Tobat Mendatangkan Keberuntungan

Yuk bagikan infonya...

islamic-art-51-2

Tiada seorang pun di dunia ini yang luput dari dosa dan kesalahan. Bahkan jika kita mau mengakuinya, setiap hari, siang dan malam selalu ada dosa dan kesalahan yang kita lakukan. Baik itu yang sengaja maupun tidak sengaja. Sebesar apa pun dosa kita, bahkan syirik sekali pun akan diampuni oleh Allah, jika kita mau bertobat kepada-Nya.

Sebaik-baik orang bukanlah mereka yang merasa tidak memiliki kesalahan, tetapi mereka yang mau mengakui kesalahannya kemudian bertobat kepada Allah dan memohon ampun kepada-Nya. Kembali tunduk kepada Allah dari bermaksiat kepada-Nya kepada ketaatan kepada-Nya. Tobat adalah kewajiban seluruh kaum beriman. Karena Allah berfirman:

“Dan bertobatlah kalian semua wahai orang-orang yang beriman supaya kalian beruntung.” (an-Nur: 31).

Allah juga berfirman:

“Allah menginginkan untuk menerima tobat kalian, sedangkan orang-orang yang memperturutkan hawa nafsunya ingin agar kalian menyimpang dengan sejauh-jauhnya.” (an-Nisa: 27).

Allah juga berfirman:

”Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri-diri mereka, janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni semua dosa, sesungguhnya Dialah Zat Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Maka kembalilah kepada Tuhanmu dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datangnya azab kemudian kalian tidak dapat lagi mendapatkan pertolongan.” (az-Zumar: 53-54)

Baca juga : Sholawat Nariyah dan Keutamaannya 

Selain tobat adalah kewajiban atas semua orang yang beriman, ada banyak hikmah dan keutamaan yang dapat kita raih darinya, diantaranya adalah:

1. Tobat adalah sebab untuk meraih kecintaan Allah 

Jika Allah mencintai hamba-Nya dengan amal yang dilakukannya, tentunya hal ini akan membuat hidup kita nyaman dalam segalanya. Sebagaimana cinta dari manusia. Ia dapat memberikan energi positif dalam aktivitas yang dilakukannya. Padahal kemampuan manusia sangatlah terbatas, jika cinta itu bersumber dari Zat yang Mahasegala tentu pengaruhnya akan lebih dahsyat lagi. Allah berfirman,

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertobat dan mencintai orang-orang yang suka membersihkan diri.” (al-Baqarah: 222)

Baca juga : 250 Artikel Aa Gym Pilihan Penyejuk Hati   

2. Tobat merupakan sebab keberuntungan

Semua orang yang bertobat pasti akan menjadi orang beruntung, tidak harus menunggu hingga di akhirat nanti, tapi di dunia pun banyak orang yang beruntung karena tobatnya. Tidak sedikit yang dahulu pecandu narkoba hidupnya lebih baik setelah bertobat. Sebab Allah berfirman:

“Dan bertobatlah kepada Allah, wahai semua orang yang beriman, supaya kalian beruntung.” (an-Nur: 31)

3. Tobat menjadi sebab diterimanya amal-amal hamba dan turunnya ampunan atas kesalahan-kesalahannya

Allah berfirman,

”Dialah Allah yang menerima tobat dari hamba-hambaNya dan Maha mengampuni berbagai kesalahan.” (asy Syura’: 25)

4. Tobat merupakan sebab masuk surga dan keselamatan dari siksa neraka

Allah berfirman,

”Maka sesudah mereka (nabi-nabi) datanglah suatu generasi yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsu, niscaya mereka itu akan dilemparkan ke dalam kebinasaan. Kecuali orang-orang yang bertobat di antara mereka, dan beriman serta beramal saleh maka mereka itulah orang-orang yang akan masuk ke dalam surga dan mereka tidaklah dianiaya barang sedikit pun.” (Maryam: 59-60)

Baca juga : 100 Artikel Motivasi Islam Penyejuk Hati 

5. Tobat adalah sebab mendapatkan ampunan dan rahmat

Allah berfirman,

“Dan orang-orang yang mengerjakan dosa-dosa kemudian bertobat sesudahnya dan beriman maka sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Maha Pengampun dan Penyayang.” (al-A’raf: 153)

6. Tobat merupakan sebab berbagai kejelekan diganti dengan berbagai kebaikan

Allah berfirman,

“Dan Barangsiapa yang melakukan dosa-dosa itu niscaya dia akan menemui pembalasannya. Akan dilipatgandakan siksa mereka pada hari Kiamat dan mereka akan kekal di dalamnya dalam keadaan terhina. Kecuali orang-orang yang bertobat dan beriman serta beramal saleh, maka mereka itulah orang-orang yang digantikan oleh Allah keburukan-keburukan mereka menjadi berbagai kebaikani Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (al-Furqan: 68-70)

Baca juga : 100 Artikel Keislaman tentang Adab, Aqidah, Bisnis, Jihad, Pidana, Nikah, Hukum, Waris, dll   

7. Tobat merupakan sebab turunnya barakah dari atas langit serta bertambahnya kekuatan

Allah berfirman,

”Wahai kaumku, minta ampunlah kepada Tuhan kalian kemudian bertobatlah kepada-Nya niscaya akan dikirimkan kepada kalian awan dengan membawa air hujan yang lebat dan akan diberikan kekuatan tambahan kepada kalian, dan janganlah kalian berpaling menjadi orang yang berbuat dosa.” (Hud: 52)

Itulah beberapa keuntungan orang yang mau bertobat dan meminta ampun kepada Allah. Maka tidak mengherankan jika Rasulullah, manusia terbaik, pun selalu bertobat kepada Allah dan memohon ampunan-Nyai Semoga kita juga termasuk orang-orang yang gemar bertobat kepada-Nya.

Oleh : Nur Sillaturohmah

Ayo bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 MOBIL TERLARIS 2024 BELI DI SINI
Hello. Add your message here.