Panduan dalam Memilih Web Hosting Terbaik di Indonesia

Yuk bagikan infonya...

web-hosting

Sumber gambar : uk.pcmag.com

Bagi Anda yang ingin memiliki bisnis online, dan mau membangun website atau blog yang cetar membahana, maka memiliki web hosting yang andal merupakan sebuah keharusan.

Tanpa web hosting yang top markotop, maka website atau blog Anda akan dengan mudah diretas hacker, atau sering down, dan ujungnya tak terbaca oleh mesin pencarian Google. Manyun deh.

Jadi bagaimana seharusnya panduan dalam memilih web hosting terbaik di Indonesia?

Web hosting seperti kita tahu, adalah tempat dimana kita menyimpan dan menjalankan sebuah website atau blog seperti yang sedang Anda baca ini.

Layanan paling utama web hosting ada dua, yakni : pembelian nama domain web dan penyewaan hosting yang akan menyimpan semua tulisan blog atau website Anda.

Jika Anda membangun blog gratisan seperti blogspot atau wordpress gratisan, maka Anda tak perlu keduanya. Dulu sekali, tahun 2005 saya pernah membuat blog gratisan dengan blogspot dan wordpress (sekarang sudah lupa nama dan passwordnya). Lalu mulai tahun 2007 saya memilih untuk menggunakan web hosting dan domain berbayar.

Memilih web hosting dan domain berbayar merupakan hal esensial sebab kalau gratisan Anda tak bisa bebas melakukan modifikasi web atau blog sesuai keinginan Anda.

Setidaknya ada 5 kriteria yang layak dipertimbangkan dalam memilih web hosting terbaik di Indonesia. Berikut ulasannya.

Kriteria # 1 : Keandalan

Aspek yang pertama ini menyangkut keandalan web hosting yang Anda gunakan, terutama dalam hal uptime. Biasanya standar minimal uptime server adalah 99.90%. Dengan keandalan semacam ini, maka website Anda akan selalu terjaga selama 24 jam dalam setahun.

Web yang tidak andal dan sering down akan membuat pengunjung ogah kembali berkunjung, dan juga akan kurang bagus di mata Google.

Keandalan juga menyangkut keamanan website Anda. Webhosting yang bagus memiliki sistem proteksi yang optimal, sehingga website Anda tidak mudah dibobol oleh hacker yang iseng. Bayangkan jika semua isi web atau blog Anda diacak-acak oleh hacker.

Kriteria # 2 : Kecepatan

Ini merupakan salah satu aspek yang juga sangat penting. Usahakan agar memilih web hosting yang cepat dan wuzz wuzz. Sebab kualitas webhosting Anda juga akan amat menentukan kecepatan askes web atau blog Anda oleh pengunjung.

Jika server webshoting kurang tangguh, maka bisa jadi web atau blog Anda akan juga lemot ketika diakses oleh pengunjung, terutama saat jam sibuk seperti siang hari. Dan ini akan benar-benar membuat pembaca jadi agak bete.

Beberapa website yang saya kunjungi suka lemot kayak gini. Mungkin itu pertanda server webhosting mereka yang kurang tangguh.

Kriteria # 3 : Harga

Aspek ini merupakan hal yang penting juga, apalagi bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran. Hosting murah namun andal merupakan sebuah kombinasi yang pas dan layak diburu.

Biaya webhosting ada dua, yakni pembelian dan sewa nama domain; serta sewa web hostingnya sendiri. Dalam penyewaan web hosting biasanya ada pilihan paketnya. Semakin tinggi kapasitasnya maka akan makin mahal.

Bagi Anda yang blog atau web-nya masih baru, maka bisa saja memilih yang paket paling murah, sebab pengunjung blog Anda mungkin belum terlalu tinggi.

Beberapa web hosting Indonesia bahkan juga menewarkan garansi uang kembali. Maksudnya jika Anda tidap puas dengan layanan mereka Anda bisa minta refund.

Kriteria # 4 : Layanan Jika Ada Trouble

Ini aspek yang menurut saya juga sangat penting. Kadangkala kita menemui error atau trouble dalam pengelolaan website atau blog kita. Kita akan senang jika keluhan atau permintaan bantuan untuk mengatasi error ini cepat direspon oleh staf teknikal webhosting.

Faktor kecepatan dan kemudahan pelayanan ini rasanya merupakan salah satu aspek krusial. Pastikan juga layanan mereka ini tiap hari buka, alias tidak kenal hari libur.

Ada sejumlah penyedia hosting yang layanannya libur kalau pas Sabtu Minggu. Lah kalau web Anda error pas Sabtu pagi, jadi kelamaan nunggu perbaikannya dong.

Kriteria # 5 : Tetimoni Pelanggan Lama

Aspek ini mungkin layak diperhatikan juga. Lihat apakah web hosting tersebut bisa menampilkan testimoni para pelanggan lamanya. Web hosting yang andal biasanya menampilkan fitur ini dimana Anda bisa membaca level kepuasan para pelanggannya yang lama.

Setidaknya dengan testimoni itu, Anda bisa merasa lebih yakin dalam memilih web hosting tersebut.

Demikianlah 5 kriteria yang layak Anda pikirkan saat melakukan proses pemilihan web hosting untuk menjalankan website atau blog Anda.

Oleh : Yodhia Antariksa, Sumber : strategimanajemen.net

Ayo bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Kinaya Residence Andara 900 Meter Dari Pintu Tol
Hello. Add your message here.