Mutiara Hadits : Haram Boros Dengan Air, Bersumpah Palsu, Ba’iat Untuk Pemimpin Untuk Tujuan Dunia

islamic-background20

Dari Abu Hurairah semoga Allah meridhainya, dia berkata: “Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ada tiga golongan yang tidak diajak bicara oleh Allah kelak pada hari kiamat, tidak memandang mereka, tidak mensucikan mereka, dan bagi mereka adzab yang pedih. Yaitu seseorang yang memiliki kelebihan air dikebunnya, namun ia mencegah musafir untuk ikut mengambilnya, dan seseorang yang menjual barang setelah ashar, lalu dia bersumpah akan mengambilkan barangnya dengan ini dan itu, kemudian pembeli percaya, sedangkan dia berdusta. Dan seseorang yang berjanji setia kepada pemimpinya untuk tujuan dunia, bila diuntungkan maka dia setia, jika tidak maka dia ingkar” HR. Bukhari dan Muslim

Keterangan :

  • Air yang lebih yaitu yang melebihi kebutuhan. Sedangkan makna falah adalah tanah yang terpisah dari bangunan.
  • Menjual sesuatu kepada seorang dengan saling tawar menawar dalam masalah harga namun dengan cara yang curang.
  • Membai’at seorang imam maksudnya yaitu berjanji setia kapadanya.
  • Memenuhi janji yaitu menyempurnakannya dengan jujur.
  • Ketiga kelompok tersebut akan mendapat kemurkaan Allah serta mendapat adzabNya, karena kejahatan yang mereka lakukan adalah kejahatan yang paling besar, musibah yang ada pada mereka adalah sebesar-besar musibah, dan semua itu terjadi karena kerakusan dan kecemasan akan dunia.
  • Dalam hadits ini menunjukkan akan haramnya menahan kelebihan air dari para musafir dan orang yang sangat membutuhkan, dan sangat di tegaskan dalam hadits ini atas haramnya sumpah palsu setelah shalat ashar, sebagaimana hal itu juga di haramkan pada setiap waktu. Hadits ini juga menjelaskan tentang haramnya menipu kaum muslimin, dan yang terakhir adalah menjelaskan atas haramnya berbai’at kepada seorang pemimpin dengan tujuan dunia.

Oleh : Muhammad bin Ali Al Jamaah

About Auther:

Info Biografi

Kunci Sukses Surat Al Fatihah Ayat 5 - Ustadz Adi Hidayat
Hello. Add your message here.