Mutiara Hadits : Hati-hati Dari Sifat Munafik

islamic-art-6

Dari Imran bin Husain semoga Allah meridhainya, dia berkata: “Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda: “Sesungguhnya yang paling aku takutkan atas kalian adalah orang munafiq yang pandai bersilat lidah” HR. Ath-Thabarani dalam kitabnya al-kabiir, dan Bazzar dan para perawinya perawi Shahih, dan diriwayatkan oleh Ahmad dari jalan Umar bin al Khathaab.

Keterangan :

Orang munafiq yang terpelajar adalah penyakit bagi agama dan lingkungan, karena dengan kepandaian ilmu dan kepiawaiannya dia akan mampu merubah dan merancukan kebenaran dan membalik kenyataan.

Sedangkan di dalam al-Qura’an Allah telah menjelaskan dan membeberkan sifst-sifat orang munafiq, sehingga tak ada lagi penghalang dalam hal ini, Allah berfirman:

“Dan apabila kamu melihat mereka, tubuh-tubuh mereka menjadikan kamu kagum. dan jika mereka berkata kamu mendengarkan Perkataan mereka. mereka adalah seakan-akan kayu yang tersandar,mereka mengira bahwa tiap-tiap teriakan yang keras ditujukan kepada mereka. mereka Itulah musuh (yang sebenarnya) Maka waspadalah terhadap mereka; semoga Allah membinasakan mereka. Bagaimanakah mereka sampai dipalingkan (dari kebenaran)?”. (QS al-Munaafiquun: 4).

Serta ayat sebelum dan sesudahnya, demikian juga dalam awal-awal surat al-Baqarah, mulai dari firmanNya:

“Di antara manusia ada yang mengatakan: “Kami beriman kepada Allah dan hari kemudian”, padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman. Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, Padahal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar. Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya, dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta. Dan bila dikatakan kepada mereka: “Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi”. mereka menjawab: “Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan.” (QS al-Baqarah: 8-11).

Dan juga firmanNya dalam surat at-Taubah 73, dan ayat yang lainnya. Maka bagi siapa saja yang memperhatikan ayat-ayat di atas, akan jelas baginya bahwa kebanyakan orang yang mengaku Islam, yang menyeru pada perbaikan atas nama politik dan budaya. Maka kemulian hanya bagi orang yang berbicara kebenaran diatas ilmu dan petunjuk.

Oleh : Muhammad bin Ali Al Jamaah

Baca juga :  

About Auther:

Info Biografi

Jadwal & Harga Paket Umroh Tahun 2020
Hello. Add your message here.