Mutiara Hadits : Adab Makan

Yuk bagikan infonya...

puasa

Dari Abdullah bin Abbas RA sesungguhnya Nabi SAW pernah bersabda :

Sesungguhnya keberkahan itu turun di tengah makanan, maka makanlah kalian dari pinggir dan janganlah kalian makan dari tengahnya”

(Jami’ Tirmidzi, no. 1805, lafaz darinya, sunan Abu Daud, no. 3772, sunan Ibnu Majah, no. 3277, yang mana Imam Tirmidzi berkata tentang hadits ini bahwa ia hasan shahih dan dishahihkan oleh Albani)

Beberapa faedah hadits ini adalah :

  1. Hadits ini menjelaskan bahwa hendaknya seorang muslim makan suatu makanan yang lebih dekat darinya tanpa menjulurkan tangannya kepada yang lebih dekat dari orang lain dan dari tengah makanan, kecuali jika makanan tersebut bermacam-macam jenis dan salah satu jenisnya terletak ditengah dan ia ingin megambil sedikit darinya maka tidak mengapa jika dalam kondisi seperti itu.
  2. Yang dimaksud keberkahan di hadits ini ialah kelebihan yang diberikan oleh Allah SWT, dan dari tanda atau bekas keberkahan ialah berupa kesehatan, kebahagiaan, kebugaran serta qona’ah, keamanan, ketentraman, tidak adanya rasa takut dan gundah. Dan bekas atau tanda dari sedikitnya keberkahan ialah rasa tamak, egoisitas, rakus, dengki , iri, keadaan yang serba kekurangan alias fakir, sedih , gundah dan tanpa ketenangan dan ketentraman.

Perawi hadits

Abdullah bin Abbas RA adalah sahabat yang terkenal. Panggilannya adalah Abu Abbas, seorang alim dikalangan para sahabat, tinta umat dan imam ahli tafsir, ia adalah anak paman Rasulullah SAW, dilahirkan tiga tahun sebelum hijrah di lembah (Lembah diantara dua gunung tempat Bani Hasyim tinggal selama diboikot oleh kaum kafir Mekah) sebelum Bani Hasyim keluar darinya. Kemudian selalau menyertai Nabi SAW dan mengambil ilmu yang sangat banyak darinya. Musnadnya mencapai 1660 hadits, dan usianya 13 tahun ketika Rasulullah SAW wafat.

Ali bin Abi Thalib RA menjadikannya Amir Bashrah, dan ia meninggal di Thaif pada tahun 68 H. pada usia 70 tahun, dalam riwayat lain 71 tahun, dan dalam riwayat lain 74 tahun.

Oleh : Muhammad Murtaza bin Aish

Baca juga : 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Kinaya Residence Andara 900 Meter Dari Pintu Tol
Hello. Add your message here.