Al Muhaimin, Alloh Yang Maha Memelihara

Yuk bagikan infonya...

allah11

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Dzat Yang Maha Memelihara seluruh makhluk di alam semesta ini, tiada yang luput satupun juga. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Dialah Alloh yang tiada tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, yang Maha Sejahtera, yang Mengaruniakan Keamanan, yang Maha Memelihara, yang Maha Perkasa, yang Maha Kuasa, yang memiliki segala Keagungan, Maha Suci Alloh dari apa yang mereka persekutukan.” (QS. Al Hasyr [59] : 23)

Dalam ayat di atas Al Muhaimin, Alloh Yang Maha Memelihara, terangkai dengan asma Alloh yang lain di antaranya yaitu As Salaam, Alloh Yang Maha Memberi Kedamaian, dan Al Mu’min, Alloh Yang Maha Mengaruniakan Keamanan.

Rasa aman dan damai itu datang dari pemeliharaan. Untuk memelihara sesuatu dengan baik, maka seseorang harus memenuhi syarat pertama yaitu pengetahuan tentang apa yang ia pelihara. Ia tidak akan bisa memelihara ayam, jikalau ia tidak tahu ilmu tentang ayam. Ia tidak akan bisa memelihara singa jikalau tidak tahu ilmu mengenai singa, ketidaktahuan malah bisa mendatangkan malapetaka.

Syarat yang kedua bagi orang yang ingin memelihara adalah dia punya kekuasaan. Orang yang ingin bisa memelihara taman maka ia harus punya kekuasaan untuk mengakses taman tersebut, juga untuk memenuhi berbagai keperluan agar pemeliharaan berlangsung dengan baik.

Dan syarat ketiga adalah cinta. Orang yang tidak mencintai kucing, apalagi yang tidak suka pada kucing, maka pantang baginya untuk memelihara kucing. Tapi bagi orang yang sayang pada kucing, maka ia akan rela berbagi makanan. Bahkan boleh jadi ia lebih mengutamakan makanan untuk si kucing daripada makanan untuk dirinya sendiri.

Nah saudaraku, jika seluruh makhluk di alam semesta ini ada yang memeliharanya, maka sudah tentu yang memelihara tersebut adalah Dzat Yang Maha Mengetahui atas segala kebutuhan seluruh makhluk. Dia pun adalah Dzat Yang Maha Kuasa atas segalanya, Dialah Alloh Swt. Dialah yang mempergilirkan malam dan siang. Dialah yang mengatur pasang dan surutnya air laut. Dialah yang mengatur peredaran benda-benda angkasa yang berukuran sangat besar sehingga bergerak teratur pada porosnya masing-masing. Dan Dialah pula yang mengurus detak jantung dan gerak paru-paru setiap makhluk melata di bumi ini. Dialah Alloh Swt., Al Muhaimin, Dzat Yang Maha Merawat. Maasyaa Alloh!

Semoga memiliki kekuatan iman yang semakin kokoh kepada Alloh Swt. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar, Sumber: smstauhiid.com

Ayo bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Formasi CPNS Lulusan SMA Di 8 Instansi Pemerintah
Hello. Add your message here.