7 Sekolah Kedinasan Ini Bisa Dilamar Siswa Jurusan IPS

Yuk bagikan infonya...

Taruna Politeknik Imigrasi / Google 

7 Sekolah Kedinasan Ini Bisa Dilamar Siswa Jurusan IPS

6.027 Formasi calon mahasiswa, taruna, dan praja sekolah kedinasan 2024 akan dibuka Pemerintah RI untuk menjadi calon Aparatur Sipil Negara (ASN). Siswa yang lolos seleksi di sekolah kedinasan ini dapat dapat menjalani kuliah gratis dan berkesempatan menjalani ikatan dinas sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Sejumlah sekolah kedinasan menerima pendaftaran bagi siswa asal jurusan IPS dari SMA, MA, dan sederajat. Berdasarkan seleksi sekolah kedinasan 2023, berikut daftar sekolah kedinasan yang bisa dilamar siswa IPS.

Sekolah Kedinasan untuk Siswa IPS

1. PKN STAN

Siswa yang lulus tahun berjalan dan dua tahun sebelumnya dapat mendaftar Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. Tahun ini, sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan ini mensyaratkan pelamar memiliki nilai UTBK SNBT 2024.

2. Politeknik Statistika STIS

Politeknik Statistika STIS dinaungi oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Pada 2023, sekolah kedinasan ini mensyaratkan nilai matematika kelompok A atau umum dan bahasa Inggris minimal 80 dari 100 atau 3.20 dari 4.00 pada ijazah atau nilai rapor semester gasal kelas 12.

Baca Juga : Buku Tes Sekolah Kedinasan TNI POLRI BUMN CPNS Tahun 2024

3. Sekolah Kedinasan Kemenkumham

Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Berdasarkan penerimaan 2023, tidak ada syarat nilai minimal bagi pendaftar, tetapi akan ada wawancara, pengamatan fisik, dan keterampilan (WPFK) di samping Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sekolah kedinasan, psikotes, kesamaptaan, dan tes kesehatan.

4. STMKG

Sekolah kedinasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ini tidak mensyaratkan asal jurusan tertentu bagi pendaftar. Namun, Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) ini mensyaratkan siswa lolos Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) STMKG untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris, di samping SKB, tes kesehatan, wawancara, dan tes kebugaran.

5. IPDN

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dinaungi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Seperti pendaftar sekolah kedinasan Kemenkumham, ada tes kesamaptaan dalam salah satu rangkaian seleksi IPDN.

Sekolah kedinasan ini juga mensyaratkan nilai rata-rata ijazah minimal 70,00. Khusus pendaftar di Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya, nilai rata-rata ijazah minimal 65,00.

Baca Juga : Syarat Lengkap Pendaftaran Kuliah Gratis di 30 Sekolah Kedinasan Negara  

6. STIN

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). Pada 2023, sekolah kedinasan ini mensyaratkan nilai rata-rata rapor minimal 75 untuk semester 1-5 bagi siswa kelas 12 dan nilai rata-ratai ijazah minimal 80 bagi lulusan 2022 dan 2021. Sekolah kedinasan ini juga menerapkan tes kesamaptaan jasmani dalam rangkaian seleksi.

7. Sekolah Kedinasan Kemenhub

Tidak semua sekolah kedinasan Kemenhub dibuka untuk siswa IPS. Untuk itu, siswa perlu mencermati kriteria pelamar tiap prodi. Berdasarkan penerimaan taruna baru 2023, berikut prodi sekolah kedinasan Kemenhub yang bisa dilamar siswa IPS:

– D3 Manajemen Transportasi Perkeretapian (MTP), Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun
– D3 Manajemen Transportasi Perairan Daratan (MTPD), Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (Poltektrans SDP) Palembang
– D3 Operasi Bandar Udara (OBU), Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug
– D3 Pertolongan Kecelakaan Pesawat, Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug
– D3 Manajemen Transportasi Udara (MTU), Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya
– D3 Penyelamatan dan Pemadaman Kebakaran Penerbangan (PPKP), Poltekbang Palembang
– D3 Operasi Pesawat Udara, Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi
– D3 Manajemen Bandar Udara (MBU), Jayapura

Selamat menyiapkan diri untuk seleksi sekolah kedinasan 2024.

Sumber : Detik

Yuk bagikan informasinya di sosmed sahabat… terima kasih


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

PEMBIAYAAN SYARIAH JAMINAN BPKB MOBIL
Hello. Add your message here.