Pondok Pesantren Al Umanaa Sukabumi

Yuk bagikan infonya...

santri-mengaji4

Yayasan Al Umanaa adalah yayasan yang bergerak dalam bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan. Yayasan ini beralamat di Jl. Pelabuhan II KM 10 Pasirmalang Rt 001 Rw 14 Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Yayasan Al Umanaa diprakarsai oleh beberapa orang yang mempunyai kesamaan cita-cita, yaitu ingin mencerdaskan, mensejahterakan, dan mendidik generasi penerus agar kelak mampu mengemban amanah Allah SWT sebagai khalifah-Nya di muka bumi. Yayasan ini berpedoman kepada Diin al-Islam yang bersumber kepada Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya, bukan organisasi kekuatan sosial politik, dan bukan pula bagian dari salah satu organisasi kekuatan politik manapun juga. Yayasan Al Umanaa merupakan organisasi non profit.

Dalam bidang sosial, Yayasan  Al Umanaa memprogramkan1) Dalam jangka pendek mendirikan lembaga pendidikan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), SD, SMP, SMA, dan sederajat. 2) Dalam jangka panjang mendirikan Perguruan Tinggi. 3) Mendirikan dan menyelenggarakan kursus-kursus keterampilan sebagai upaya untuk memberdayakan generasi muda. 4) Memberikan beasiswa pendidikan kepada peserta didik yang berprestasi dan tidak mampu secara ekonomi. 5) Dalam jangka panjang mendirikan Poliklinik (Rumah Sehat) untuk memenuhi hajat masyarakat, terutama kaum dhuafa.

Dalam bidang  kemanusiaan, Yayasan Al Umanaa memberikan perhatian dan kepedulian untuk merespon masalah-masalah yang dihadapi masyarakat “bawah” atau “marginal” (terpinggirkan) melalui kegiatan dan fasilitas yang tersedia sebagai pengejawantahan tanggung jawab, dengan motto “dari oleh dan untuk ummat” dengan jiwa “ta-awun” (tolong menolong) dan “tawazun” (gotong royong). Yayasan Al Umanaa dapat bertindak selaku fasilitator dan mediator untuk menjembatani sekaligus mempersempit jurang masyarakat “the haves” dengan masyarakat “the haves not”.

Dalam bidang keagamaan memprogramkan: 1) Mendirikan masjid sebagai pusat kegiatan ummat yang juga berfungsi untuk mengelola infaq, zakat, shodaqoh, dan lain sebagainya. 2) Mendirikan pesantren yang bertujuan untuk menanamkan pemahaman ilmu dan penghayatan serta pengamalan ajaran Islam (tafaqquh fi al-din) sebagai upaya menciptakan lingkungan pergaulan masyarakat yang beriman, berilmu, terdidik, bertaqwa, berakhlaq karimah, damai dan sejahtera.

VISI

Menjadi lembaga (Yayasan) yang mandiri, unggul dalam akhlak dan prestasi serta mampu menciptakan kader pemimpin masa depan dan intelektual muslim yang berquran.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan boarding (pesantren) untuk menghasilkan lulusan yang berakidah kokoh kuat, mandiri dan bermanfaat bagi kemaslahatan ummat.
  • Menyelenggarakan pendidikan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), SD (sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA (sekolah menegah Atas) dan Perguruan Tinggi sebagai upaya menghasilkan lulusan yang cerdas, sehat dan berakhlak mulia.
  • Mendirikan poliklinik untuk   meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang kesehatan bagi  masyarakat yang membutuhkan.
  • Mendirikan kursus-kursus keterampilan untuk menghasilkan lulusan yang terampil, berwawasan luas dan berakhlak mulia.
  • Ikut serta dan peduli terhadap keseimbangan ekosistem dan lingkungan hidup yang asri.  

TUJUAN

  • Turut serta menunjang pembangunan Indonesia bidang pendidikan sumber daya manusia yang tangguh dan berkualitas.
  • Menghasilkan sumber daya manusia calon pemimpin masa depan yang berakidah Islamiyah, bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak al-karimah, sehat, cerdas, amanah, berwawasan luas, terampil, kreatif, berjiwa besar dan bercita-cita tinggi, serta bertanggungjawab terhadap agama, bangsa dan negaranya.

Alamat

Desa Kebon Manggu, Jl. Pelabuhan 2 KM. 10, Pasirmalang, Gunungguruh, Sukabumi, Jawa Barat 43157 Telepon (0266) 6325409

Sumber : http://www.alumanaa.com/


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BUKU TES TNI POLRI AKMIL AKPOL 2024
Hello. Add your message here.