Mutiara Hadits : Islam Agama yang Mudah

Yuk bagikan infonya...

islamic-art-60

Dari Abdullah bin Mas’ud RA berkata : Rasulullah SAW bersabda : “Surga lebih dekat kepada salah seorang dari kalian daripada tali sandalnya, neraka juga seperti itu.” (Shahih Bukhari no.6488).

Beberapa faedah hadits ini adalah :

1. Yang dimaksud Tali sandal ialah perjalanan kaki, yaitu jarak yang dekat sekali ditempuh oleh manusia, yaitu perumpamaan kedekatannya.

2. Islam merupakan agama yang mudah dan ringan. Akidahnya mudah yang tidak ada di dalamnya hal yang samar-samar atau ketidak jelasan, ritual ibadahnya ringan, tidak ada kesulitan dan tidak banyak tetek bengeknya, akhlaknya mulia, tidak ada penyelisihan dengan fitrah manusia dan tidak pula keluar dari koredor akal sehat dan kebiasaan yang baik.

3. Hadits ini menjelaskan bahwa menggapai surga itu mudah dengan diiringi niat yang benar dan keta’atan. Begitu juga neraka, memasukinya mudah juga, dengan mengikuti hawa nafsu dan perbuatan maksiat. Justru demikian tidak boleh meremehkan sesuatu yang kecil dari kebaikan yang ia peroleh dan tidak boleh meremehkan keburukan yang kecil, akan tetapi hendaklah ia menghindarinya. Sesungguhnya ia tidak tahu sesuatu kebaikan yang dapat membuat Allah mencintainya dan tidak tahu suatu keburukan yang Allah murka dengannya.

Perawi hadits :

Abdullah bin Mas’ud RA adalah salah seorang ahli ilmu dikalangan sahabat yang terkenal. Ia dikenal dengan bacaan Al-Qur’annya dari para sahabat yang lain. Musnadnya mencapai 848 hadits. Telah berperang bersama Rasulullah SAW dalam semua peperangan. Kemudian ikut berperang dalam perang Yarmuk di Syam sepeninggal Rasulullah SAW.

Umar RA mengutusnya ke Kufah untuk mengajarkan Ilmu agama. Dan Utsman bin affan RA menjadikannya Amir Kufah, lalu memerintahkannya untuk kembali ke Madinah. Ia meninggal di Madinah tahun 32 H. pada usia 60 tahun lebih, dan dimakamkan di baqi’.

Oleh : Muhammad Murtaza bin Aish


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Wakaf Buku IQRO Gratis Untuk Indonesia
Hello. Add your message here.