Mutiara Hadits : Wanita Idaman

Yuk bagikan infonya...

pengantin-muslim5-copy

Diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah semoga Allah meridhainya, bahwa Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Wanita itu dinikahi karena empat perkara, karena kecantikannya, nasabnya, hartanya, dan karena agamanya, maka pilihlah yang baik agamanya, dengan itu kamu akan beruntung” HR. Bukhari dan Muslim

Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan di dalam hadits ini tentang kriteria seorang wanita yang mau di nikahi, karena setiap orang pasti memiliki kecondongan untuk memilih salah satu dari sifat tersebut.

Adapun yang di anjurkan untuk dinikahi adalah wanita yang memiliki agama, karena apabila dia berada di sisinya dia akan membuatnya senang dan apabiala dia tidak ada disisinya maka wanita itu akan menjaga harta dan kehormatannya, dan jika dia di beri sesuatu dia akan mensyukurinya, bila dia kurang pada suatu hal maka wanita itu akan memaafkananya, dan bila dia dalam kesempitan pada sebuah perkara maka wanita itu akan membuatnya agar bersabar.

Wanita shalihah adalah perhiasan dunia, adapun wanita yang kaya raya terkadang dia berangan-angan atas suamianya agar menjadi fakir kemudian dia akan menghinanya dan menyakitinya ,dan wanita yang memiliki kedudukan yang tinggi bisa jadi dia berani melawan suaminya dan mengucapkan perkataan yang di bencinya dan dia akan berusaha agar dirinya yang mengatur dan menguasai rumah tangga, suami dan hartanya.

Adapun wanita yang cantik jelita pada umumnya dia akan sombong dengan kecantikannya, memoles kecantikannya sehingga orang lain ikut serta menikmati kecantikannya bersama suaminya, kadang dia perpura-pura menampakan pada dirinya lemah dengan maksud agar suaminya membencinya kemudian menceraikannya, atau terkadang dia berpura-pura dalam berhias dan bersolek dihadapan suaminya karena memiliki tipu daya yang di sembunyikannya agar dia bisa melegalkan perbuatan sufur, bersolek, tabarruj, sedikitnya rasa malu. Maka barang siapa yang tidak memiliki rasa malu maka dia akan kehilangan amanah atas dirinya ,dan tidak ada iman padanya.

Dan sungguh suatu kebaikan apabila terkumpul pada diri seorang wanita semua kriteria seperti yang disebutkan dalam hadits di atas atau setidaknya memiliki salah satunya yang dibarengi dengan memiliki agama yang bagus.

Oleh : Muhammad bin Ali Al Jamaah

 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Wakaf Buku IQRO Gratis Untuk Indonesia
Hello. Add your message here.