Formasi CPNS untuk Lulusan SMA/SMK di 8 Instansi Pemerintah

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi Penjaga Tahanan / indonesia.go.id

Buku Tes Sekolah Kedinasan TNI POLRI BUMN CPNS Tahun 2024 

Pendaftaran CPNS 2024 sebentar lagi dibuka dan diperkirakan dibuka pada bulan Mei 2024. Pendaftaran CPNS ini juga diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK.

Seleksi CPNS 2024 rencananya akan digelar selama tiga periode dalam setahun. Seleksi periode pertama rencananya akan dilakukan pada pekan ke-3 Maret 2024 untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan sekolah kedinasan.

Lalu, seleksi kedua dibuka pada Juli 2024 yang ditujukan untuk formasi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sementara seleksi gelombang ketiga rencananya akan dibuka pada akhir Agustus yang ditujukan bagi formasi CPNS dan PPPK.

Sementara bagi lulusan SMA, SMK sederajat, tentunya jadwal pendaftaran CASN 2024 perlu kamu cek berkala agar tak terlewati tanggalnya.

Namun sembari menunggu jadwal CASN 2024 secara resmi, ketahuilah ada sejumlah kementerian dan instansi juga membuka formasi bagi lulusan SMA/SMK sederajat.

Berdasarkan rekrutmen atau seleksi CASN tahun 2023 dari laman SSCASN, ada banyak kementerian yang menerima lulusan SMA atau SMK. Mana saja itu? Berikut ini daftar kementerian dan instansi yang membuka formasi untuk lulusan SMA/SMK pada penerimaan CASN 2023 maupun pada tahun sebelumnya:

Berikut adalah 8 instansi terdiri kementerian atau badan yang buka formasi lulusan SMA/SMK.

1. Kejaksaan Agung 

Berdasarkan informasi yang diunggah akun Instagram @biropegkejaksaan, pada seleksi tahun 2023 Kejaksaan RI membuka sebanyak 7.846 formasi CPNS. Formasi yang dibuka untuk lulusan SMA, SMK adalah Petugas Barang Bukti dan Penjaga Tahanan.

2. Badan Intelijen Negara

Berdasarkan CPNS pada tahun sebelumnya, Badan Intelijen Negara juga membuka sejumlah formasi untuk lulusan SMA/SMK sederajat, seperti pengadministrasian rekam medis dan informasi serta pramu laboratorium.

BELI DI SINI

3. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional 

BKKBN pada seleksi CPNS 2033 juga membuka kuota bagi lulusan SMA, SMK untuk posisi Pemula – Petugas Lapangan Keluarga Berencana di beberapa regional.

4. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Instansi ini tahun 2023 memiliki kuota CPNS sebanyak 1.015 formasi. Tahun sebelumnya, lulusan SMA,SMK bisa mengisi jabatan penjaga tahanan. Jadi untuk tahun 2024 bisa saja dibuka formasi yang sama.

5. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Pada CASN 2023, dibutuhkan lulusan SMA sederajat untuk mengisi posisi Pengamat Gunung Api di beberapa daerah. Ada enam posisi yang dibuka saat itu.

6. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian ini juga membuka banyak posisi untuk lulusan SMA dan SMK pada tahun 2023. Mengisi jabatan Pemula – Penata Laksana Jalan dan Jembatan, ada 34 posisi yang dibuka untuk lulusan SMA peminatan IPA.

7. Kementerian Komunikasi dan Informatika 

Kominfo membuka sekitar 103 posisi bagi lulusan SMA untuk mengisi jabatan Pemula – Asisten Teknisi Siaran pada tahun lalu.

8. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Ada 101 jabatan pada banyak unit kerja kementerian ini yang membutuhkan 2.334 lulusan SMA sederajat pada tahun 2023. Posisi yang diisi ialah jabatan Pemula – Manggala Agni.

BUKU PETUNJUK PENDAFTARAN CPNS

Informasi terbaru pendaftaran CPNS 2024 kunjungi https://sscasn.bkn.go.id/

Sumber : Kompas


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

PEMBIAYAAN SYARIAH JAMINAN BPKB MOBIL
Hello. Add your message here.