40 Cara Menjadi Orang Tua yang Bijaksana (bagian 2)

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi / tribunnews.com
Ilustrasi / tribunnews.com

Terlalu banyak hal yang bisa dipelajari dan diterapkan dari ilmu-ilmu parenting dan praktek pengasuhan yang benar-benar berhasil. Semuanya perlu anda ketahui agar tetap bisa mengambil keputusan dan tindakan yang tepat dalam langkah-langkah pengasuhan dalam keluarga Anda. Berikut lebih banyak tips yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan kemampuan Anda sebagai orang tua. Karena keputusan tepat adalah buah kebijaksanaan.

1. KATAKAN TIDAK PADA LEMBUR

Tahanlah diri Anda untuk mengambil kewajiban tambahan di kantor atau sekolah anak Anda. Anda tidak akan pernah menyesal menghabiskan lebih banyak waktu dengan mereka.

2. JANGAN MEMBIARKAN SIKAP YANG TIDAK SOPAN DARI ANAK ANDA

Jangan pernah membiarkan dia menjadi kasar atau mengatakan hal-hal menyakitkan kepada Anda atau orang lain. Katakan padanya dengan tegas bahwa Anda tidak akan mentoleransi setiap bentuk ketidak hormatan.

3. SAMPAIKAN RENCANA ANDA.

Mobilisasi pengasuh lainnya dalam kehidupan anak Anda – pasangan Anda, kakek-nenek, pekerja tempat penitipan anak, pengasuh – untuk membantu memperkuat nilai-nilai dan perilaku yang Anda ingin tanamkan. Ini mencakup segala sesuatu dari mengucapkan terima kasih hingga bersikap baik untuk tidak merengek.

4. BERTANYALAH SETIAP HARI

Seni percakapan merupakan keterampilan sosial yang penting, tetapi orang tua sering mengabaikan untuk mengajarkannya. Biasakan untuk bertanya kepada anak-anak seperti, “Apakah kamu bersenang-senang di sekolah?” atau “Kemana kamu ingin pergi besok sore?”

5. AJARKAN ANAK-ANAK KEBERANIAN

Katakan kepada mereka untuk selalu memperhatikan mata seseorang. Membuat kontak mata akan membantu anak ragu-ragu tampil lebih percaya diri dan akan membantu setiap anak untuk menjadi lebih tegas.

6. AKUI EMOSI ANAK ANDA

Ketika tangisan anak Anda selesai, tanyakan perasaannya dan apa yang membuatnya lebih baik. Kemudian dengarkan dia. Dia akan pulih lebih mudah jika Anda membiarkan dia membicarakannya.

7. JANGAN MEMANJAKANNYA

Ingat baik-baik: Setiap anak itu spesial, tapi tidak ada satu pun yang jadi pusat alam semesta. Ajari mereka sesuai dengan usia, hak, dan kewajibannya.

8. BICARAKAN TENTANG APA ARTINYA MENJADI ORANG BAIK

Mulailah sejak dini untuk membacakan cerita sebelum tidur, misalnya, tanyakan kepada anak Anda karakter mana yang biasa saja atau sangat bagus karakternya. Lalu, eksplorasi pilihannya.

9. JELASKAN KEPADA ANAK-ANAK ANDA MENGAPA NILAI-NILAI ITU PENTING

Beri jawaban sederhana seperti, ketika kita berbuat baik, bersikap rendah hati, jujur, dan menghormati orang lain, kita membuat orang-orang di sekitar kita merasa lebih baik. Yang lebih penting, kita merasa baik tentang diri sendiri.

10. JANGAN TERLALU MENGKUATIRKAN MENU MAKANAN

Sajikan makanan yang sama lagi dan lagi. Jika anak Anda menolak hidangan baru, jangan menyerah. Anda mungkin harus menawarkan enam, delapan, atau bahkan 10 kali sebelum ia memakannya dan memutuskan kalau dia suka.

11. HINDARI BERDEBAT TENTANG MAKANAN

Seorang anak yang sehat secara naluriah tahu berapa banyak yang tubuhnya perlukan. Jika ia menolak untuk menghabiskan makanan di piringnya, terutama jika kita yang menyiapkan, coba biarkan. Dia tidak akan kelaparan.

12. MAKAN BERSAMA

Duduk di meja bersama-sama adalah cara yang santai bagi  semua orang untuk berkomunikasi. Saat itu adalah waktu yang tepat untuk berbagi berita bahagia, berbicara tentang hari yang dijalani, atau memberitahu lelucon konyol. Hal ini juga membantu anak-anak Anda mengembangkan kebiasaan makan yang sehat.

13. BIARKAN ANAK-ANAK ANDA MEMILIH MENU MAKANAN

Sekali seminggu, biarkan anak-anak Anda memilih apa yang akan dihidangkan untuk makan malam dan memasak bersama mereka.

14. KATAKAN CINTA

Jangan takut mengatakannya setiap kali Anda merasakannya. Anda tidak bisa memanjakan anak dengan terlalu banyak menunjukkan kasih sayang dan memberikan kecupan.

15. ANAKMU BUKAN MILIKMU

Anak-anak bukan milikmu, mereka hanya dipinjamkan kepada Anda untuk sementara waktu. Tahun-tahun yang penuh cerita ini akan berlalu. Lakukan yang terbaik untuk membantu mereka tumbuh menjadi orang yang baik.

16. MANFAATKAN MOMEN

Ya, menjadi orangtua adalah pekerjaan yang paling melelahkan di dunia. Ya, rumah Anda berantakan, cucian menumpuk, dan waktu terus berjalan. Tapi anak Anda hanya tertawa. Nikmati semua itu sekarang karena semuanya akan berlangsung sangat cepat.

17. AJARI BAYI BERKOMUNIKASI

Hanya karena seorang bayi tidak bisa bicara, bukan berarti tidak ada banyak yang dia ingin mengatakan. Tanda-tanda sederhana dapat membantu Anda mengetahui apa yang dia butuhkan dan bahkan bagaimana perasaannya sebelum dia memiliki kata-kata untuk memberitahu Anda. Mengetahui semua ini akan banyak mengurangi stres dan kondisi menuju tantrum.

18. LETAKAN TV (JIKA ADA)

di ruang keluarga. Penelitian telah berulang kali menunjukkan bahwa anak-anak dengan TV di kamar tidur akan membuat mereka menderita berat badan berlebih, kurang tidur, dan memiliki nilai akademik dan keterampilan sosial yang lebih rendah.

19. BUAT ANAK-ANAK BERGERAK

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa perkembangan otak pada anak-anak dapat dikaitkan dengan tingkat aktivitas mereka. Tengkurapkan bayi beberapa kali dalam sehari, biarkan anak Anda berjalan bukan naik di kereta dorong, dan ciptakan peluang bagi anak Anda yang lebih tua untuk berolahraga.

20. JAGALAH KESEHATAN ANAK ANDA

Pastikan mereka divaksinasi. Dorong anak Anda menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride untuk mencegah gigi berlubang. Waspadalah tentang keselamatan bayi di rumah. Dengarkan dokter. Letakkan bayi yang belum mengantuk di tempat tidur pada waktunya. Dan, kenali saat anak Anda perlu menggunakan toilet.

Sumber : sayangianak.com

Baca juga : 40 Cara Menjadi Krang Tua yang Bijaksana (bagian 1)


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PEMBIAYAAN SYARIAH JAMINAN BPKB MOBIL
Hello. Add your message here.