Al Haasib, Alloh Yang Maha Menghitung

Yuk bagikan infonya...

allah13

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Menatap, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang istiqomah di jalan-Nya dan kelak menjadi penghuni surga. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Salah satu asma Alloh Swt. adalah Al Haasib, Alloh Yang Maha Menghitung. Alloh Swt. sangat cermat penghitungan-Nya. Alloh ciptakan bumi dan semua bintang-bintang dengan penghitungan yang cermat sehingga semua beredar teratur tanpa meleset sedikitpun. Alloh juga sangat cermat penghitungannya sehingga seluruh makhluk di alam semesta ini mendapatkan segala yang dibutuhkannya. Oksigen tercukupi, tempat hidup tercukupi. Alhamdulillah.

Demikian juga Alloh sangat cermat penghitungan-Nya dalam menghitung amal-amal kita, tidak ada yang terlewat sedikitpun sekecil apapun. Alloh Swt. berfirman, “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS. Al Zalzalah [99] : 7-8)

Di akhirat kelak akan ada sebuah pengadilan, ada timbangan yang sangat adil dan presisi yang akan menimbang seluruh amal perbuatan kita selama hidup di dunia, amal baik maupun alam buruk.

Suatu ketika di sebuah toko swalayan, sebuah kamera CCTV tersembunyi merekam sebuah peristiwa pencurian. Ketika pencuri itu ditangkap, dia berkelit tidak mengakuinya. Namun, oleh petugas keamanan ia dibawa ke sebuah ruangan tempat komputer berada, kemudian diperlihatkan kepada rekaman perbuatannya, sehingga dia tidak bisa mengelak dan dia pun mengakuinya.

Hidup kita pun demikian. Setiap perkataan, perbuatan bahkan niat kita ini terekam dan akan diperlihatkan kepada kita kelak di pengadilan Alloh Swt. Mungkin orang lain tidak tahu keburukan kita, tapi Alloh Maha Mengetahui. Mungkin juga orang lain tidak tahu pada amal kebaikan yang kita lakukan diam-diam, namun Alloh Maha Mengetahui dan pasti akan memberikan ganjarannya.

Alloh Maha Menghitung. Alloh telah siapkan malaikat pencatat amal perbuatan kita. Dan, kelak di akhirat Alloh akan berikan kesempatan pada tangan dan kaki kita untuk bersaksi tentang apa saja yang telah ia lakukan dan kemana saja ia telah berjalan. Semua akan berkata jujur, tak ada satupun yang dirahasiakan. Dan, setiap perbuatan itu akan mendapatkan balasannya dengan sangat adil.

Alloh Swt. berfirman, “Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Alloh amat cepat hisabnya.” (QS. Al Mu’min [40] : 17)

Sesungguhnya Alloh sangat cermat penghitungan-Nya, adil dan bijaksana. Tidak ada hamba-Nya yang akan terzholimi sebagaimana banyak terjadi di dunia manusia yang terzholimi karena penghitungan yang tidak adil yang dilakukan oleh sesama manusia.

Semoga kita tergolong hamba-hamba Alloh yang husnul khotimah, mendapatkan hasil penghitungan yang selamat. Dan, semoga Alloh Swt. menyelamatkan kita dari kehidupan yang sengsara di akhirat kelak. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Oleh : KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber : smstauhid.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…

Baca juga :


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BUKU TES TNI POLRI AKMIL AKPOL 2024
Hello. Add your message here.