Tafsir Surat Ali Imran Ayat 81, Ayat 82

Yuk bagikan infonya...

Ali Imran :: Indeks Tema Ali Imran :: Daftar Surat :: Ibnu Katsir

Ali-‘Imran: 81

وَإِذْ أَخَذَ اللَّهُ مِيثَاقَ النَّبِيِّينَ لَمَا آتَيْتُكُم مِّن كِتَابٍ وَحِكْمَةٍ ثُمَّ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مُّصَدِّقٌ لِّمَا مَعَكُمْ لَتُؤْمِنُنَّ بِهِ وَلَتَنصُرُنَّهُ قَالَ أَأَقْرَرْتُمْ وَأَخَذْتُمْ عَلَى ذَلِكُمْ إِصْرِي قَالُوا أَقْرَرْنَا قَالَ فَاشْهَدُوا وَأَنَا مَعَكُم مِّنَ الشَّاهِدِينَ

“Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi: “”Sungguh, apa saja yang Aku berikan kepadamu berupa kitab dan hikmah kemudian datang kepadamu seorang rasul yang membenarkan apa yang ada padamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya””. Allah berfirman: “”Apakah kamu mengakui dan menerima perjanjian-Ku terhadap yang demikian itu?”” Mereka menjawab: “”Kami mengakui””. Allah berfirman: “”Kalau begitu saksikanlah (hai para nabi) dan Aku menjadi saksi (pula) bersama kamu””.”

Ali-‘Imran: 82

فَمَن تَوَلَّى بَعْدَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

Barang siapa yang berpaling sesudah itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.

Tafsir (Ibnu Katsir)

Dan (ingatlah) ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi, “”Sungguh, apa saja yang Aku berikan kepada kalian berupa kitab dan hikmah, kemudian datang kepada kalian seorang rasul yang membenarkan apa yang ada pada kalian, niscaya kalian akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya.”” Allah berfirman, “”Apakah kalian mengakui dan menerima perjanjian-Ku terhadap yang demikian itu.”” Mereka menjawab, “”Kami mengakui.”” Allah berfirman, “”Kalau begitu, saksikanlah (wahai para nabi) dan Aku menjadi saksi (pula) bersama kalian.”” Barang siapa yang berpaling sesudah itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.

Allah subhanahu wa ta’ala memberitakan bahwa Dia telah mengambil janji dari setiap nabi yang diutus-Nya sejak dari Adam ‘alaihissalam hingga Isa ‘alaihissalam, manakala Allah memberikan kepada seseorang di antara mereka kitab dan hikmah, lalu ia menyampaikannya kepada manusia di masanya. Kemudian datanglah seorang rasul lain sesudahnya, maka ia benar-benar akan beriman kepada rasul yang baru ini dan membantunya, dan ilmu serta kenabian yang telah disandangnya tidak boleh menjadi penghalang baginya untuk mengikuti rasul yang baru dan membantunya.

Untuk itulah Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: Dan (ingatlah) ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi, “”Sungguh, apa saja yang Aku berikan kepada kalian berupa kitab dan hikmah.”” (Ali Imran: 81), Yakni betapapun Aku telah memberikan kepada kalian kitab dan hikmah. “”Kemudian datang kepada kalian seorang rasul yang membenarkan apa yang ada pada kalian, niscaya kalian akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya.”” Allah berfirman, “”Apakah kalian mengakui dan menerima perjanjian-Ku terhadap yang demikian itu?”” (Ali Imran: 81) Menurut Ibnu Abbas, Mujahid, Ar-Rabi’ ibnu Anas, Qatadah, dan As-Suddi, makna isri ialah perjanjian-Ku.

Muhammad ibnu Ishaq mengatakan bahwa isri artinya beban yang kalian pikul dari janji-Ku, yakni ikrar kalian kepada-Ku yang berat lagi dikukuhkan. Mereka menjawab, “”Kami mengakui.”” Allah berfirman, “”Kalau begitu, saksikanlah (wahai para nabi) dan Aku menjadi saksi (pula) bersama kalian.”” Barang siapa yang berpaling sesudah itu. (Ali Imran: 81-82) Yaitu berpaling dari ikrar dan janji ini. maka mereka itulah orang-orang yang fasik. (Ali Imran: 82) Ali ibnu Abu Thalib dan anak lelaki pamannya (yaitu Ibnu Abbas), keduanya mengatakan bahwa tidak sekali-kali Allah mengutus seorang nabi melainkan mengambil sumpah terlebih dahulu terhadapnya, yang isinya mengatakan bahwa sekiranya Allah mengutus Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, sedangkan dia masih hidup, maka sungguh dia harus beriman kepadanya dan menolongnya.

Allah memerintahkan kepadanya agar dia mengambil janji yang sama terhadap umatnya, yaitu “”Sungguh, jika Nabi Muhammad diutus, sedangkan mereka masih hidup, maka mereka harus benar-benar beriman kepadanya dan benar-benar menolongnya.”” Tawus, Al-Hasan Al-Basri, dan Qatadah mengatakan bahwa Allah mengambil perjanjian dari para nabi, hendaknya sebagian dari mereka membenarkan sebagian yang lainnya. Pendapat ini tidak bertentangan dengan apa yang telah dikatakan oleh Ali dan Ibnu Abbas, bahkan memantapkan dan mengukuhkannya.

Karena itulah maka Abdur Razzaq meriwayatkan dari Ma’mar dan Ibnu Tawus, dari ayahnya hal yang semisal dengan apa yang dikatakan oleh Ali dan Ibnu Abbas. Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah menceritakan kepada kami Sufyan, dari Jabir, dari Asy-Sya’bi, dari Abdullah ibnu Sabit yang mengatakan bahwa Umar datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu berkata, “”Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku telah memerintahkan kepada seorang saudaraku yang Yahudi dari kalangan Bani Quraizah untuk menulis kumpulan kitab-kitab Taurat buatku.

Bolehkah aku memaparkannya kepadamu?”” Maka wajah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berubah, dan Abdullah ibnu Sabit berkata kepadanya (Umar), “”Apakah engkau tidak melihat perubahan roman muka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?”” Umar berkata, “”Aku rela Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Muhammad sebagai rasul.”” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tenang kembali dan bersabda: Demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman kekuasaan-Nya, seandainya pagi hari ini Musa berada di antara kalian, kemudian kalian mengikutinya seraya meninggalkan diriku, niscaya kalian sesat. Sesungguhnya kalian adalah bagianku dari kalangan umat-umat, dan aku adalah bagian kalian dari para nabi. Hadits lain diriwayatkan oleh Al-Hafidzh Abu Ya’la.

Disebutkan bahwa telah menceritakan kepada kami Ishaq, telah menceritakan kepada kami Hammad, dari Mujahid, dari Asy-Sya’bi, dari Jabir yang menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: “”Janganlah kamu bertanya kepada Ahli Kitab tentang sesuatu, sesungguhnya mereka tidak akan memberikan petunjuk kepada kamu, mereka itu telah sesat. Maka kamu akan membenarkan kebatilan atau mendustakan kebenaran. Demi Allah, kalau saja Musa masih hidup di antara kamu, maka tidak halal baginya kecuali mengikutiku.”” Nabi Muhammad, penutup para Nabi Shalawat dan Salam atasnya hingga hari kiamat.

Sumber : learn-quran.co

Ali Imran :: Indeks Tema Ali Imran :: Daftar Surat :: Ibnu Katsir

Ayo bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Kuliah Gratis, Lulus Jadi PNS, Perwira TNI/POLRI...
Hello. Add your message here.