Penciptaan Jin dan Kisah Tentang Syetan

Ilustrasi | Myjewishlearning.com
Ilustrasi | Myjewishlearning.com

Rasulullah SAW bersabda, “Para malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan dari sesuatu yang telah dijelaskan kepada kalian semua. “(HR. Muslim dan Ahmad)

Banyak ulama tafsir berkata, “Jin diciptakan sebelum penciptaan Adam Alaihissalam. Penghuni bumi sebelum manusia adalah Hin dan Bin. Allah menjadikan jin menguasai mereka. Jin membunuh mereka lalu berdiam di bumi setelah peperangan yang telah terjadi.”

Adh-Dhahhak menyebutkan dari Ibnu Abbas, bahwa setelah jin membuat berbagai kerusakan di muka bumi dan menumpahkan darah, Allah mengutus Iblis kepada mereka, bersama para tentara dari langit. Mereka membunuh para jin dan mengusirnya dari bumi ke pulau-pulau di tengah laut.

Hasan Al Bashri berkata, “Iblis bukan dari malaikat sedikit pun. Akan tetapi dia adalah asal mula para jin, sebagaimana Adam asal mula manusia.”

Para jin diciptakan dari api. Mereka seperti bani Adam yang makan, minum, dan berketurunan. Di antara mereka ada yang mukmin dan ada pula yang kafir. Pendapat yang benar adalah, jin yang mukmin akan masuk surga.

Iblis sebelum bermaksiat kepada Allah, bernama Azazil dan julukannya Abu Kurdus.

Dari Jabir, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Sesungguhnya Iblis meletakkan singgasananya di atas air. Lalu menyebarkan para prajuritnya ke tengah-tengah manusia. Siapa yang posisinya paling dekat dengan manusia maka dialah yang besar fitnahnya.” (HR. Muslim dan Ahmad)

Oleh : Ahmad Al Khani

Baca juga : 

Kompilasi Sejarah Islam Sejak Awal Penciptaan

5 Kunci untuk Menguak Rahasia SUKSES SEJATI dalam Kehidupan Anda

Best Articles : Career Life, Personal Development, Entrepreneurship And Business

Inilah 10 Besar Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Inilah 7 Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Terbaik di Indonesia

Kompilasi Tafsir Al Quran

Al Quran Menjawab

About Auther:

Info Biografi

Beasiswa Sekolah Kedinasan IPDN STAN AKPOL Dll
Hello. Add your message here.