Membaca Yasin untuk Orang Mati

Abdul Somad / Google
Ustadz Abdul Somad / Google

Ustadz Abdul Somad dalam buku Ustadz Abdul Somad Menjawab menjelaskan dalil tentang membaca Yasin untuk orang mati.

Ustadz, ada yang mengatakan kalau bacaan surat Yasin akan sampai kepada orang mati yang dibacakan. Apa ada dalilnya?

Ya, sampai. Dalilnya adalah kisah Rasulullah saw. yang menancapkan pelepah daun kurma kepada muslim yang sudah meninggal untuk meringankan siksa kuburnya. Kalau pelepah kurma saja sampai, tentunya bacaan surat Yasin dari orang yang beriman juga sampai.

“Dari lbnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melewati dua buah kuburan. Lalu Beliau bersabda, “Sungguh keduanya sedang disiksa. Mereka disiksa bukan karena perkara besar (dalam pandangan keduanya). Salah satu dari dua orang ini, (semasa hidupnya) tidak menjaga diri dari kencing. Sedangkan yang satunya Iagi, dia keliling menebar namiimah.” Kemudian Beliau mengambil pelepah basah. Beliau belah menjadi dua, lalu Beliau tancapkan di atas masing-masing kuburan satu potong. Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, mengapa Rasul melakukan ini?” Beliau menjawab, “Semoga mereka diringankan siksaannya, selama keduanya belum kering.” (HR. Bukhari)

Abdullah bin Umar, sebelum meninggal beliau berpesan agar dibacakan surat al-Baqarah ayat 1-5 dan ayat 284-286, dibacakan di atas makam, ini memperkuat dalil di atas.

Dalam madzhab Syafi’i dikatakan bahwa untuk orang yang sudah meninggal, bacakan untuknya satu al-Qur’an penuh, yakni 30 juz. Kalau tidak sanggup, bacakan jantung al-Qur’an yaitu surat Yasin. Kalau tidak sanggup, bacakan ummul Qur’an yaitu al-Fatihah.

Yuk bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL Dll
Hello. Add your message here.