Mutiara Hadits : Beberapa Hukum-hukum Kurban

Yuk bagikan infonya...

islamic-background19

Dari Anas RA, ia berkata “Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah berkurban dengan dua domba putih yang bertanduk yang beliau sembelih dengan tangannya sendiri, seraya mengucapkan basmalah dan bertakbir. Beliau meletakkan kakinya disamping leher domba.” (Shahih Bukhari, no. 5565 dan Shahih Muslim, no. 17-1966).

Beberapa faedah hadits ini adalah :

1. Al Amlah ialah warna putih yang murni. Dari ulama Bahasa mengatakan : putih yang tidak ada kehitamannya. Ada juga yang mengatakan selain dari itu.

2. Wajib bagi orang yang menyembelih hewan mengucapkan nama Allah dan memmperindah sembelihannya seraya bertakbir setelah menyebut nama Allah yaitu : Allahu Akbar.

3. Syarat dari kurban yang dilakukan ialah dari hewan ternakan seperti : unta, sapi, dan kambing, kambing disini mencakup jenis domba dan kambing. Begitu juga hewan harus selamat dari cacat dan hal-hal yang dilarang untuk berkurban seperti buta yang sangat jelas butanya, sakit yang sangat jelas sakitnya, pincang yang sangat jelas pincangnya, dan sangat kurus yang tidak memiliki sumsum tulang belakang.

Perawi hadits :

Abu Hamzah Anas bin Malik Al-Anshari, pembantu Rasulullah SAW , lahir di Madinah sepuluh tahun sebelum tahun hijrah, masuk Islam ketika masih kecil, kemudian menemani Nabi SAW dan melayaninya selama beberapa tahun sampai Rasulullah SAW wafat. Kemudian pergi ke Damaskus, lalu ke Bashrah. Banyak meriwayatkan hadits, musnadnya mencapai 2286 hadits. Ia meninggal di Bashrah pada tahun 93 H. pada usia 100 tahun lebih.

Oleh : Muhammad Murtaza bin Aish


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Wakaf Buku IQRO Gratis Untuk Indonesia
Hello. Add your message here.