11 Kata-Kata Motivasi Dari Pengusaha Top Dunia

Yuk bagikan infonya...

Larry Page / Talenta.co
Larry Page / Talenta.co

Tokoh-tokoh dunia, pengusaha atau pebisnis yang telah meraih sukses selalu memiliki daftar kata-kata atau ucapan yang bisa dijadikan kutipan motivasi.

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendorong kita untuk bersemangat melakukan sesuatu. Cara yang cukup sering dilakukan adalah dengan membaca quote (kutipan) kata-kata motivasi dari berbagai tokoh-tokoh dunia atau pebisnis yang telah meraih kesuksesan.

Kata-kata mereka memiliki arti. Pasalnya, dalam meraih atau menempuh kesuksesannya, mereka mengalami berbagai proses dan cara yang berbeda-beda. Dari pengalaman tersebut, mereka membawa energi positif bagi orang-orang yang berada di sekitarnya.

Mulai dari Lary Page penemu Google, hingga Michal Dell (Pemilik perusahaan komputer Dell, berikut beberapa kata-kata atau uangkapan motivasi yang setidaknya membantu kita mendapatkan energi baru.

1. Larry Page, pendiri Google

“Jika Anda sedang mengubah dunia, Anda bekerja untuk pekerjaan yang penting. Anda merasa sangat senang bangun di pagi hari”

Google sudah dikenal sebagai salah satu raksasa internet di dunia. Ungkapan dari Larry Page ini mendorong kita agar benar-benar mengubah diri sendiri sebelum melakukan aktivitas sepanjang hari. Hal-hal yang membuat kita semangat selalu berasal dari diri sendiri.

Ketika kita menjalankannya dengan sungguh-sungguh, maka setiap pagi akan dilalui dengan perasaan yang semangat dan positif.

Setidaknya semangat ini memang benar-benar diterapkan Larry Page. Sebagai bukti, seiring perjalanannya, bisnis Google selalu menemukan ruang-ruang baru untuk berinovasi dan memberikan banyak pengaruh bagi semua orang di dunia.

2. Michael Dell, pendiri perusahaan teknologi DELL

“Akuilah bahwa akan ada kegagalan, dan akan ada rintangan. Tetapi, Anda akan belajar dari kesalahan dan kesalahan orang lain, karena sangat sedikit yang dapat dipelajari dari kesuksesan.”

Kata-kata dari pendiri perusahaan komputer Dell ini sedikitnya memiliki arti, selama menjalankan bisnis akan selalu pasti ada tantangannya sendiri. Hal yang dibutuhkan adalah setiap bisnis yang kita lakukan pastinya pernah mengalami kegagalan.

Mengakui kesalahan sendiri pun tidak kalah penting. Namun dengan belajar dari kesalahan, maka kita mampu mencari cara untuk tidak mengulanginya lagi dan secara perlahan meraih kesuksesan.

3. Drew Houston, penemu Dropbox

“Don’t worry about failure, you only have to be right once.”

Penemu layanan cloud storage (tempat penyimpanan menggunakan komputasi awan), Drew Houston, melalui ungkapan singkatnya ingin menyampaikan pesan agar jangan pernah takut atau menyesali kegagalan. Sebab di dalam setiap kegagalan, pastinya kita akan menemukan satu jalan untuk melakukan hal-hal yang tepat.

Jadi, buat yang merasa selalu gagal, belajar lah untuk memahami apa yang dilakukan, sehingga suatu saat nanti meraih kesuksesan.

4. Steve Jobs, pendiri Apple

‘You can’t connect the dots looking forward, you can only connect them looking backwards.”

Salah satu orang yang punya pengaruh di bidang teknologi adalah mendiang Steve Jobs. Penemu dan mantan CEO Apple yang wafat pada tahun 2011 ini melalui kata-katanya ingin mengungkapkan, kita tidak selalu bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, yang perlu kita pahami adalah selalu belajar dari pengalaman untuk maju dan menjadi seorang individu yang lebih baik di masa depan.

Apa yang diungkapkan Steve Jobs ini seperti memberi gambaran seperti apa yang pernah dilakukan Google. Pernah gagal dengan beberapa layanan yang dikenalkannya, namun Google dengan secepat mungkin belajar dari kesalahannya itu dan menghadirkan inovasi-inovasi masa depan yang tidak pernah terduga.

5. Elon Musk, CEO SpaceX dan Founder Tesla Motor

“Disini, gagal adalah pilihan. Jika sesuatu tidak gagal, berarti Anda kurang berinovasi.”

Elon Musk seringkali dianggap sebagai Tony Starks (karakter pemeran Iron Man) di dunia nyata. Namun, jika berbicara bagaimana mengelola bisnis apa yang diinginkan Elon Musk seakan-akan dianggap gila!

Elon Musk sudah pernah gagal dalam peluncuran roketnya, membuat self-driving  car dan berbagai penemuan-penemuan lainnya. Namun dirinya tidak behenti berinovasi, melahirkan produk-produk yang mampu mengubah kehidupan bumi.

Sebuah motivasi yang tentunya akan mengajak kita untuk terus berinovasi, meskipun selalu gagal dalam setiap kesempatan. Larry Page, Michael Dell, hingga Steve Jobs pun pasti pernah punya pengalaman yang sama dan justru mengajarkan kita untuk selalu berinovasi.

6. Richard Branson, pemilik Virgin

“Kompleksitas adalah musuhmu. Semua orang bisa membuat hal-hal menjadi rumit, tetapi menyederhanakan sesuatu itu adalah hal yang sulit.”

Dari memulai bisnis majalah, hingga menjalankan Virgin Records, yang kemudian menjadi Virgin Megastores dan mengembangkannya menjadi  Virgin Atlantic Airways bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah untuk ditransformasikan menjadi bisnis yang sukses.

Richard Branson, salah satu orang terkaya di dunia versi majalah Forbes ini lalui perjalanan bisnis yang tidak singkat. Begitu juga dengan yang dilakukan Larry Page bersama Sergei Bryn ketika memegang kendali Google, atau Michael Dell ketika menjalankan berbagai macam pengembangan bisnis komputernya.

Menjalankan sebuah bisnis memang tidak mudah dan cenderung rumit dengan berbagai macam hal, termasuk ketika akan berinovasi dengan hal-hal baru.

Namun, ketika kita menjalankan sebuah bisnis dan bertemu dengan hal-hal yang rumit, jangan membuatnya menjadi lebih kompleks lagi, namun mencari solusi agar proses bisnis berjalan dengan baik.

7. Mark Zuckerberg, CEO Facebook

“Saya pikir aturan paling sederhana dalam bisnis adalah jika Anda mengerjakan pekerjaan yang lebih mudah dahulu, maka Anda sebenarnya telah membuat banyak progres”

Richard Branson punya caranya sendiri dalam menjalankan bisnis yang penuh dengan hal-hal rumit. Namun, Mark Zuckerberg yang kini menjadi CEO Facebook, punya caranya sendiri yaitu membuat hal-hal sederhana dalam menjalankan bisnis.

Bicara pekerjaan memang tidak selamanya selalu berjalan dengan mudah dan sesuai dengan kemampuan kita, bahkan bisa menjadi lebih berat. Nah, jika Richard lebih memilih membuatnya menjadi sederhana, maka Mark memilih untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih mudah terlebih dahulu.

Cara ini akan membuat kita tidak membuang waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak perlu dilakukan. Sehingga pada akhirnya pekerjaan mampu terfokus dan target yang dicapai dapat berjalan sesuai dengan keinginan sebuah perusahaan.

8. Jack Ma, CEO Alibaba

“Jika kita adalah satu tim yang baik dan tahu apa yang ingin kita lakukan, satu orang saja dari kita bisa mengalahkan sepuluh kompetitor kita.”

Inovasi atau transformasi bisnis tidak bisa dijelaskan berdasarkan ego seseorang saja. Larry Page, Steve Jobs, Michael Dell hingga Richard Branson pastinya punya orang-orang terbaik di sekitarnya.

Artinya kerjasama adalah hal yang penting dalam menjalankan bisnisnya. Jack Ma, CEO Alibaba, perusahaan Tiongkok yang begitu melambung namanya pun melakukan hal yang sama.

Melalui ucapannya tersebut, Jack Ma seperti mengajarkan kepada kita bagaimana mengelola sebuah kerjasama menjadi lebih baik. Kerjasama yang rapi tanpa harus menjiplak strategi dari pesaing bisnis mampu mengubah segalanya.

Melalui kerjasama, semua pekerjaan bisa menjadi lebih mudah dan nilai serta tujuan dari sebuah perusahaan dapat dijalankan dengan baik pula.

9. Howard Schultz, CEO Starbucks

“In this ever-changing society, the most powerful brand are built from the heart, the strength of the human spirit, not an ad campaign”

Ungkapan dari Howard ini menjelaskan banyak bisnis yang dijalankan karena hanya memikirkan keuntungan sendiri. Howard mengungkapkan bahwa bisnis dilakukan bukan hanya untuk mencari keuntungan, namun menjadi solusi dari berbagai macam permasalahan di masyarakat.

Tidak bisa dipungkiri, bisnis memang selalu bicara keuntungan. Namun, jika tidak mampu menjadi solusi bagi kebutuhan masyarakat, maka bisa jadi bisnis yang dijalankan akan memang menjadi sia-sia, dan justru akan semakin ditinggalkan banyak masyarakat.

10. Bill Gates, pendiri Microsoft

“Pelanggan yang sangat tidak bahagia (atas layanan Anda) adalah sumber pembelajaran paling berharga dalam bisnis.”

Bill Gates bisa dibilang sebagai salah satu pebisnis di dunia yang terlampau sukses. Berawal dari mengembangkan perangkat lunak (software) yang berjalan di dalam sistem komputer bernama Microsoft, hingga kini perkembangan bisnisnya tetap berjalan.

Meskipun menghadapi berbagai macam rintangan, namun Bill Gates selalu belajar dari pengalaman-pengalaman pelanggannya. Dari kata-kata yang diungkapkan oleh Bill Gates tersebut kita bisa belajar bahwa mendengarkan keinginan dan keluh kesan dari pelanggan merupakan salah satu faktor penting dalam berbisnis.

Jika menemukan satu atau beberapa pelanggan yang tidak senang dengan layanan yang diberikan, berarti harus ada perubahan atau invaosi baru yang segera dilakukan. Sehingga proses bisnis tetap bisa berjalan, dan bukan tidak mungkin akan mendapatkan pelanggan baru.

11. Jeffrey Bezos, pendiri Amazon

“Anda tahu, jika pelayanan Anda tidak memuaskan, pelanggan Anda tidak akan memberitahukannya kepada lima teman mereka, tetapi kepada 5.000 teman. Jadi, kita perlu mencurahkan segala hal yang diperlukan untuk membangun sebuah perusahaan yang penting dan tahan lama, dan jika kita tidak melakukannya, akan memalukan akibatnya bagi kita.”

Hampir sama dengan Bill Gates, pendiri Amazon Jeffrey Bezoz, mengungkapkan bahwa apa yang dipikirkan pelanggan adalah hal yang penting dalam sebuah bisnis. Dari sini kita bisa belajar bahwapengalaman pelanggan merupakan salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis.

Tidak hanya sekedar mengikuti apa kemauan pelanggan, namun mencitakan ruang untuk mendengarkan apa yang mereka inginkan adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis.

Sumber : Cekaja.com

Yuk bagikan inspirasinya…

Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Program Warisan Rp 1 Miliar Selengkapnya...
Hello. Add your message here.