Tafsir Surat Al Baqarah Ayat 53

Yuk bagikan infonya...

Al-Baqarah: 53

وَإِذْ آتَيْنَا مُوسَى الْكِتَابَ وَالْفُرْقَانَ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Terjemahan

Dan (ingatlah), ketika Kami berikan kepada Musa Al Kitab (Taurat) dan keterangan yang membedakan antara yang benar dan yang salah, agar kamu mendapat petunjuk.

Tafsir (Ibnu Katsir)

Dan (ingatlah) ketika Kami berjanji kepada Musa (memberikan Taurat sesudah) empat puluh malam, lalu kalian menjadikan anak lembu (sembahan kalian) sepeninggalnya dan kalian adalah orang-orang yang zalim. Kemudian sesudah itu Kami maafkan kesalahan kalian, agar kalian bersyukur. Dan (ingatlah) ketika Kami berikan kepada Musa Al-Kitab (Taurat) dan keterangan yang membedakan (antara yang benar dan yang salah), agar kalian mendapat petunjuk. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman, “”Wahai Bani Israil, ingatlah akan nikmat-Ku yang telah Kulimpahkan kepada kalian, Kumaafkan kalian ketika kalian menyembah anak lembu setelah kepergian Musa untuk memenuhi janji Tuhannya setelah masa janji tersebut telah tiba, yaitu empat puluh malam.”” Hal ini disebutkan di dalam surat Al-A’raf melalui firman-Nya: Dan telah Kami janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waklu tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi). (Al-A’raf: 142) Menurut suatu pendapat, tiga puluh malam itu adalah bulan Zul Qa’dah, sedangkan yang sepuluh malam tambahannya jatuh pada bulan Zul Hijjah.

Hal ini terjadi setelah kaum Bani Israil selamat dari kejaran Fir’aun dan pasukannya, dapat menyeberangi laut dengan selamat. Firman Allah, “”Waiz ataina musal kitaba.”” Yang dimaksud dengan Al-Kitab ialah kitab Taurat. Walfurqan, yakni keterangan dan penjelasan yang membedakan antara perkara yang hak dan perkara yang batil, dan dapat membedakan antara jalan hidayahnya dan kesesatan. La’allakum tahtaduna, agar kalian mendapat petunjuk.

Hal ini pun terjadi sesudah mereka diselamatkan dari laut, seperti yang ditunjukkan oleh konteks ayat dalam surat Al-A’raf tadi, juga karena firman-Nya: Dan sesungguhnya telah kami berikan kepada Musa Al-Kitab (Taurat) sesudah Kami binasakan generasi-generasi yang terdahulu, untuk menjadi pelita bagi manusia dan petunjuk dan rahmat agar mereka ingat. (Al-Qashash: 43) Menurut suatu pendapat, huruf wawu yang ada pada lafal walfurqan merupakan huruf zaidah (tambahan). Makna yang dimaksud ialah “”Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Musa Al-Kitab (Taurat) yang membedakan antara yang hak dan yang batil

Akan tetapi, pendapat ini garib. Menurut pendapat lainnya lagi, memang memakai huruf ‘ataf, sekalipun makna keduanya sama; seperti juga yang terdapat pada perkataan seorang penyair: Ia menyerahkan kulit itu kepada orang yang akan mengukirnya, maka ternyata si pengukir menjumpai perkataannya penuh dengan kedustaan dan bualan. Penyair lainnya mengatakan: Aduhai Hindun, seandainya di suatu daerah ada Hindun, dan Hindun yang pasti akan datang kepadanya orang yang jauh dan orang yang bertempat tinggal jauh darinya.

Al-kazibu dan al-mainu pengertiannya sama, yaitu dusta; begitu pula annayu dan al-bu’du menunjukkan makna yang sama, yaitu jauh. Salah seorang penyair bernama Antrah mengatakan: Aku teringat kepada suatu peninggalan yang telah lama, yang kini kelihatan kosong dan sepi sepeninggal Ummu Haisam. Lafal Iqfar di-ataf-kan kepada lafal iqwa, sedangkan makna kedua-nya sama saja. #learnquran

Al Baqarah

DAFTAR ISI


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BUKU TES TNI POLRI AKMIL AKPOL 2024
Hello. Add your message here.