Mutiara Hadits : Keutamaan Duduk di Hadapan Para Ulama dan Orang yang Berilmu

islamic-art-16

Dari Ibnu Abbas semoga Allah meridhoi keduanya, dia berkata: ‘Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah di tanya; ‘Ya Rasulallah, siapakah teman duduk yang paling baik? Beliau menjawab: “Orang yang ketika kamu melihatnya membuatmu teringat Allah, dan apabila kamu mendengar perkataannya akan membuatmu bersemangat untuk menambah amal kebaikan, dan orang yang amalannya membuatmu mengingat akhirat”. HR. Abu Ya’la dan para perawinya semuanya shahih selain Mubarak bin Hasaan.

  • Amal para Ulama yang shaleh mengingatkan kalian dengan hari yang telah d janjikan Allah Azza wa jalla’, yang di maksud di sini yaitu: Bahwasannya teman duduk yang baik itu apabila ada orang yang melihat mereka, akan mengingat dirinya kepada Allah yang kemudian membuahkan ketaatan, dan semua itu tidak terjadi kecuali karena keshalihan dan keutamaan mereka. Dan apabila ada yang melihat amalan-amakan mereka dengan sikapnya yang seolah tidak butuh kepada dunia lagi, hal itu akan mengingatkan pada kampung akherat.
  • Hadits ini menunjukkan bahwa orang-orang yang ta’at kepada Allah secara ikhlas, mereka akan menyuruh manusia untuk berbuat baik dan melarang mereka dari kemungkaran, karena Allah telah memakaikan mereka pakaian kehormatan, ketenangan dan kewibawaan.

Oleh : Muhammad bin Ali Al Jamaah

About Auther:

Info Biografi

Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020
Hello. Add your message here.