3 Ide Bisnis Bernilai Milyaran dalam Jagat Online Business

bisnis-3-ide

Kini mungkin telah menjadi klise untuk mengatakan bahwa masa depan bisnis online di tanah air menjanjikan pendaran rupiah yang melimpah ruah. Toh kenyataan-nya memang demikian. Baru saja Google memutuskan untuk secara resmi membuka kantor perwakilan di Indonesia, setelah riset internal mereka yang sangat mendalam menyimpulkan : dalam bisnis online, pasar Indonesia adalah “sesuatu banget”.

Tentu saja akan lebih mak nyus kalau saja kita juga punya kesempatan untuk berselancar dalam gelombang bisnis online itu. Kali ini, saya akan berbagi kepada Anda tiga ide bisnis online yang amat menjanjikan. Tiga ide bisnis ini sebenarnya “terlalu berharga” untuk dibagikan begitu saja, dan mestinya hanya layak dibincangkan dengan para investor serius. Tiga ide bisnis ini bernilai milyaran sebab menjanjikan potensi profit yang begitu nancep.

Tanpa basa-basi, mari kita bedah tiga ide bisnis online itu satu persatu.

Dibalik ingar bingar jagat bisnis online tanah air lima tahun belakangan, sebenarnya tak banyak muncul website bisnis baru yang benar-benar nendang. Detik.com dan semua pesaingnya ya isinya gitu-gitu saja (ndak banyak berubah sejak 15 tahun lalu!!). Tokobagus.com dan Berniaga.com, yang kini suka iklan di TV itu, yah ternyata cuma forum jual beli.

Ditengah lansekap bisnis online semacam itu, maka tiga ide bisnis online berikut ini amat layak untuk dipertimbangkan.

Ide Bisnis Online # 1 PanduanKonsumenLengkap.Com. Ide ini sejatinya bersifat simpel (oh ya, dan ide simpel biasanya jauh lebih fenomenal. Kalau ndak percaya, lihatlah Google). Bayangkan, suatu saat Anda mau beli handphone baru, dan bingung mau milih merek dan tipe apa. Atau bayangkan Anda ingin tahu mana tarif operator telpon yang paling murah dan paling bagus. Atau bayangkan, Anda bingung menentukan sekolah dasar paling oke untuk anak Anda.

Oke, biasanya Anda akan googling, dan seperti biasanya, hasilnya terlalu beragam dan tersebar dimana-mana (dan sering isinya ndak memuaskan). Sampai hari ini, memang tidak ada satupun website yang dengan amat lengkap dan detil menyodorkan jawaban atas semua pilihan diatas dengan rapi, dan hanya dengan sekali – dua kali klik. Juga yang didesain dengan amat cantik.

Ide bisnis yang pertama ini memang membayangkan sesuatu yang indah : sebuah web yang dengan detil dan lengkap (serta dengan navigasi yang amat friendly) menampilkan komparasi, fitur, kekuatan dan kelemahan hampir semua kategori produk konsumen yang acap dicari : mulai dari produk gadget hingga asuransi, mulai dari produk kartu kredit hingga sepeda motor. Semua disertai dengan gambar, demo video (jadi Anda bisa tahu secara real bagaimana perbandingan fitur iPhone dan BB), serta link ke produk yang dituju.

Sekedar info : di Inggris, gagasan diatas sudah diwujudkan oleh dua anak muda. And you know what? Tiap bulan mereka mendapatkan profit 5 milyar rupiah per bulan dari pendapatan iklan.

Ide Bisnis Online # 2 : KursusManajemenOnline.com. Gagasan bisnis online ini jelas : bagaimana menyediakan kursus atau pelatihan-pelatihan manajemen (seperti leadership skills, problem solving skills, presentation skills, dll) secara online. Modul-modulnya di-komunikasi-kan via learning portal, dilengkapi dengan real time tutorial yang interaktif, serta video online proses pengajaran yang atraktif.

Sampai hari ini belum ada web online learning seperti itu. Pasarnya sangat prospektif, apalagi jika bisa membangun aliansi dengan perusahan-perusahaan yang kantornya jauh dari kota besar.

Biaya kursus online cukup Rp 250 ribu per bulan (jauh lebih murah dibanding ikut seminar yang kini biayanya Rp 1 juta per hari). Melihat potensinya, target jumlah peserta sebulan bisa mencapai 2000 orang. Dengan itu, Anda bisa mendapatkan pemasukan 500 juta per bulan dengan mulus. Berminat?

Ide Bisnis # 2 : InfoMobilLengkap.Com. Oke, oke saya tahu, di tanah air, web tentang mobil jumlahnya sudah ratusan. Problemnya : semua website yang ada itu isinya abal-abal, tidak lengkap, menyebalkan dan amatiran.

Web-web itu isinya produk-produk baru mobil mewah dengan gambar yang entah diambil dari mana. Namun bukan itu yang dicari oleh konsumen web di tanah air. Yang mereka cari misalnya : info dan panduan lengkap tentang beragam merk mobil baik baru ataupun bekas. Juga komparasi (kelebihan dan kekurangan) dari berbagai merk mobil yang ada; sehingga jika Anda mau beli mobil bekas yang masih keren, Anda bisa tau kenapa Honda Jazz keluaran 2008 masih lebih bagus dibanding Yaris keluaran tahun 2009.

Again, disini gagasannya simple (namun ajaib, sampai hari ini tidak ada satupun web yang menyediakannya) yakni : bagaimana semua informasi yang lengkap dan detil, semua info dari A dan Z (tentang harga mobil bekas yang setiap minggu di-update, tentang video test drive mobil baru dan juga mobil bekas; juga video tentang cara memasang ban cadangan – banyak pemilik mobil yang ndak tau cara masang ban cadangan) disajikan secara rapi dan mudah di-cari.

Kalau semua isi diatas disajikan dengan lengkap dan konsisten, dalam waktu tiga tahun web itu akan menjadi terdepan dalam informasi mobil di Indonesia. Dan saat itu, Anda bisa menjual website itu seharga Rp 60 milyar (jangan kaget, situs rumah123.com yang isinya begitu-begitu saja dijual dengan harga segitu).

Dengan uang 60 milyar, Anda bisa segera pensiun dan mengajak tetangga sekampung umroh gratis. Dan pulangnya mampir ke Hongkong. Ah, lagi-lagi Hong Kong…..:)

Itulah 3 ide bisnis online yang layak di-eksekusi. Dengan dukungan tim yang kompeten dan kapabel, saya yakin tiga ide bisnis itu bisa benar-benar mendatangkan profit yang mak nyus.

Oleh : Yodhia Antariksa

Baca juga :

Mayoritas Orang Sukses Melakukan 7 Hal Ini Sebelum Usia 30

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL Dll
Hello. Add your message here.