Mutiara Hadits : Adab Masuk Masjid

Yuk bagikan infonya...

islamic-art-51-2

Dari Jabir bin Abdillah RA dari Nabi SAW, ia bersabda :

Barangsiapa yang memakan bawang merah, bawang putih dan kurrats (sejenis mentimun), maka janganlah ia mendekati masjid kami, sebab malaikat merasa terganggu dengan hal yang membuat Bani Adam (manusia) terganggu. (Shahih Muslim, no. 74-564, lafaz darinya dan Shahih Bukhari, no. 854)

Beberapa faedah hadits ini adalah

  1. Wajib bagi siapa yang memakan bawang merah atau bawang putih atau sejenisnya untuk tidak mendekati masjid, sehingga orang yang shalat tidak terganggu dengan bau yang tidak sedap. Barang siapa yang mengganggu orang shalat berarti ia telah mengganggu para Malaikat.
  2. Tidak boleh masuk masjid bagi siapa yang membawa bau yang tidak sedap yang dapat mengganggu orang yang sedang shalat. Seperti bau asap rokok, bau keringat atau pakaian yang bau pengat, atau kaus kaki yang membawa bau yang tidak sedap.
  3. Hendaknya bagi setiap orang yang ingin shalat agar memperhatikan dirinya sebelum masuk ke masjid sehingga tidak mengganggu orang yang sedang shalat dan para Malaikat, maka berdosa jika ia melakukan hal demikian.
  4. Hadits ini memerintahkan bagi setiap muslim agar mempersiapkan diri pergi ke masjid dengan keadaan bersuci, mandi, berwudlu, bersih-bersih dan memakai pakaian yang paling bagus dan paling bersih.

Perawi Hadits

Jabir bin Abdullah Al Anshari, seorang sahabat yang mulia. Berbai’at kepada Nabi SAW di malam ‘Aqabah bersama ayahnya. Ia juga termasuk sahabat yang ikut dalam bai’at ‘Ridhwan’ (bai’at yang dilaksanakan di bawah pohon ‘Ridhwan’ untuk membela Utsman).

Ia termasuk sahabat yang banyak meriwayatkan hadits. Hadits yang diriwayatkannya ada 1540 hadits. Ia wafat pada tahun 73 H. dan ada pendapat yang mengatakan bahwa ia meninggal dunia sebelum tahun itu.

Referensi : Dr. Muhammad Murtaza bin Aish, 90 Hadits Pilihan, Riyadh, KSA, 2016

Artikel utama : Himpunan 90 Hadits Pilihan

Ayo bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Kinaya Residence Andara 900 Meter Dari Pintu Tol
Hello. Add your message here.