Mutiara Hadits :  Boleh Minum dan Makan Sambil Berdiri

Yuk bagikan infonya...

islamic-art-51

Dari Abdullah bin Umar (semoga Allah meridhoi mereka berdua), ia berkata : “Kami dahulu pernah makan di masa Rasulullah SAW sambil berjalan dan kami minum sambil berdiri.”

(Jami’ Tirmidzi, no. 1880, lafaz darinya, Sunan Ibnu Majah, no. 3301. Imam Tirmidzi mengatakan tentang hadits ini bahwa ia Hasan Shahih Gharib. Di Shahihkan oleh Albani).

Beberapa faedah hadits ini adalah :

  1. Hadits ini menunjukkan bolehnya minum dan makan sambil berdiri, yang menguatkan pernyataan tersebut ialah terdapat riwayat bahwa Nabi SAW pernah minum sambil berdiri dan sambil duduk (Lihat Jami’ Tirmidzi, no. 1883, yang mana ia mengatakan hadits ini Hasan Shahih. Dan dishahihkan oleh Albani)
  2. Kemungkinan larangan minum sambil berdiri khusus bagi siapa yang membagikan air untuk memberi minum orang-orang, seperti halnya tidak diperkenankan seseorang minum dalam kondisi berdiri dan sibuk membagikan air kepada mereka hingga selesai pembagian air tersebut kepada semuanya, lalu dia minum di akhir. Justru demikian terdapat hadits dari Nabi SAW bahwasanya beliau bersabda : “Yang memberi minum suatu kaum ialah yang terakhir kali minum” (Jami’ Tirmidzi, no. 1894, lafaz darinya, Shahih Muslim, no. 311-681. Imam Tirmidzi mengatakanbahwa hadits ini Hasan Shahih. Dan dishahihkan oleh Albani). Allahu A’lam

Perawi hadits :

Abdullah bin Umar bin Al-Khatab adalah sahabat yang mulia. Ia masuk Islam bersama ayahnya ketika masih kecil dan belum baligh. Lalu hijrah ke Madinah sebelum ayahnya. Peperangan pertama yang ia ikuti adalah perang Khandaq. Kemudian mengikuti semua peperangan bersama Rasulullah SAW. Ia juga ikut serta dalam peperangan besar perluasan wilayah Islam di Mesir, Syam, Iraq, Bashrah dan Persia. Ia seorang pemberani dan lantang. Ia juga termasuk ahli ilmu dikalangan sahabat. Musnadnya mencapai 2630 hadits . Ia juga dikenal sebagai suri tauladan dalam ibadah dan wara’. Wafat di Mekah tahun 73 H. pada usia 86 tahun.

Referensi : Dr. Muhammad Murtaza bin Aish, 90 Hadits Pilihan, Riyadh, KSA, 2016

Ayo bagikan sebagai sedekah…


Yuk bagikan infonya...

About Auther:

Info Biografi

Kinaya Residence Andara 900 Meter Dari Pintu Tol
Hello. Add your message here.