40 Cara Menjadi Orang Tua yang Bijaksana (bagian 1)

Ilustrasi / tribunnews.com
Ilustrasi / tribunnews.com

Kata-kata bijaksana memang sering menempel dengan kata orang tua. Tapi terkadang, sebagai pelaku, orang tua juga perlu berilmu agar disebut bijaksana. Bagaimanakah caranya?

Simak 20 tips berikut yang dapat menjadikan Anda menjadi lebih bijak dalam bersikap dan mendidik, kini dan nanti.

1. FOKUS PADA HAL YANG BENAR-BENAR PENTING

Anak-anak tidak dapat menyerap terlalu banyak aturan. Lupakan berdebat tentang sedikit hal-hal kecil seperti pilihan baju anak Anda atau ketika mereka tidak mau makan bayam sesekali. Fokus pada hal-hal seperti tidak ada memukul, bicara kasar, atau berbaring saat makan.

2. INGAT BAHWA DISIPLIN BUKANLAH HUKUMAN

Menegakkan batas benar-benar tentang mengajar anak-anak bagaimana berperilaku di dunia dan membantu mereka untuk menjadi kompeten, peduli, dan terkendali.

3. MENGAMBIL ALIH

Anak-anak mendambakan batas yang membantu mereka memahami dan mengelola dunia yang terlalu besar dan sering membingungkan. Tampilkan cinta Anda dengan batas-batas pengaturan sehingga anak-anak Anda dapat menjelajahi dan menemukan gairah mereka dengan aman.

4.BIARKAN MEREKA BERTANGGUNG JAWAB

Misi balita Anda dalam hidup adalah untuk mendapatkan kemerdekaan. Jadi ketika dia mulai mampu membereskan mainan, menyimpan piring di tempat cuci piring, dan berpakaian sendiri, biarkan dia. Memberikan tanggung jawab kepada anak akan sangat baik untuk menjaga harga dirinya dan kewarasan Anda.

5. JANGAN MENCOBA UNTUK MEMPERBAIKI SEMUANYA

Berikan anak-anak muda kesempatan untuk menemukan solusi mereka sendiri. Bila Anda penuh kasih mengakui frustrasi kecil anak tanpa segera bergegas untuk menyelamatkan dirinya, Anda mengajarinya kemandirian dan .ketahanan terhadap stres.

6. CARI WAKTU KHUSUS BAGI MEREKA

Bermainlah dengan anak-anak Anda. Biarkan mereka memilih aktivitas, dan jangan khawatir tentang aturan. Coba ikuti mau mereka dan bersenang-senanglah. Itulah nama permainan.

7. BACA BUKU BERSAMA-SAMA SETIAP HARI

Mulailah hal ini ketika dia baru lahir; bayi suka mendengarkan suara-suara orang tua mereka. Berpelukan dengan anak Anda dan buku adalah ikatan yang akan ia ingat seumur hidup untuk terus membaca.

8. JADWALKAN WAKTU KHUSUS SETIAP HARI

Biarkan anak memilih kegiatan mana yang ia mau ketika hanya menghabiskan waktu berdua dengan Anda selama seperempat jam tanpa interupsi.

9. ALOKASIKAN WAKTU AYAH

Sumber daya yang belum dimanfaatkan terbesar yang tersedia untuk meningkatkan kehidupan anak-anak kita adalah waktu dengan ayah. Anak-anak dengan ayah terlibat membuat mereka berprestasi lebih baik di sekolah, berhasil memecahkan masalah, dan umumnya mengatasi kehidupan lebih baik dengan apa pun masalah yang mereka hadapi.

10. MEMBUAT KENANGAN INDAH

Anak-anak Anda mungkin tidak akan ingat apa-apa yang Anda katakan kepada mereka, tetapi mereka akan ingat kebiasaan keluarga – seperti waktu tidur dan permainan sore- yang Anda lakukan bersama-sama.

11. MENJADI PANUTAN

Anak-anak belajar dengan menonton orang tua mereka. Pemodelan yang tepat, menunjukkan rasa hormat, perilaku yang baik, itu jauh lebih efektif daripada mengatakan kepada mereka apa yang harus dilakukan.

12. KATAKAN JIKA ANDA INGIN IA MEMINTA MAAF

Ini adalah cara terbaik untuk menunjukkan anak Anda bagaimana dan kapan dia harus meminta maaf.

13. BERDAMPINGAN DENGAN LINGKUNGAN

Tunjukkan kepada anak-anak Anda betapa mudahnya merawat lingkungan. Kurangi sampah, lakukan daur ulang, gunakan kembali barang bekas, dan lestarikan lingkungan setiap hari dengan memungut sampah di sekitar rumah.

14. SELALU MENGATAKAN KEBENARAN

Ini bagaimana Anda ingin anak Anda untuk berperilaku, bukan?

15. MENCIUM DAN MEMELUK PASANGAN ANDA DI DEPAN ANAK-ANAK

Pernikahan Anda adalah satu-satunya contoh yang dapat dilihat oleh anak Anda mengenai konsep hubungan itu terlihat, terasa, dan terdengar. Jadi tugas Anda untuk menetapkan standar yang Anda inginkan.

16. MENGHORMATI PERBEDAAN PENGASUHAN

Dukunglah pendekatan dasar pasangan Anda untuk membesarkan anak-anak – kecuali itu memang terlalu bahaya untuk dilakukan. Mengkritik atau berdebat dengan pasangan Anda akan lebih membahayakan pernikahan Anda dan anak Anda akan merasa tidak aman.

17. BERIKAN PUJIAN YANG SESUAI

Alih-alih hanya mengatakan, “Pintar,” cobalah untuk lebih spesifik tentang apa yang anak Anda lakukan untuk layak umpan balik positif. Anda mungkin berkata, “،Kamu sabar banget deh mau menunggu Bunda selesai menelfon. Sini, kita buat susu yang sudah kamu tunggu-tunggu.“

18. MENGHIBUR ADALAH HAL YANG BAIK

Ketika Anda melihat sesuatu yang bermanfaat atau baik yang dilakukan anak Anda, ceritakan perasaan Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk memperkuat perilaku yang baik sehingga dia lebih mungkin untuk terus melakukannya.

19. BERGOSIPLAH TENTANG ANAK-ANAK ANDA

Setiap manusia kita mendengar lebih baik daripada diberitahu langsung. Buatlah pujian menjadi  lebih efektif dengan membiarkan anak Anda “menguping” apa yang Anda bisikkan tentang hal-hal baik yang ia lakukan kepada Nenek, Ayah, atau bahkan boneka nya.

20. PERCAYALAH PADA DIRI ANDA SENDIRI.

Beri diri Anda istirahat. Beristirahat ketika Anda terlalu lelah untuk memasak atau menonton film di malam hari tidak membuat Anda orangtua yang buruk.

Sumber : Sayangianak.com

Baca juga : 40 Cara Menjadi Orang Tua yang Bijaksana (bagian 2)

About Auther:

Info Biografi

6 thoughts on “40 Cara Menjadi Orang Tua yang Bijaksana (bagian 1)

  1. What i do not realize is actually how you’re not actually much more well-liked than you may be right now. You’re so intelligent. You realize thus considerably relating to this subject, made me personally consider it from numerous varied angles. Its like women and men aren’t fascinated unless it is one thing to accomplish with Lady gaga! Your own stuffs nice. Always maintain it up!

  2. hey there and thank you for your information – I have definitely picked up anything new from right here. I did however expertise some technical issues using this web site, since I experienced to reload the site a lot of times previous to I could get it to load properly. I had been wondering if your web hosting is OK? Not that I’m complaining, but sluggish loading instances times will very frequently affect your placement in google and can damage your quality score if advertising and marketing with Adwords. Well I’m adding this RSS to my email and could look out for much more of your respective intriguing content. Make sure you update this again very soon..

  3. Very good written article. It will be beneficial to anybody who usess it, as well as myself. Keep doing what you are doing – for sure i will check out more posts.

  4. What i don’t realize is if truth be told how you are now not actually much more neatly-appreciated than you may be right now. You are very intelligent. You realize thus significantly with regards to this topic, made me in my view consider it from a lot of numerous angles. Its like men and women are not fascinated except it is one thing to accomplish with Girl gaga! Your individual stuffs outstanding. At all times care for it up!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

14 Sekolah Kedinasan Gratis Lulus Langsung Jadi CPNS
Hello. Add your message here.