Pernah Susah, Miliarder Ini Bagikan 5 Nasihat Keuangan yang Bisa Ditiru

Mark Cuban / sports.yahoo.com
Mark Cuban / sports.yahoo.com

Mark Cuban merupakan miliarder asal Amerika Serikat. Saat umur 20-an sebelum menjadi miliarder ia berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Ia pernah mengalami pulang ke rumah saat listrik diputus, kartu kredit dipotong, dan melakukan sejumlah pekerjaan sambilan untuk tetap bertahan hidup. Namun melalui masa sulitnya, Mark belajar sedikit tentang uang.

Setelah Cuban menjual perusahaan yang telah ia rintis, MicroSolutions seharga USD 6 juta pada tahun 1990, ia akhirnya merasa aman secara finansial.

Berikut 5 nasihat keuangan yang ingin Mark Cuban bagikan:

1. Usahakan untuk Tak Menumpuk Utang Kartu Kredit

Jika Anda akan menggunakan kartu kredit maka bayar seluruh salod tepat waktu. Cuban mempelajari ini dengan susah payah di usia 20-an ketika bunga atas uang yang ia pinjam di kartu kredit dengan cepat menumpuknya.

“Melunasi kartu kredit setelah 30 hari, atau tidak menggunakan kartu kredit adalah investasi paling cerdas yang dapat Anda lakukan atau tidak lakukan,” kata Mark Cuban.

2. Jangan Beli Barang yang Tak Sesuai Kemampuan Keuangan

Hindari pengeluaran berlebih dan pengeluaran untuk hal-hal yang tidak dapat Anda jalani. Cuban mempelajari ide ‘hiduplah seperti pelajar’ dari sebuah buku yang ia baca, dimana buku itu mendorong pembaca untuk hidup di bawah kemampuan mereka.

“Keseluruhan premis dari buku ini adalah jika Anda dapat menabung hingga USD1 juta dan hidup seperti seorang pelajar, Anda dapat pension,” kata Cuban tentang buku tersebut.

3. Menabung Cukup untuk Pengeluaran Satu Tahun, Kemudian Berinvestasi

Sebelum adanya pandemi, biasanya Cuban merekomendasikan menabung cukup uang untuk menutupi biaya enam bulan. Namun saat adanya wabah pandemi ia merekomendasikan menabung cukup untuk menutupi pengeluaran selama setahun.

“Setelah Anda dapat menabung untuk pengeluaran selama satu tahun, maka dapat mulai berinvestasi dan memasukkannya ke dalam sesuatu yang dapat dihargai, seperti reksa dana atau yang sejenis lainnya,” kata Cuban.

4. Belajar Bernegosiasi

Cuban berkata bahwa menggunakan uang tunai bisa menjadi alat negosiasi yang ampuh. Bernegosiasi dengan uang tunai adalah cara yang jauh lebih baik untuk mendapatkan laba atas investasi Anda.

5. Membeli dalam Jumlah Besar

“Manfaatkan penawaran di mana Anda dapat membeli dalam jumlah besar,” kata Mark Cuban.

Jika Anda dapat menghemat 20-40 persen maka di sanalah investasi terbaik yang dapat Anda lakukan. “Lebih mudah untuk menjadi ‘pembelanja yang pintar’ dari pada berinvestasi di pasar saham,” katanya.

Tasya Stevany / Liputan6

Yuk bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL Dll
Hello. Add your message here.