6 Cara Memotivasi Diri Sendiri

Yuk bagikan infonya...

Ilustrasi / unsplash.com
Ilustrasi / unsplash.com
Orang yang tidak mampu memotivasi diri harus puas dengan kondisi mereka yang biasa-biasa saja. Tidak peduli seberapa mengesankan bakat mereka yang lain. ~Andrew Carnegie

Jika anda ingin lebih unggul dalam hidup, motivasi diri adalah hal yang paling penting. Anda harus tahu bagaimana cara untuk memotivasi diri anda sendiri. Anda harus mampu menjaga semangat anda tetap tinggi, tidak peduli seberapa sulit situasi anda. Itulah satu-satunya cara untuk mendapatkan kekuatan yang anda butuhkan, untuk mengatasi kesulitan anda. Mereka yang putus asa di masa-masa sulit yakin akan kehilangan rasa percaya diri mereka. Bahkan sebelum pertempuran berakhir.

Pertanyaannya adalah : Bagaimana cara anda memotivasi diri sendiri? 

Berikut ini adalah beberapa tips efektif yang saya temukan untuk membangun motivasi diri : 

1. Memiliki Alasan

Saya tidak bisa menjabarkan, mengapa motivasi merupakan alasan terkuat anda sehingga mampu menghadapi segala rintangan. Motivasi dapat menginspirasi anda untuk memberikan yang terbaik, bahkan dalam menghadapi kesulitan. Hal ini dapat membuat anda melakukan hal-hal yang tampaknya mustahil.

Sementara alasan lainnya bisa menginspirasi anda hanya untuk sementara. Motivasi merupakan hal penting bagi anda, sesuatu yang dapat menginspirasi anda tanpa batas.

It’s a spring of motivation that will never dry.

Ketika anda lelah bekerja, ketika anda lelah menyelesaikan tugas kuliah anda, ingatlah tujuan anda. Setiap kali anda berpikir bahwa anda kehabisan motivasi, anda selalu dapat memikirkan “alasan anda melakukannya”. Hal ini berguna untuk mendapatkan motivasi anda kembali.

2. Memiliki Mimpi. Sebuah Mimpi Besar

Only as high as I reach can I grow,

as far as I seek can I go,

only as deep as I look can I see,

as much as I dream can I be.

– Karen Ravn

Alasan anda adalah motivasi anda. Tetapi anda perlu action untuk membuatnya mimpi anda menjadi kenyataan. Bayangkan bagaimana dunia anda di masa depan. Bayangkan bagaimana orang akan hidup dan bekerja.

Memiliki mimpi itu penting, karena sulit untuk termotivasi jika anda tidak memiliki keinginan apapun. Mari kita ambil sebuah contoh tentang orang-orang yang bermain basket. Apakah mereka akan termotivasi untuk bermain jika tidak ada keranjang untuk memasukkan bola basket? Saya rasa tidak. Mereka membutuhkan goalAnda perlu tujuan. Itulah mimpi yang perlu anda wujudkan.

Tapi memiliki mimpi saja tidaklah cukup. Mimpi anda harus cukup besar untuk menginspirasi anda. Mimpi itu juga harus realistis, tetapi menantang. Sehingga anda perlu mengerahkan kemampuan anda di luar zona nyaman anda.

3. Memiliki Keinginan yang Kuat

Wanting something is not enough. You must hunger for it. Your motivation must be absolutely compelling in order to overcome the obstacles that will invariably come your way. ~Les Brown

Agar benar-benar termotivasi, anda harus memiliki KEINGINAN KUAT, dan bukan hanya keinginan. Memiliki keinginan belaka tidak akan membawa anda melalui masa-masa sulit. Karena anda tidak ingin terjadi sesuatu yang buruk. Dalam banyak kasus seperti olahraga, keinginan yang kuat dapat membuat perbedaan. Antara pemain terbaik, dengan pemain yang biasa-biasa saja.

Bagaimana cara agar anda dapat memiliki keinginan yang kuat? Alasan anda dan impian anda memainkan peran besar disini. Jika anda memiliki alasan dan mimpi besar yang berkaitan, maka anda pasti memiliki keinginan kuat di dalam diri anda.

Jika anda berpikir bahwa anda kehilangan keinginan, yang perlu anda lakukan adalah untuk menghubungkan lagi alasan anda dengan mimpi anda. Biarkan keduanya menginspirasi anda dan membawa keinginan kuat anda kembali.

4. Berlombalah dengan Diri Anda Sendiri

Saya tidak mencoba untuk menari lebih baik dari orang lain. Saya hanya mencoba untuk menari lebih baik dari diriku sendiri. ~Mikhail Baryshnikov

Membandingkan diri anda dengan orang lain adalah cara yang efektif untuk membuat anda kehilangan motivasi diri. Walaupun anda memulainya dengan antusias, anda akan kehilangan energi ketika anda membandingkan diri anda dengan orang lain.

Jangan biarkan hal itu terjadi pada anda. Anda memiliki keistimewaan sendiri, sehingga bagaimana perform orang lain bukanlah hal yang pantas untuk dibandingkan.

Membandingkan diri dengan orang lain sama seperti membandingkan kinerja perenang dengan pelari menggunakan standar waktu yang sama. Mereka berbeda. Jadi, bagaimana bisa anda membandingkan satu dengan yang lain?

Satu-satunya pesaing yang anda miliki adalah diri anda sendiri. Satu-satunya yang perlu anda kalahkan adalah diri anda. Apakah anda bisa menjadi yang terbaik?

5. Ambil Satu Langkah Lagi

Sukses bukanlah akhir, dan kegagalan bukanlah fatal. Keberanian untuk melanjutkan adalah hal  yang terpenting. ~Winston Churchill

Ketika anda bertemu rintangan di sepanjang jalan, mungkin ada kecenderungan untuk berhenti. Anda mungkin berpikir bahwa terlalu sulit untuk melanjutkan kembali. Anda mungkin berpikir bahwa impian anda tidak mungkin untuk dicapai.

Tapi ini adalah waktu yang tepat. Dimana anda dapat melihat perbedaan antara pemenang dan pecundang. Meskipun keduanya menghadapi kesulitan yang sama, ada satu hal yang membuat para pemenang berbeda: keberanian untuk melanjutkan.

Dalam situasi sulit, fokuslah mengambil satu langkah lebih maju. Jangan berpikir tentang bagaimana cara untuk menyelesaikan lomba. Jangan berpikir tentang berapa banyak rintangan yang menunggu anda. Anda hanya perlu fokus untuk mengambil langkah selanjutnya.

6. Selamat Tinggal Masa Lalu..!

Selesaikan tugas-tugas di dalam to do list anda setiap hari. Percayalah, anda telah melakukan apa yang anda bisa. ~Ralph Waldo Emerson

Percaya atau tidak, salah satu hal yang menyebabkan anda kehilangan motivasi terbaik adalah masa lalu anda. masa lalu dapat menyeret anda sebelum anda menyadarinya. masa lalu dapat memberikan beban berat di pundak anda.

Kabar baiknya adalah, beban itu tidak perlu anda bawa. Lepaskan dan tinggalkan. Anda mungkin melakukan kesalahan di masa lalu. Anda mungkin mengecewakan orang lain karena apa yang anda lakukan. Tapi itu sudah berakhir. Itu adalah masa lalu dan tidak ada yang dapat ubah.

Hari ini adalah hari baru, dan anda memiliki kesempatan untuk memulai kembali. Tidak peduli seberapa buruk masa lalu anda, anda masih memiliki masa depan cerah yang menunggu anda. Jangan biarkan beban masa lalu menghentikan anda mengejar impian anda..!

Terapkan tips ini dan motivasi diri anda. Jangan puas dengan keadaan yang biasa-biasa saja. Biarkan motivasi membawa anda menjadi manusia yang semakin unggul. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa!

Penulis : Suzy Octavia (successbefore30.com)

Ayo bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

33 thoughts on “6 Cara Memotivasi Diri Sendiri

  1. I?¦ve been exploring for a little for any high-quality articles or blog posts in this kind of space . Exploring in Yahoo I eventually stumbled upon this website. Studying this info So i am satisfied to express that I have an incredibly just right uncanny feeling I discovered exactly what I needed. I such a lot unquestionably will make certain to don?¦t fail to remember this website and give it a glance regularly.

  2. Awesome blog! Do you have any tips and hints for aspiring writers? I’m hoping to start my own website soon but I’m a little lost on everything. Would you propose starting with a free platform like WordPress or go for a paid option? There are so many options out there that I’m totally confused .. Any ideas? Kudos!

  3. Hi there! Quick question that’s entirely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My website looks weird when viewing from my iphone. I’m trying to find a template or plugin that might be able to correct this problem. If you have any recommendations, please share. Appreciate it!

  4. Hey There. I found your blog using msn. This is an extremely well written article.
    I’ll be sure to bookmark it and return to
    read more of your useful info. Thanks for the post.
    I will certainly comeback.

  5. I really appreciate this post. I?¦ve been looking everywhere for this! Thank goodness I found it on Bing. You’ve made my day! Thx again

  6. I am glad for writing to let you understand of the remarkable encounter my cousin’s daughter encountered studying your site. She came to find plenty of things, with the inclusion of what it is like to possess an awesome helping style to make many people easily understand specified very confusing subject matter. You truly did more than people’s expected results. Thanks for coming up with these interesting, safe, edifying and easy guidance on this topic to Gloria.

  7. We are a bunch of volunteers and opening a new scheme in our community.
    Your website offered us with valuable information to
    work on. You’ve done an impressive task and our whole neighborhood
    shall be grateful to you.

  8. Your style is unique compared to other people I’ve read stuff from. I appreciate you for posting when you have the opportunity, Guess I will just book mark this blog.

  9. Thank you for every other magnificent post. Where else may anyone get that type of info in such an ideal means of writing?
    I’ve a presentation next week, and I am on the search for such information.

  10. I know this web site gives quality dependent articles or reviews and additional stuff, is there
    any other website which offers these things in quality?

  11. Magnificent items from you, man. I’ve be aware your stuff prior to and you’re simply too excellent. I really like what you have got here, really like what you are saying and the best way through which you are saying it. You make it entertaining and you continue to take care of to stay it sensible. I can not wait to read much more from you. This is actually a tremendous website.

  12. I have read a few excellent stuff here. Definitely value bookmarking for revisiting. I wonder how much effort you place to create one of these excellent informative web site.

  13. Hello There. I found your blog the use of msn. This is an extremely smartly written article.
    I’ll make sure to bookmark it and return to learn extra of your useful information.
    Thanks for the post. I’ll certainly comeback.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

KINAYA RESIDENCE ANDARA 900 Meter Dari Tol Andara
Hello. Add your message here.