10 Cara Ayah Bekerja Agar Dekat Dengan Anak

ayah-sibuk

Pada prinsipnya bagi pria menjadi seorang ayah adalah kebanggaan yang sangat luar biasa, moment tersebut sangat dinanti-nanti oleh para pria yang istrinya sedang mengandung pertama kali. Ada rasa bahagia, haru, dan juga rasa grogi.

Rasa bahagia sekaligus harus terbut disebabkan karena para pria mau tidak mau harus menghadapi rutinitas yang tidak biasa atau baru. Seperti misalnya: terbangun pada malam hari, mengganti popok, dan mengawasi pertumbuhan si kecil.

Kita tahu seorang lelaki juga memiliki tugas yang tidak kalah beratnya dengan seorang ibu yakni menjamin kelangsungan kehidupan anak dan istri, artinya ayah harus mencari nafkah di luar rumah. Hal itu tentu menyebabkan ayah akan sibuk dengan aktifitasnya sehingga perhatiannya terhadap anak akan berkurang. Tentu kondisi tersebut mengakibatkan si kecil merasa tidak dekat dengan sang ayah.

Nah, tetapi anda jangan khawatir, sebenarnya ayah pun bisa dekat dengan anak meski dia sibuk sekali pun. Asalkan tahu caranya dan bisa memilih waktu yang tepat. Dalam artikel ini akan dibahas oleh penulis mengenai kedekatan ayah dengan anak meski ayah sibuk bekerja.

CARA AYAH MENDEKATI ANAK MESKI SIBUK

Memang tidak mudah bagi seorang ayah untuk tetap merasa dekat terhadap anak, karena adanya aktifitas sehari-hari yang lebih banyak berada di luar mencari nafkah. Berbeda dengan seorang ibu yang memang kesehariannya lebih banyak bersamanya, mulai dari pagi sampai malam lagi.

Maka tak heran jika para anak lebih cenderung dekat dengan ibunya ketimbang ayahnya. Sedangkan kita tahu anak akan bertemu dengan ayahnya ketika pagi sebelum ayah berangkat kerja, dan ketika ayah pulang dari kerja. Terkadang ketika ayah pulang si kecil sudah tidur lelap.

Namun sebenarnya jika ayah memiliki tekat dan niat maka tetap bisa mendekati anaknya selayaknya ibu, yakni dengan memilih waktu dan moment yang tepat untuk bersama si kecil. Mungkin bagi ayah yang ingin sekali bisa dekat dengan anak disela-sela kesibukannya, maka bisa ikuti panduan berikut ini.

CARA MENDEKATI ANAK SUPAYA DEKAT DENGAN AYAH

Jika ayah ingin dekat kepada si kecil tentu harus dilatih sejak anak masih bayi, karena dengan demikian naluri si anak akan dapat menyatu selayaknya dengan ibunya. Ayah bisa melakukan kegiatan-kegiatan berikut ini setelah bekerja. Mungkin melelahkan, tetapi harus anda lakukan supaya anak bisa dekat dengan anda.

1. BIASAKAN UNTUK MENGGANTI POPOK KETIKA SI KECIL PUP ATAU NGOMPOL

Tentu hal tersebut merupakan kegiatan yang paling dasar yang harus dimiliki oleh para ayah. Ayah harus tahu bagaimana cara mengganti popok dan kapan harus dilakukan. Terutama perhatikan pada saat bayi merasa tidak nyaman dan sering rewel.

2. MEMBERI MAKAN PADA BAYI

Mungkin bisa jadi tugas yang satu ini adalah tugas yang sangat menakutkan bagi seorang ayah. Ketika memberi makan si kecil, memerlukan kesabaran dan juga toleransi yang banyak pada si kecil. Tentu ayah bisa menggantikan tugas istri untuk menyuapi si kecil dengan mengajaknya bermain atau membacakan dongeng atau cerita sambil dia makan.

3. MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI

Ayah perlu melatih rasa toleransi terhadap anak, seperti misalnya ketika dia rewel dan ingin digendong oleh anda karena pada prinsipnya dia hanya mencari perhatian untuk mendapatkan kasih sayang dari anda.

4. BIASAKANLAH UNTUK MENGAJAK SI KECIL BERMAIN

Perlu ayah tahu bahwa bermain dengan anak dapat membantu membangun sebuah ikatan batin antara ayah dengan anak. Jika anak anda masih berusia di bawah lima tahun maka mainan sederhana yang bisa dimainkan, seperti misalnya peek-a-boo. Namun jika si kecil berusia di atas empat tahun maka anda bisa mengajaknya bermain dengan permainan yang menantang.

5. IKUT SERTA DALAM MERAWAT ANAK

Tentu tidak hanya mengganti popok saja, melainkan merawat anak seperti memandikan si kecil. Dengan begitu si kecil pun akan merasa dekat dengan anda sebagai ayahnya.

6. BERIKANLAH SARAN DAN AJAKLAH DIA BERBICARA

Sebagai figur seorang ayah, maka anda pun wajib untuk memberi pengertian atau pemahaman yang berupa saran dan penjelasan terhadap anak pada saat dia menghadapi suatu masalah. Tetapi, ketika si kecil belum bisa berbicara maka berikanlah perkataan yang mudah dimengerti olehnya.

7. SELALU MENJADI PANUTAN

Anak-anak akan mencerminkan sikap dari orang tuanya, oleh karena itulah berikan contoh yang baik kepada anak-anak sejak dini, terutama ketika dia mulai beranjak besar, selalu perhatikan tingkah laku dan gaya bicara anda. Sebab jika tidak maka anak akan menirukan dan mengambil contoh yang kurang baik.

8. BERIKANLAH DUKUNGAN KEPADA ANAK

Setiap pilihan anak selagi tidak menyimpang sebaiknya anda dukung. Jangan memaksakan kehendak anda sementara anak tidak merasa nyaman. Sebaiknya anda memberikan keleluasaan kepada anak untuk menentukan pilihannya selagi baik dan tidak melanggar norma atau aturan yang berlaku.

9. AJAKLAH BERLIBUR

Ketika anda sedang libur bekerja, maka tidak ada salahnya untuk mengajaknya berlibur bersama keluarga. Ajaklah ia bermain ke suatu tempat yang membuatnya senang dan bahagia.

10. SELALU PANTAU KONDISI ANAK

Ini hal yang sangat penting harus dilakukan oleh para ayah, yakni memantau anak-anaknya ketika beraktifitas di luar. Ketika mengetahui si anak kurang tepat dalam berbuat, maka nasehatilah dengan bijaksana, berikanlah pengertian dan pemahaman yang bisa diterima oleh si anak dengan tanpa emosional.

Itulah tadi ulasan mengenai kedekatan antara ayah dan anak. Semoga artikel di atas dapat menjadi inspirasi baik bagi para orang tua.

Sumber : Sayangianak.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

About Auther:

Info Biografi

20 thoughts on “10 Cara Ayah Bekerja Agar Dekat Dengan Anak

  1. Wonderful beat ! I wish to apprentice while you amend your site, how could i subscribe for a blog website? The account aided me a acceptable deal. I had been tiny bit acquainted of this your broadcast provided bright clear concept

  2. I’ve been surfing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It?s pretty worth enough for me. In my view, if all web owners and bloggers made good content as you did, the internet will be much more useful than ever before.

  3. Simply want to say your article is as astounding. The clearness in your post is simply excellent and i could assume you are an expert on this subject. Well with your permission allow me to grab your RSS feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please continue the gratifying work.

  4. Its like you read my mind! You appear to know a lot about this, like you wrote the book in it or something. I think that you can do with a few pics to drive the message home a little bit, but other than that, this is fantastic blog. A fantastic read. I will certainly be back.

  5. I am regularly excited by the amount of information readily available within this subject matter. What you presented seemed to be well researched and well penned in order in order to get your remain on this across to most subscribers.

  6. Hello, i think that i saw you visited my blog thus i came to ?return the favor?.I am attempting to find things to improve my site!I suppose its ok to use a few of your ideas!!

  7. Wonderful goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you are just extremely excellent. I really like what you’ve acquired here, really like what you’re stating and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still care for to keep it sensible. I cant wait to read far more from you. This is really a great website.

  8. I am extremely impressed with your writing skills as well as with the layout on your blog. Is this a paid theme or did you customize it yourself? Anyway keep up the nice quality writing, it?s rare to see a nice blog like this one these days..

  9. Many thanks because a person have been willing to help have information with all of us. we will usually enjoy all you have accomplished below because I understand you are extremely troubled with our

  10. Heya i am for the first time here. I found this board and I find It truly useful & it helped me out much. I hope to give something back and aid others like you aided me.

  11. I like the valuable information you provide in your articles. I?ll bookmark your weblog and check again here regularly. I am quite certain I will learn many new stuff right here! Best of luck for the next!

  12. Pretty good post. I just came across your blog site and wanted to declare I actually have really liked reading your blog blogposts. In any manner I’ll be subscribing to your supply in addition to I hope you post again soon. Big wanted useful information.

  13. Hello there, just became aware of your blog through Google, and found that it is really informative. I am going to watch out for brussels. I will be grateful if you continue this in future. Lots of people will be benefited from your writing. Cheers!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

14 Sekolah Kedinasan Gratis Lulus Langsung Jadi CPNS
Hello. Add your message here.