuat Mukesh Ambani sesukses saat ini? Berikut ini 7 tips sukses ala Mukesh Ambani yang bisa kamu terapkan dalam usahamu.

1. Biarkan karya yang berbicara

Mukesh Ambani merupakan salah satu miliarder yang terkenal rendah hati dan tidak banyak bicara. Sebaliknya, di India, dialah tokoh yang paling sering dibicarakan. Tanpa banyak menciptakan sensasi, Ambani fokus membesarkan bisnisnya. Kilang minyak Jamnagar milik perusahaannya jadi kilang terbesar di India, bahkan dunia.

Saat memulai bisnis ataupun meniti karier, mungkin banyak situasi yang membuat kita merasa diremehkan. Pada situasi seperti itu, tak perlu buang energi untuk menanggapi. Sebaliknya, tetaplah fokus untuk terus berkarya.

2. Punya mimpi

Mukesh percaya bahwa memiliki mimpi dan berusaha untuk meraihnya adalah hal terpenting dalam bisnis apa pun. Mimpi akan menjadi kompas yang menuntun kita pada tindakan-tindakan yang perlu dilakukan. Sekalipun terdengar klise, tanpa mimpi, usaha yang kita kerahkan akan menjadi kurang maksimal.

3. Berani mengambil risiko

Bagi Mukesh, risiko memberikan pelajaran terbesar, terutama dalam berbisnis. Berani mengambil risiko dapat membuka berbagai kesempatan yang tak disangka-sangka.

Namun ingat, mengambil risiko bukan berarti bertindak nekat tanpa pertimbangan. Diperlukan perhitungan dan analisa yang tepat agar mampu meminimalisasi kerugian yang terjadi.

4. Jangan gampang panik

Mukesh membantu bisnis ayahnya sejak usianya masih muda. Tak lama setelah itu, paman sekaligus rekan bisnis ayahnya meninggal dunia diikuti sang ayah beberapa bulan setelahnya. Dengan begitu, Mukesh perlu mengambil alih sekaligus bertanggung jawab penuh pada kelangsungan perusahaan.

Ada hal-hal diluar kendali kita yang bisa terjadi tanpa diduga-duga. Oleh sebab itu, diperlukan ketenangan dan tidak mudah panik agar kita tetap mampu mengambil keputusan secara tepat menggunakan logika.

5. Punya tim yang solid

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pengusaha pemula adalah mencoba mengerjakan segalanya sendiri. Entah karena efisiensi biaya atau sulit percaya pada orang lain. Namun, cara ini cuma bikin pengusaha kewalahan dan melewatkan banyak hal-hal penting lainnya.

Sebaliknya, tips sukses yang selalu diterapkan Mukesh adalah membangun sebuah tim yang solid. Rekrutlah para profesional yang bisa dipercaya. Selain untuk membantu kelola bisnis, kamu juga bisa belajar bidang-bidang yang gak dikuasai langsung dari para ahlinya.

6. Percaya pada orang lain tapi tidak tergantung pada siapa pun

Ada dua sikap yang menurut Mukesh wajib ada pada diri tiap pengusaha, yaitu ketekunan dan kemampuan belajar mandiri. Dengan dua hal  ini kamu bisa mengandalkan diri sendiri saat menghadapi keadaan sulit. Dalam berbisnis, boleh aja percaya pada orang lain, tapi jangan sampai membuatmu tergantung pada mereka.

7. Lihat segalanya dengan seksama

Pengusaha bukan cuma perlu pikiran yang terbuka, tapi juga “mata” yang selalu terbuka lebar. Amati sekitar untuk melihat tiap peluang yang ada. Jadilah ‘sensitif’ terhadap kebutuhan orang lain agar bisa memahami inovasi yang benar-benar diperlukan banyak orang.

Pada akhirnya, seorang pengusaha yang sukses adalah “doers” bukan “talkers”. Mereka gak akan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak mendekatkan mereka pada tujuan.

Semoga tips sukses ala Mukesh Ambani ini bisa menginspirasimu.

Sumber : moneysmart.id

Ayo bagikan sebagai sedekah…

 
Snow
Mau Main Salju? Ayo ke Trans Snow World Juanda Bekasi 》 BELI TIKET
Branz
BRANZ Mega Kuningan Apartment Jakarta Selatan, Hanya 1.8 Milyar, Pesan Sekarang!
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia 
caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
Emas Batangan
Warisan 1 Milyar > SELENGKAPNYA 
Bisnis Tanpa Modal! Jual Tiket DUFAN, Komisi 10 Ribu per Tiket... SELENGKAPNYA
Mau ke Dufan Ancol? Beli Tiket Online di Sini! 》BELI SEKARANG 
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja 》 DAFTAR SEKARANG 
Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
20190210_081324
Booster Signal Handphone, Penguat Sinyal HP di Area Miskin Sinyal 》 BELI SEKARANG
Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.