Tips Mengatasi Anak Yang Minder Dan Pemalu

anakpemalu

Sebagai orang tua pastilah anda akan merasa gemes saat melihat anak begitu pemalunya di depan banyak orang. Anak yang pemalu cenderung memiliki rasa malu yang berlebihan saat dia berada di tengah-tengah banyak orang sehingga yang ada justru dia akan banyak diam, tidak nyaman, dan tidak mau bergaul dengan orang lain.

Hal ini jika terus dibiarkan akan menimbulkan rasa minder pada anak, terutama saat dia dewasa. Dan inilah yang harus anda waspadai karena jika sifat-sifat tersebut ada pada anak sampai dia dewasa maka akan menghambat pergaulannya.

Bukan hanya mengalami hambatan dalam pergaulan saja, tapi anak yang minder dan pemalu akan menghambat dia sendiri untuk mengembangkan prestasinya karena anak yang seperti ini akan cenderung pendiam ketika berada di sekolah sehingga kemungkinan akan tertinggal pelajaran cukup besar.

Begitu pentingnya menumbuhkkan rasa percaya diri pada anak, maka sebagai orang tua anda sudah seharusnya berhati-hati dengan sifat pemalu dan minder ini. ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan rasa minder dan pemalu pada anak. cara ini termasuk cara yang mudah untuk dilakukan.

Inilah tips untuk mengatasi rasa minder dan pemalu pada anak:

1. Menyampaikan kelebihan-kelebihan yang dimiliki si anak

Ini adalah salah satu cara yang sangat baik untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan menghilangkan rasa minder dan pemalu. Yang harus anda lakukan adalah mengamati setiap potensi dan bakat yang dimiliki oleh si anak secara obyektif. Sampaikan apa adanya tentang kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Dengan begitu anak akan merasa sama dengan anak-anak yang lainnya.

Tapi anda harus ingat bahwa perlu menanamkan rasa rendah hati dan tidak sombong. Jangan sampai kelebihan-kelebihan yang anda ceritakan kepadanya justru membuat anak menjadi sseorang yang sombong. Untuk itu, sampaikan dengan bahasa yang sebaik mungkin agar anak tidak salah paham.

2. Tumbuhkan rasa percara diri pada anak

Ini adalah cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa minder dan pemalu pada anak. anda dapat menanamkan bahwa sebenarnya posisi manusia itu sama, tidak ada yang lebih baik dan tidak ada yang lebih buruk. hanya yang membedakan adalah amal baiknya dihadapan Tuhan. Dengan begitu anak akan terdorong untuk berbuat baik kepada siapapun.

3. Latih anak untuk melakukan sosialisaasi

Tips yang berikutnya untuk mengatasi anak minder dan pemalu adalah dengan mengajaknya untuk bersosialisasi. Sebagai tahap awal ajaklah anak untuk bermain dengan teman-teman yang sudah dia kenal. Ini penting karena biasanya anak akan mudah untuk berbaur dengan orang yang sudah dia ketahui. Setelah itu sudah berhasil maka anda bisa secara pelan-pelan mengajaknya untuk bermain dengan teman yang baru.

4. Hindari pemberian cap buruk padanya

Semindeer apapun sifat anak anda atau sepemalu apapun sifatnya, tapi jangan sekali-kali anda memberikannya cap buruk. cap buruk akan membuat si anak menjadi bertambah minder dan pemalu. Anak akan tersugesti oleh cap-cap buruk yang sudah dia terima sehingga jika ini sudah menjadi sugestinya maka akan susah untuk dihilangkan. Untuk itu yang paling bagus untuk anda lakukan adalah dengan memberikannya pengertian dan contoh yang baik.

5. Berikan pujian

Tips yang selanjutnya untuk mengatasi anak yang minder dan pemalu adalah dengan memberikannya pujian. Hargai setiap usaha yang dilakukan oleh anak dengan cara memujinya. Dengan begitu dia akan semakin percaya diri untuk melakukan sesuatu yang lebih baik lagi.

Memang untuk mengatasi anak yang minder dan pemalu tidak mudah. Tapi sebagai orang tua anda harus berusaha karena ini demi untuk kepentingannya.

Itulah pembahasan tentang tips mengatasi anak yang minder dan pemalu. Semoga pembahasan di atas bermanfaat.

Sumber : Sayangianak.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi

10 thoughts on “Tips Mengatasi Anak Yang Minder Dan Pemalu

  1. Nice post. I was checking constantly this blog and I’m impressed! Extremely useful information specifically the last part 🙂 I care for such information much. I was looking for this certain information for a long time. Thank you and best of luck.

  2. This is really interesting, You are a very skilled blogger. I’ve joined your feed and look forward to seeking more of your excellent post. Also, I have shared your website in my social networks!

  3. I think this is among the most vital information for me. And i am glad reading your article. But wanna remark on few general things, The site style is perfect, the articles is really great : D. Good job, cheers

  4. Its like you read my mind! You seem to know so much about this, like you wrote the book in it or something. I think that you can do with a few pics to drive the message home a little bit, but other than that, this is magnificent blog. A great read. I’ll certainly be back.

  5. Simply wish to say your article is as surprising. The clearness in your post is just nice and i can assume you are an expert on this subject. Well with your permission let me to grab your feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please carry on the rewarding work.

  6. After exploring a few of the articles on your blog, I honestly like your technique of writing a blog. I book-marked it to my bookmark site list and will be checking back soon. Please check out my website as well and let me know your opinion.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

14 Sekolah Kedinasan Gratis Lulus Langsung Jadi CPNS
Hello. Add your message here.