Mutiara Hadits : Anjuran Untuk Berusaha Dan Bekerja

Yuk bagikan infonya...

islamic-art1

Dari al-Miqdaam bin Ma’ad Yakrub semoga Allah meridhainya, bahwasannya Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Seseorang itu lebih baik memakan dari hasil usahanya sendiri, sesungguhnya dahulu Nabi Dawud ‘Alaihi sallam memakan dari hasil jerih payahnya” HR. Bukhari dan Muslim

Keterangan :

“Dari kerja tangannya” artinya yaitu dari usaha hasil tangannya sendiri.

Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits ini mengabarkan bahwa sebaik-baik makanan yang di dapat seseorang adalah hasil dari usaha tangannya sendiri dengan rizki yang halal, hal itu bisa dengan berdagang, produksi, bertani, membuka perusahaan, atau menjadi kuli. Dan semua itu merupakan perbuatan yang terpuji dan dianjurkan, karena dengan bekerja seseorang akan terjaga kemuliaan dan kehormatannya, seorang pekerja yang bertakwa dia akan di cintai oleh Allah dan juga manusia, adapun pengecut, yang suka menganggur, tidak sengan bekerja, malas, maka dia akan di benci oleh siapapun orangnya. Dan Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sungguh apabila seseorang itu menaruh di atas punggungnya seikat kayu bakar itu lebih baik dari pada dia meminta seseorang kemudian di beri atau di tolak”

Oleh : Muhammad bin Ali Al Jamaah

Baca juga :  


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Kinaya Residence Andara 900 Meter Dari Pintu Tol
Hello. Add your message here.