Mutiara Hadits : Adab Bermajelis

Yuk bagikan infonya...

islamic-art-54

Dari Abdullah bin Umar semoga Allah meridhai keduanya, dia berkata: “Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah salah seorang di antara kalian menyuruh orang lain bangun dari tempat duduknya lalu dia menempati tempatnya” HR. Bukhari dan Muslim

Keterangan :

Dalam sebuah majelis kadang terkumpul dalamnya anak-anak dan orang dewasa, orang yang berilmu dan orang yang bodoh, antara si kaya dan si miskin, pemimpin dan yang di pimpin. Maka dalam hal ini, hendaknya setiap pribadi mengetahui hak-haknya masing-masing, orang yang berilmu, pemimpin, dan orang tua, mereka semua memiliki hak untuk di hargai dan di hormati.

Adapun anak kecil, orang bodoh, mereka juga memiliki hak untuk di kasihi dan di sayangi dengan lemah lembut, maka bagi orang yang berilmu, pemimpin atau orang tua apabila mereka di dahului oleh orang yang berada di bawah mereka dalam sebuah majlis hendaknya mereka mengalah dan duduk di tempat yang ada, dalam rangka tawadhu’ karena Allah dan mencontoh Rasulallah, serta mengasihi orang yang dibawah mereka, dan bagi anak kecil dan orang bodoh hendaknya dia menghormati hak-hak ulama, pemimpin ,dan orang yang lebih tua darinya dan memberikan kepada mereka tempat duduk yang layak bagi mereka.

Dan untuk semua orang yang ada dimajelis agar melapangkan dan melebarkan untuk orang yang masuk belakangan apabila majelis dalam keadaan penuh, agar dadanya tenang karena mendapatkan bagiannya.

Dan bagi orang yang baru datang maka harus diperhatikan bahwa orang yang sudah duduk memiliki hak apabila dia mengetahuai kedatangannya agar dia memuliakannya dan memeluknya, dan apabila ada orang datang sedangkan dia duduk hendaknya dia berdiri dan memberikan tempat duduknya kepada orang yang baru datang.

Berkata Ibnu Abbas semoga Allah meridhai keduanya: “Teman duduk itu mempunyai tiga hak, yaitu saya akan memperhatikannya ketika ia datang, akan aku luaskan apabila dia duduk, dan akan saya perhatikan apabila dia berbicara”.

Dan ketika Sa’ad bin Mu’adz datang kepada Rasulallah Shalalahu ‘alaihi wa sallam dan di sisi beliau ada orang Yahudi, orang-orang muhajirin dan anshaar beliau berkata: “Berdirilah kalian kepada tuan kalian”

Sedangkan berdiri untuk mengagungkan orang yang baru datang maka itu adalah perkara yang di haramkan dan itu sama seperti perbuatannya orang yang bodoh dan lemah akal yang dilakukan kepada tokoh-tokoh mereka, apabiala mereka berdiri maka manusia pun berdiri dan apabila mereka duduk manusiapun duduk, dan orang akan bergerak apabila mereka bergerak, dan itu mereka lakukan puluhan kali dalam waktu itu, jika tokohnya sedang bertemu dengan para pembesar, biasanya mereka lakukan dalam sekolah-sekolah atau yang lainnya. Maka kami memohon kepada Allah keselamatan, taufiq dan hidayahnya.

Oleh : Muhammad bin Ali Al Jamaah

Baca juga :  


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Kinaya Residence Andara 900 Meter Dari Pintu Tol
Hello. Add your message here.