13 Sekolah Kedinasan untuk Lulusan SMK

Yuk bagikan infonya...

PTDI STTD/Google

13 Sekolah Kedinasan untuk Lulusan SMK

Melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan, bisa jadi pilihan lulusan SMA/SMK sederajat untuk melanjutkan pendidikannya. Selain bisa kuliah gratis, kamu juga punya kesempatan menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil).

Bagi siswa SMA/SMK sederajat yang mau mencoba pendaftaran sekolah kedinasan 2024, ada beberapa sekolah kedinasan untuk SMK yang perlu kamu ketahui.

Dari penerimaan sekolah kedinasan tahun sebelumnya, meski pendaftaran terbuka bagi lulusan SMA namun ada beberapa sekolah kedinasan yang tidak menerima pendaftar dari lulusan SMK. Bagi lulusan siswa SMK, berikut sekolah kedinasan untuk SMK yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga : Buku Tes Sekolah Kedinasan TNI POLRI BUMN CPNS Tahun 2024

Sekolah kedinasan untuk SMK

1. Politeknik STAN

Sebagai salah satu sekolah kedinasan favorit milik Kementerian Keuangan (Kemenkeu), PKN STAN ternyata menerima pendaftar dari lulusan SMK.

Sehingga lulusan SMK yang ingin kuliah gratis dan punya kesempatan jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), bisa memanfaatkan pendaftaran PKN STAN 2024 ini. Berikut syarat lengkap mendaftar PKN STAN mengacu pada persyaratan tahun sebelumnya:

a. Lulusan (tahun 2022 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2023) semua SMA atau yang sederajat dengan ketentuan:
• Untuk jalur regular dan afirmasi kewilayahan bagi lulusan tahun 2022 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau bagi calon lulusan tahun 2023, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
• Untuk jalur pembibitan bagi lulusan tahun 2022 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 75,00 dengan skala 100,00 atau bagi calon lulusan tahun 2023, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 75,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 75,00 dengan skala 100,00.
b. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2023 adalah 21 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2002 tidak diperkenankan untuk mendaftar dan usia minimal pada tanggal 1 September 2023 adalah 14 tahun.
c. Memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) Tahun 2023:
• Jalur reguler: Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 600 terdiri dari Tes Bahasa Indonesia minimal 550, Tes Bahasa Inggris minimal 450, Tes Penalaran Matematika minimal 500 bagi peserta jalur reguler
• Jalur afirmasi dan afirmasi kewilayahan: Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 400 terdiri dari Tes Bahasa Indonesia minimal 375, Tes Bahasa Inggris minimal 325, dan Tes Penalaran Matematika minimal 325
• Sedangkan peserta jalur pembibitan tidak disyaratkan memiliki nilai UTBK-SNBT.
d. Sehat jasmani dan rohani dengan ketentuan:
• Bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
• Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.
• Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).
e. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.
f. Peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga : Syarat Lengkap Pendaftaran Kuliah Gratis di 30 Sekolah Kedinasan Negara 

2. Politeknik STIS

Sekolah kedinasan untuk SMK berikutnya adalah Politeknik STIS. Namun tidak semua jurusan SMK bisa mendaftar di sekolah kedinasan milik Badan Pusat Statistik (BPS) ini.
Lulusan SMK yang mau mendaftar sekolah kedinasan ini diminta juga memiliki syarat khusus yakni peminatan Teknik Komputer dan Informatika. Dalam persyaratan umumnya, peserta yang mendaftar STIS harus lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA peminatan MIPA/IPS dan SMK/MAK peminatan Teknik Komputer dan Informatika. Berikut persyaratan lengkap dan jurusan SMK yang bisa mendaftar di STIS:

a. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan) serta:
• Bebas narkoba.
• Tidak buta warna (baik total maupun parsial), untuk pengguna kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri.
b. Lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA atau SMK/MAK Bidang Keahlian Teknologi Informasi.
c. Nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1 s.d. 100) atau 3,20 (skala 1,00 s.d. 4,00) pada Ijazah atau nilai rapor semester gasal kelas 12.
d. Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2023.
e. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS.
f. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
g. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS.
h. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS.
i. Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan sesuai pilihan formasi penempatan pada saat pendaftaran.
j. Bersedia tidak mengajukan pindah lokasi penempatan dengan alasan apapun sekurang-kurangnya 7 (tujuh) tahun sejak diangkat sebagai PNS, kecuali terdapat kebutuhan organisasi.

3. Sekolah Kedinasan milik Kemenhub

Kemenhub termasuk Kementerian yang punya banyak sekolah kedinasan. Namun hanya beberapa sekolah kedinasan Kemenhub yang hanya bisa didaftar lulusan SMK. Setidaknya ada

(1) Politeknik Transportasi Darat Indonesia Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI-STTD) Bekasi

Syarat mendaftar sekolah kedinasan PTDI-STTD Bekasi adalah lulusan SMA/MA IPA sederajat atau lulusan SMK. Berikut rincian syarat daftar sekolah kedinasan PTDI-STTD Bekasi untuk semua prodinya:

Persyaratan untuk program studi Transportasi Darat Sarjana Terapan, Teknologi Rekayasa Otomotif Sarjana Terapan, D3 Manajemen Transportasi Jalan (MTJ), D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian (MTP) antara lain:
• SMA/MA IPA sederajat
• SMK jurusan Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Teknologi Pesawat Udara, Teknologi Tekstil, Teknik Kimia, Teknik Perkapalan, Teknik Perminyakan, Geologi Pertambangan, Teknik Energi Terbarukan.

(2) Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal

a. Program studi Rekayasan Sistem Transportasi Jalan (RSTJ) sarjana terapan. Syarat daftar adalah siswa SMA/MA IPA sederajat. Lulusan SMK jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Elektronika, Teknologi Konstruksi dan Properti.
b. Program studi Teknologi Rekayasa Otomotif (TRO) Sarjana Terapan dan D3 Teknologi Otomotif (TO) syarat daftarnya meliputi:
• SMA/MA IPA sederajat
• SMK jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Ketenagalistrikan dan Teknik Elektronika.

(3) Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati Aceh

a. Program studi D3 Studi Nautika syaratnya meliputi:
• Lulusan SMA/MA IPA sederajat
• Lulusan SMK jurusan Pelayaran Kapal Niaga Jurusan nautika kapan niaga (yang telah approved DJPL).

(4) Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten

a. Program studi D3 Studi Nautika syaratnya meliputi:
• Lulusan SMA/MA IPA sederajat
• Lulusan SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Nautika Kapal Niaga (yang telah approved DJPL).

(5) Politeknik Pelayaran Poltekpel Sulawesi Utara (Sulut)

a. Program studi D3 Studi Nautika syaratnya meliputi:
• Lulusan SMA/MA IPA sederajat
• Lulusan SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Nautika Kapal Niaga (yang telah approved DJPL).
b. Program studi D3 Permesinan Kapal syaratnya meliputi:
• Lulusan SMA/MA IPA sederajat
• Lulusan SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Nautika Kapal Niaga (yang telah approved DJPL), SMK jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Permesinan Kapal, Teknik Instrumentasi Industri.

(6) Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sorong

Program studi D3 Studi Nautika syaratnya meliputi:
• Lulusan SMA/MA IPA sederajat
• Lulusan SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Nautika Kapal Niaga (yang telah approved DJPL).

(7) Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong

a. Program studi D3 Studi Nautika syaratnya meliputi:
• Lulusan SMA/MA IPA sederajat
• Lulusan SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Nautika Kapal Niaga (yang telah approved DJPL).
b. Program studi D3 Permesinan Kapal syaratnya meliputi:
• Lulusan SMA/MA IPA sederajat
• Lulusan SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Teknika Kapal Niaga (yang telah approved DJPL), SMK jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Permesinan Kapal, Teknik Instrumentasi Industri.

(8) Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan

a. Program studi D3 Teknik Listrik Bandar Udara (TLB) syaratnya meliputi:
• Lulusan SMA/MA IPA sederajat
• Lulusan SMK jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Telekomunikasi.
b. Program studi D3 teknologi pemeliharaan pesawat udara (TPPU) syaratnya meliputi:
• Lulusan SMA/MA IPA sederajat
• Lulusan SMK SMK jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Telekomunikasi.

4. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

STMKG merupakan sekolah kedinasan di bawah BMKG. Sekolah kedinasan ini termasuk yang memberi kesempatan kepada lulusan SMK. Berikut persyaratan daftar STMKG:
Lulus/akan lulus Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau yang sederajat untuk semua jurusan.

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) merupakan sekolah kedinasan di bawah Badan Intelijen Negara (BIN). STIN juga menerima lulusan SMK di semua jurusannya. Sehingga lulusan SMK yang mau mendaftar

6. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Sekolah kedinasan untuk SMK berikutnya adalah Poltek SSN. Poltek SSN merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Poltek SSN juga menerima lulusan SMK dalam pendaftaran sekolah kedinasan 2023 lalu.
Untuk mendaftar sekolah kedinasan Politeknik Siber dan Sandi Negara syaratnya siswa kelas XII atau lulusan SMA jurusan IPA, Madrasah Aliyah Jurusan IPA dan SMK dari jurusan:

• Teknik Elektronika
• Teknik Audio Video
• Teknik Elektronika Industri
• Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi
• SMK TI Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi
• Rekayasa Perangkat Lunak
• Teknik Komputer dan Jaringan
• Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi

Itulah 8 sekolah kedinasan untuk SMK yang bisa dicoba siswa lulusan SMK pada tahun 2024 ini. Kamu bisa mempertimbangkan sekolah kedinasan mana yang akan kamu pilih mulai dari sekarang.

Sumber : Kompas

Yuk bagikan informasinya di sosmed sahabat… terima kasih 


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

PEMBIAYAAN SYARIAH JAMINAN BPKB MOBIL
Hello. Add your message here.