Istiqomah Dalam Menjemput Rezeki

Yuk bagikan infonya...

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Menatap, menjadikan kita hamba-hamba-Nya yang istiqomah di jalan-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, saat ini negeri kita mungkin sedang dilanda kegalauan karena harga-harga banyak yang naik, lapangan pekerjaan banyak yang tutup, ekonomi sedang sulit. Dalam kondisi seperti demikian, sepatutnya jangan membuat kita lupa pada Alloh Yang Maha Pemberi Rezeki.

Alloh Swt. berfirman, Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Alloh-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (QS. Huud [11] : 6)

Alloh adalah pemilik rezeki. Alloh pula yang mencukupi rezeki seluruh makhluk-Nya. Dalam keadaan lapang, Alloh yang memberi rezeki, dalam keadaan sempit pun demikian. Alloh Swt. berfirman, “Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; Sesungguhnya Dia Maha mengetahui lagi Maha melihat akan hamba-hamba-Nya.” (QS. Al Isro [17] : 30)

Alloh Swt. menciptakan kita sudah lengkap dengan rezekinya. Jadi ada istilah ‘menjemput rezeki’, bukan ‘mencari rezeki’, karena rezeki itu sudah pasti ada. Hanya saja, jika kemudian ada masalah dengan rezeki kita, kemungkinan besar adalah karena ada masalah pada cara kita menjemput rezeki kita. Bisa jadi mungkin kita kurang berhati-hati dalam memilah antara yang halal dan yang haram, atau karena sebab lainnya.

Mari kita tafakuri ikan paus yang tubuhnya angat besar dan bobotnya pun puluhan ton. Padahal makanannya hanya ikan-ikan kecil. Bagaimana rezekinya bisa terpenuhi? Alloh mendesain sedemikian rupa agar plankton-plankton itu ada di sekitar paus karena sumber makanannya adalah unsur-unsur kecil yang dihasilkan paus. Plankton-planton ini disukai ikan-ikan kecil, dan demikian kemudian rantai makanan berputar. Maasyaa Alloh.

Ikan paus yang derajatnya tidak lebih mulia dari manusia saja sedemikian rupa terjamin rezekinya, maka apalagi kita manusia yang disempurnakan dengan akal. Oleh karena itu, jangan takut tidak mendapat rezeki, tapi takutlah jika tidak bisa bersyukur kepada Alloh atas rezeki yang kita terima selama ini. Jangan takut tidak kebagian rezeki, tapi takutlah jika tidak bisa menjemput rezeki dengan cara yang Alloh ridhoi.

Kondisi ekonomi yang sedang baik atapun kurang baik, semua terjadi dalam kekuasaan Alloh Swt. Tidak ada satupun kejadian di alam semesta ini yang di luar kekuasaan-Nya. Dalam kondisi seperti apapun, semoga kita tetap bisa istiqomah di jalan-Nya dalam ikhtiar kita menjemput rezeki-Nya. Hanya Alloh sebaik-baiknya pemberi rezeki, hanya Alloh sebaik-baiknya penolong. Hasbunallohu wa ni’mal wakiil, ni’mal maulaa wa ni’man nashiir.

 Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber: smstauhiid.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

INFINIX HOT 40PRO NFC RAM 12GB MEMORI 256GB
Hello. Add your message here.