Mutiara Hadits : Perkara-perkara yang Dilarang dalam Islam

Yuk bagikan infonya...

islamic-background2

Dari Abu Huzaifah RA, ia pernah membeli seorang budak tukang bekam, lalu ia berkata: “Sesungguhnya Nabi SAW melarang hasil upah darah, hasil penjualan anjing dan hasil pelacuran, beliau juga melaknat pemakan riba dan yang memberi makan, orang yang mentato dan yang minta ditato serta melaknat penggambar.” (Shahih Bukhari No.5962)

Beberapa faedah hadits ini adalah :

  1. Setiap mulsim hendaknya selalu merasa diawasi oleh Allah SWT dalam keadaan tersembunyi maupun terang-terangan, selalu aktif dalam belajar ilmu-ilmu Islam dan menjauhkan larangannya, karena demikian itu merupakan tanda kebahagiaan di Dunia dan Akhirat kelak.
  2. Agama Islam berupaya untuk membuka peluang bagi manusia untuk mencari usaha yang halal berupa perdagangan mereka dan lainnya berupa perantara yang disyariatkan seperti bertani, pabrik dan melarang mencari nafkah melalui jalan yang diharamkan, seperti hasil dari harga darah, hasil penjualan anjing dan hasil pelacuran, beliau juga melaknat pemakan riba dan lainnya.
  3. Hadits ini mencakup dalil yang jelas tentang larangan membuat tato di badan dan menggambar yang bernyawa.

Perawi hadits

Abu Hudzaifah RA, ia sahabat yang terkenal yang namanya Wahab bin Abdullah As-Suwaiy Al-Kufi, dikatakan juga Wahab Al Khair, yang mana ia belum baligh ketika Nabi SAW wafat, ia meriwayatkan 45 hadits dari Rasulullah di dalam kitab-kitab Sunnah, ia juga tinggal di Kufah sampai ia wafat di sana pada tahun 74 H, ada yang mengatakan lain dari itu, Allahu A’lam.

Oleh : Muhammad Murtaza bin Aish

Baca juga : 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Wakaf Buku IQRO Gratis Untuk Indonesia
Hello. Add your message here.