As Sami’, Alloh Yang Maha Mendengar

allah13

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Beruntunglah orang yang dalam keadaan apapun, berdiri, duduk, berbaring, senantiasa menghadirkan Allah di dalam hatinya sehingga lisan dan perbuatannya senantiasa terpelihara. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “..tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat.” (QS. Asy Syuro [42] : 11)

Salah satu dari asma Alloh adalah As Sami’, Alloh Yang Maha Mendengar. Sesungguhnya Alloh tidak hanya Maha Mendengar setiap kata-kata yang kita ucapkan, namun juga Maha Mendengar niat yang ada di balik setiap ucapan kita.

Rosulullah Saw. mengingatkan kita, “Barangsiapa yang beriman kepada Alloh dan Hari Akhir, maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Kemampuan kita menjaga lisan adalah salah satu jalan yang akan mengantarkan kita pada keselamatan. Banyak hal buruk terjadi di dunia ini hanya disebabkan ketidakmampuan mengendalikan lisan.

Sebenarnya, semakin banyak kita bicara, akan semakin besar pula kemungkinan kita untuk tergelincir dengan kata-kata. Dan makin banyak tergelincir kata-kata, makin banyak pula dosa. Makin banyak dosa, akan makin sengsara. Semoga kita tidak termasuk yang demikian. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memahami dan meyakini As Sami’, Alloh Yang Maha Mendengar.

Keyakinan bahwa Alloh Maha Mendengar akan membuat kita memelihara lisan kita dari perkataan yang buruk dan sia-sia. Inilah yang akan membuat kita punya rem yang kuat dalam menjaga lisan kita. Ketika kita keasyikan membicarakan keburukan orang lain atau sedang asyik berbicara hal-hal yang kotor, maka kita bisa menahan diri dengan kuat agar tidak melanjutkannya dan menyusulnya dengan beristighfar.

Kita bisa melihat bagaimana KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) menggunakan alat canggih untuk menyadap percakapan para koruptor sehingga dokumentasi percakapan mereka menjadi bukti yang tak terbantahkan di hadapan hakim. Nah, alat-alat semacam ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan pengetahuan Alloh Yang Maha Mendengar. Alloh mendengar segalanya, bahkan suara yang paling halus sekalipun, hingga bisikan hati manusia, Alloh mendengarnya.

Oleh karena itu, orang yang beriman kepada Alloh, akan benar-benar mengendalikan lisannya. Karena ia sadar bahwa setiap yang ia ucapkan didengar oleh Alloh dan akan dipertanggungjawabkan kelak di hadapan-Nya. Sehingga ia benar-benar menjauhkan lisannya dari ucapan yang buruk dan sia-sia. Ia berjuang sekuat tenaga untuk berbicara hanya hal-hal yang mengandung kebenaran dan kebaikan, karena ini yang akan membuatnya selamat di dunia dan akhirat.

Semoga kita termasuk hamba-hamba Alloh Swt. yang terampil mengendalikan lisan dan meyakini dengan sungguh-sungguh Alloh Maha Mendengar. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Oleh : KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber : smstauhid.com

Baca juga :

Ema Suhra, Wisudawan Termuda UNM 2017/2018 (unm.com)
Perencanaan Dana Kuliah Anak, 150 Ribu per Bulan... SELENGKAPNYA   
 
Snow
Mau Main Salju? Ayo ke Trans Snow World Juanda Bekasi 》 BELI TIKET
Branz
BRANZ Mega Kuningan Apartment Jakarta Selatan, Hanya 1.8 Milyar, Pesan Sekarang!
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia
Yuk Gabung PropertyPRO! Dapatkan Komisi Jutaan Rupiah dari Penjualan Properti Terbaik di Indonesia 
caldera-rafting

Rafting Seru Discount 10%  

New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
New Honda Civic 2019 Rp507 Juta, Pesan Sekarang! 085773713808
Emas Batangan
Warisan 1 Milyar > SELENGKAPNYA 
Bisnis Tanpa Modal! Jual Tiket DUFAN, Komisi 10 Ribu per Tiket... SELENGKAPNYA
Mau ke Dufan Ancol? Beli Tiket Online di Sini! 》BELI SEKARANG 
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
Mau Bikin PT (Perseroan Terbatas)? Hanya 10 Juta Saja, Hubungi Kami Sekarang!
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja
#UmrohYuk Hanya 20 Juta Saja 》 DAFTAR SEKARANG 
Toyota C-HR
Promo Toyota Termurah Seluruh Indonesia dari Auto2000, Dealer Resmi Toyota
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
KPR Syariah Tanpa Riba, Sampai 25 Milyar, Ajukan Sekarang!
20190210_081324
Booster Signal Handphone, Penguat Sinyal HP di Area Miskin Sinyal 》 BELI SEKARANG

4 thoughts on “As Sami’, Alloh Yang Maha Mendengar

  1. Attractive portion of content. I simply stumbled upon your site and in accession capital to say that I acquire in fact enjoyed account your weblog posts. Anyway I’ll be subscribing on your augment or even I success you get right of entry to consistently fast.

  2. It is perfect time to make a few plans for the longer term and it is time to be happy. I have learn this submit and if I may just I want to recommend you few attention-grabbing issues or tips. Maybe you could write next articles relating to this article. I want to learn even more things approximately it!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Kartu Kredit Syariah DAFTAR SEKARANG
Hello. Add your message here.