Raihlah Simpati Orang Lain

Ilustrasi/Google
Ilustrasi/Google

Kemampuan seorang hamba untuk meraih simpati, cinta, dan empati orang lain adalah satu dari sekian cara untuk mendapatkan kebahagiaan.

Nabi Ibrahim berkata, (Dan, jadikan aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian) (QS. Asy-Syu’ara: 84)

Menurut para ahli tafsir, kata lisana shidqin dalam ayat di atas berarti pujian yang baik. Allah juga berfirman berkaitan dengan Nabi Musa,

(Dan, Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku) (QS. Thaha : 39)

Para ahli tafsir menafsirkan mahabbah dalam ayat di atas sebagai pengasihan, sehingga bisa dikatakan dengan lain perkataan: Bila ada orang lain melihatmu, maka ia pasti suka kepadamu.

Dalam sebuah Hadits Sahih disebutkan: “Kalian adalah saksi-saksi yang ada di atas bumi”, sedangkan lidah manusia itu adalah pena kebenaran.

Dalam sebuah riwayat sahih yang lain juga disebutkan: “Sesungguhnya Jibril menyeru penghuni langit, ‘Sesungguhnya Allah mencintai Fulan, maka cintailah ia’. Maka seluruh penghuni langit pun mencintainya. Dan, ia pun ditakdirkan untuk diterima di muka bumi.”

Penampilan yang selalu ceria, tutur kata yang lembut, dan akhlak yang baik akan menumbuhkan simpati orang lain. Sikap yang lembut adalah faktor kuat untuk menarik simpati orang lain. Atas dasar itulah Rasulullah pernah bersabda,

“Tidaklah kelemahlembutan itu ada pada sesuatu, kecuali ia akan menghiasinya. Dan tidaklah kelemahlembutan itu dicabut, kecuali akan menjadi cela.”

Rasulullah juga bersabda,

“Barangsiapa tidak diberi kelemahlembutan, maka dia telah terhalang dari semua kebaikan.”

Seorang bijak bestari mengatakan, “Kelemahlembutan itu mampu menarik ular keluar dari liangnya.”

Orang-orang Barat mengatakan, “Ambillah madunya, tapi jangan merusak sarangnya.”

Dalam sebuah Hadits Sahih disebutkan: “Seorang mukmin itu ibarat seekor lebah, yang makan dari makanan yang baik, menghasilkan yang baik, dan jika hinggap di atas sebuah dahan maka dia tidak merusaknya.”

Oleh : Dr. ‘Aidh al-Qarni

100 Artikel Motivasi Islam Penyejuk Hati 

Yuk bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL Dll
Hello. Add your message here.