Tafsir Surat Al Baqarah Ayat 138

Yuk bagikan infonya...

Al-Baqarah: 138

صِبْغَةَ اللَّهِ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللَّهِ صِبْغَةً وَنَحْنُ لَهُ عَابِدُونَ

Terjemahan

Shibghah Allah. Dan siapakah yang lebih baik shibghahnya dari pada Allah? Dan hanya kepada-Nya-lah kami menyembah.

Tafsir (Ibnu Katsir)

Maka jika mereka beriman kepada apa yang kalian telah beriman kepadanya, sungguh mereka telah mendapat petunjuk; dan jika mereka berpaling, sesungguhnya mereka berada dalam permusuhan (dengan kamu). Maka Allah akan memelihara kamu dari mereka. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Sibgah Allah. Dan siapakah yang lebih baik sibgahnya daripada Allah? Dan hanya kepada-Nya-lah kami menyembah. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman, “”Maka jika mereka beriman,”” yakni orang-orang kafir dan ahli kitab serta lain-lainnya mau beriman, “”kepada apa yang kalian telah beriman kepadanya,”” wahai orang-orang mukmin, yakni mereka beriman kepada semua kitab dan rasul Allah, serta tidak membedakan seorang pun di antara mereka, “”sungguh mereka telah mendapat petunjuk,”” yakni mereka telah menempuh jalan yang hak dan mendapat bimbingan ke arahnya.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman, “”Dan jika mereka berpaling,”” yakni dari jalan yang benar dan menempuh jalan yang batil, sesudahnya hujah mematahkan alasan mereka, “”sesungguhnya mereka berada dalam permusuhan (dengan kamu), maka Allah akan memelihara kamu dari mereka,”” yakni Allah akan menolongmu dalam menghadapi mereka dan Dia akan memberikan kemenangan kepada kalian atas mereka, “”Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”” Ibnu Abu Hatim mengatakan bahwa Yunus ibnu Abdul Ala telah membacakan kepada kami, telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb, telah menceritakan kepada kami Ziad ibnu Yunus, telah menceritakan kepada kami Nafi’ ibnu Abu Na’ im yang menceritakan bahwa mushaf Usman ibnu Affan dikirimkan kepada sebagian khulafa untuk dikoreksi.

Ziad melanjutkan kisahnya, “”Maka aku bertanya kepadanya (Nafi’ ibnu Abu Na’im), ‘Sesungguhnya orang-orang mengatakan bahwa mushaf (kopi asli Usman ibnu Affan) berada di atas pangkuannya ketika ia dibunuh, lalu darahnya menetesi mushaf yang ada tulisan firman-Nya: Maka Allah akan memelihara kamu dari mereka. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Al-Baqarah: 137) Nafi’ mengatakan, “”Aku melihat dengan mata kepalaku sendiri darah itu ada yang menetes pada ayat ini, tetapi agak pudar karena berlalunya masa.”” Firman Allah Subhanahu wa ta’ala, “”Sibgah Allah.”” Menurut Adh-Dhahhak, dari Ibnu Abbas, yang dimaksud dengan sibgah ialah agama Allah.

Hal yang semakna telah diriwayatkan pula dari Mujahid, Abul Aliyah, Ikrimah, Ibrahim, Al-Hasan, Qatadah, Adh-Dhahhak, Abdullah ibnu Kasir, Atiyyah Al-Aufi, Ar-Rabi’ ibnu Anas, dan As-Suddi. Lafal sibgah dibaca nasab, yakni sibgatallahi, adakalanya karena sebagai igra’ (anjuran), seperti pengertian yang terkandung di dalam firman lainnya, yaitu: (tetaplah atas) fitrah Allah. (Ar-Rum: 30) Dengan demikian, berarti makna sibgatallahi ialah tetaplah kalian pada sibgah (agama) Allah itu. Ulama yang lain mengatakan bahwa lafal sibgah dibaca nasab karena berkedudukan sebagai badal dari firman-Nya: (kami mengikuti) agama Ibrahim. (Al-Baqarah: 135) Menurut Imam Sibawaih, lafal sibgah dibaca nasab karena menjadi masdar mu’akkid dari fi’il yang terkandung di dalam firman-Nya: Kami beriman kepada Allah. (Al-Baqarah: 136); Perihalnya sama dengan firman-Nya: Allah telah membuat suatu janji. (An-Nisa: 122) Telah disebutkan di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abu Hatim dan Ibnu Mardawaih melalui riwayat Asy’as ibnu Ishaq, dari Sa’id ibnu Jubair, dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: .

Sesungguhnya orang-orang Bani Israil pernah bertanya, “”Wahai utusan Allah, apakah Tuhanmu melakukan celupan?”” Musa ‘alaihissalam menjawab, “”Jangan kalian sembarangan, bertakwalah kepada Allah! Maka Tuhannya menyerunya, “”Wahai Musa, apakah mereka menanyakan kepadamu bahwa benarkah Tuhanmu melakukan celupan? Katakanlah, Benar, Aku mencelup berbagai warna, ada yang merah, ada yang putih, dan ada yang hitam, semuanya adalah hasil celupan-Ku.”” Allah Swt menurunkan kepada Nabi-Nya ayat berikut, yaitu firman-Nya: Sibgah Allah.

Dan siapakah yang lebih baik sibgah-nya daripada Allah! (Al-Baqarah: 138) Demikianlah menurut apa yang disebutkan di dalam riwayat Ibnu Mardawaih secara marfu, sedangkan sanad ini menurut riwayat Ibnu Abu Hatim berpredikat mauquf, tetapi sanad Ibnu Abu Hatim lebih dekat kepada predikat marfu’ jika sanadnya shahih. #learnquran

Al Baqarah

Indeks Tema Al Baqarah

DAFTAR ISI


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

BUKU TES TNI POLRI AKMIL AKPOL 2024
Hello. Add your message here.