Mutiara Hadits : Tanda-tanda Terjadinya Fitnah

islamic-painting2

Dari Abdullah bin Mas’ud semoga Allah meridhoinya, bahwa dia pernah berkata: “Apa yang akan kalian lakukan bila kalian dikelilingi oleh fitnah yang tumbuh subur, yang mengena pada anak kecil juga orang tua. Mereka mengambil sebuah metode yang jika suatu ketika ada yang merubahnya mereka langsung mengingkari dan mengatakan; ‘Ini adalah perbuatan mungkar’. Lalu ada orang bertanya kepada beliau; ‘Kapan itu terjadi? Beliau menjawab: “Yaitu apabila telah sedikit orang yang bersyukur, sangat banyak Qori’ (orang yang pandai membaca al-Qur’an), namun sangat sedikit para ulamanya, dan banyak para pemimpinnya, ilmu agama dipelajari bukan untuk menegakkan agama, dan amalan dunia dicari dengan amalan akhirat”.

HR. Abdurazzak dalam kitabnya secara mauquf.

Keterangan :

  • Fitnah yaitu segala sesuatu yang menyelisihi agama sehingga agama sangat menentang dan memeranginya
  • Yang dimaksud dengan sunnah yaitu sebuah cara atau jalan yang ditempuh seseorang yang berilmu kemudian orang-orang muslim mengikutinya akan tetapi sunnah yang satu ini menyelisihi syari’at yang mulia.
  • Mungkar adalah lawan kata dari kebaikan, dan yang dimaksud di sini adalah apabila Allah telah mewafatkan orang-orang yang mengingkari kemungkaran tersebut, maka akan ada orang yang berkata kepadanya; ‘Ini adalah sebuah kemungkaran’. Karena kecintaan mereka dan sudah sangat kecanduan terhadapnya, juga kebodohan yang ada pada mereka dari kebenaran.
  • Sangat banyak Qori maksudnya banyaknya para Qari yang membaca al Qur’an akan tetapi tidak di taddaburi dan tidak pula untuk di amalkan akan tetapi dia membacanya karena ingin mendapatkan yang lain dari tujuan dunia.
  • Sangat sedikit para ulamanya maksudanya yaitu orang yang mendalami ilmu agama lalu di amalkan.
  • Banyak para pemimpinnya yaitu banyaknya orang yang mengajak untuk berlomba-lomba menjadi pemimpin.
  • Ilmu agama dipelajari maksudnya mempelajari ilmu hanya bertujuan untuk mencari dunia ,kedudukan, dan kemewahan.
  • Arti perkataanya: ‘Mencari dunia dengan amalan akherat’, dan mana hal tersebut yang di sebutkan dalam hadits ini adalah suatu yang masih sangat aneh di masa para sahabat -semoga Allah meridhai mereka semua-, maka mereka begitu mendengar langsung menanyakannya: ‘Kapan terjadinya hal itu? Maka beliau mengabarkan dengan ilham dari Allah tentang tanda-tanda yang menunjukkan akan terjadinya semua hal yang aneh pada masa itu.
  • Dan betul hal itu telah terjadi pada saat ini yang mana sebuah hal yang baru dalam agama atau bid’ah di jadikan pegangan dalam sebuah amalan, sebagai ganti dari sunnah, bahkan yang lebih aneh mereka mengingkari orang yang ingin merubah bid’ah itu, hal itu karena adanya kelemahan dalam memegang amanah, dan banyaknya orang yang berlomba mengajak manusia meninggikan bangunan, dan sedikitnya orang yang faham tentang agama, banyaknya qori yang menyimpang, didukung pula banyak orang yang mencari dunia dan membanggakannya namun atas nama sedang mendalami agama, sebagaimana kenyataan yang ada pada saat sekarang ini, hanya kepada Allah kita berlindung, dan hanya kepadaNya kami mengadu, Allah lah Dzat yang mampu mencukupi kami dan sebaik-baik tempat bersandar.
  • Hadits ini menunjukkan bahwasanya ada kelemahan hati dalam beragama, dan sedikitnya orang yang mau berpegang teguh dengannya, serta banyaknya orang yang keluar dari agamanya, yaitu ketika terjadi fitnah tersebut pada masanya.

Oleh : Muhammad bin Ali Al Jamaah

About Auther:

Info Biografi

Pesantren Khusus Tahfidz Quran
Hello. Add your message here.