Bai’at Aqabah II

gurun-padang-pasir1

Disebutkan di dalam beberapa hadits bahwa mereka berjumlah 70 orang. Orang Arab pada umumnya suka menghilangkan bilangan tunggal di belakang bilangan puluhan.

Ka’ab bin Malik berkata, “Kami berkumpul di suatu jalan setapak guna menunggu kedatangan Rasulullah SAW, hingga beliau tiba di hadapan kami. Beliau bersama Al Abbas bin Abdul Muthallib yang ketika itu masih berpegang kepada agama kaumnya, akan tetapi dia suka sekali menghadiri urusan anak saudaranya dan sangat percaya kepadanya. Ketika kami duduk bersama, dialah yang membuka pembicaraan, yang disusul pembicaraan dari Rasulullah SAW. Setelah itu beliau membacakan Al Qur’ an, menyeru kepada Allah dan mengajak mereka cinta Islam.”

Abu Al Haitsam bin At Tayyihan berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya antara kami dan orang-orang terdapat tali-tali penghubung, dan akulah yang memutuskannya (yang dimaksud adalah kaum Yahudi). Apakah jika kami melakukan perihal seperti itu kemudian engkau dimenangkan oleh Allah, lalu engkau pulang kepada kaum engkau dan meninggalkan kami?”

Dikatakan, “Rasulullah SAW tersenyum, lalu bersabda, ‘Tetapi darah tetap darah, penghancuran tetap penghancuran. Aku adalah bagian dari kalian dan kalian adalah bagian dariku. Aku perangi siapa saja yang kalian perangi, dan aku akan berdamai dengan siapa saja yang kalian berdamai dengannya’.”

Nabi SAW kemudian bersabda, “Ajukan kepadaku 12 orang naqib ‘pemimpin kelompok’ dari kalian sebagai pengawas kelompoknya tentang apa yang terjadi di dalamnya.”

Mereka pun mengajukan 12 orang naqib, 9 orang dari kaum Khazraj dan 3 orang dari kaum Aus.

Oleh : Ahmad Al Khani

Baca juga : 

Kompilasi Sejarah Islam Sejak Awal Penciptaan

Download Kumpulan Soal Tes CPNS Tahun 2007-2017 Lengkap Dengan Kunci Jawaban dan Pembahasan

Lowongan Kerja Terbaru 43 Bank di Indonesia

5 Kunci untuk Menguak Rahasia SUKSES SEJATI dalam Kehidupan Anda

Best Articles : Career Life, Personal Development, Entrepreneurship And Business

Inilah 10 Besar Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Inilah 7 Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Terbaik di Indonesia

Kompilasi Tafsir Al Quran

Al Quran Menjawab

About Auther:

Info Biografi

Jadwal & Harga Paket Umroh Tahun 2020
Hello. Add your message here.